11 Alasan Kenapa Kita Mendengarkan Musik Asing Sekalipun Tak Paham Makna Liriknya

11 Alasan Kenapa Kita Mendengarkan Musik Asing Sekalipun Tak Paham Makna Liriknya

musik, mendengarkan musik, mendengarkan musik asing, mendengarkan musik luar, mendengarkan musik luar negeri, mendengarkan musik tanpa tahu isinya, mendengarkan musik tanpa tahu maknanya

By: WaterInMyPaint aka Deidre Wicks via IG: @deeannrose

Musik adalah bahasa universal bagi umat manusia.”

Nampaknya quote dari Henry Wadsorth Longfellow ini sudah sering kita lahap, ya. Intinya, dari manapun kita berasal, pada dasarnya manusia selalu bisa memahami bahasa musik. Tanpa tahu arti bahkan pelafalannya saja, musik sudah bisa memberikan inspirasi atau hiburan tersendiri bagi pendengarnya.

Bagi daku pribadi, sebenarnya pengetahuan isi lirik serta maknanya cukup penting. Sudah jadi bonus besar bagi kita, kalau memang bisa memahami isi lagunya. Dengan tahu dan mendalami isi lagunya, paling tidak kita bisa menjiwai, menghayati dan lebih afdhol lagi menyerap pesannya. Kita juga bisa memutuskan apakah lagu serta musisi yang membawakannya bisa masuk jajaran yang difavoritkan atau tidak.

Namun ada juga momen, di mana kita mendengar lagu-lagu berbahasa “entahlah apa”, yang ternyata bisa dinikmati. Misalnya lagu berbahasa lokal daerah lain di Indonesia, bahasa Korea, India, Arab, Thailand, Tiongkok, dsb. Tanpa terasa kita ikut berdendang, mengangguk-angguk, mengetuk-ngetukkan jari, dsb.

Kenapa bisa begitu, ya?

#1. Kita Bisa Merasakannya

Singkatnya, musik itu terdiri dari ritme serta melodi yang kadang dipadukan dengan lirik. Namun jika ditelaah lebih jauh, musik bisa jauh lebih rumit. Musik berkaitan erat dengan emosi. Apa yang kita rasakan ketika mendengarkan musik tersebut? Meski bahasanya beda, tapi kita bisa meraba-raba mana lagu yang menggambarkan kegalauan, kebahagiaan, semangat juang, dsb.

#2. Kita Merasa Cocok

Mungkin sebagian dari kita pernah memiliki pengalaman semacam ini. Kita mendengar lagu asing, lalu tiba-tiba klik. Tak peduli siapa penyanyi atau apa isi liriknya. Yang jelas, alunannya seperti mewakili diri kita sekarang. Kita pun bisa dengan mudah menikmatinya.

#3. Kita Tertarik dengan Musisinya

Kalau sudah suka sama sesuatu atau seseorang, kita cenderung mencari tahu dan “mempelajarinya”. Demikian juga ketika kita kagum akan sosok musisi dari luar. Meski tak paham sedang menyanyikan lirik lagu apa, namun kita bisa meluangkan waktu untuk mendengarkan, dan bahkan menelusuri maknanya.

#4. Kita Kepo dengan Isi Liriknya

Di satu sisi, kita tak memahami isi liriknya. Tapi di sisi lain, kita pengin tahu. Rasa penasaran tersebut tentu sudah tak jadi masalah, sebab zaman sekarang orang sudah bisa menerjemahkan bahasa dengan mudah. Kita juga akan merasa lebih pede dan nyaman, manakala menyanyikan lagunya setelah menerjemahkan dan mencari maknanya dulu.

#5. Enak Dipakai Joget/ Ngedance

Salah-satu tujuan eksistensi musik yaitu sebagai teman ketika berjoget atau senam. Gerakannya bisa macam-macam, terserah kita. Tak ada ketentuan salah atau benarnya, selama gerakan tersebut memang terasa pas dengan ritme dan emosi lagu.

#6. Kita Tertarik dengan Bahasa Asing Tersebut

 

next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *