11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata

11 Cara Menghibur Orang Sedih atau Berduka Tanpa Perlu Banyak Berkata

menghibur orang, cara menghibur orang yang sedang sedih, cara menghibur orang patah hati, cara menghibur orang bete, cara menghibur orang berduka, cara menghibur orang badmood, cara menghibur orang sakit, cara menghibur orang yang lagi sedih, kata kata menghibur orang galau, ketika kata kata tak lagi didengar, cara menghibur orang yang marah dan kecewa

By: Oriol Angrill Jordà via IG: @deeannrose

Menghibur.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menghibur seseorang?

Pertanyaan tersebut kadang terngiang-ngiang sendiri. Khususnya ketika kita kebingungan menghadapi seseorang yang tengah bersedih, berduka atau galau berat. Mereka bisa keluarga, sahabat, teman, tetangga, pasangan, atau bahkan orang asing sekalipun.

Kata-kata kadang belum menunjukkan keampuhannya di hadapan orang yang amat berduka. Bukannya menghibur, kata-kata yang dihadirkan kadang justeru jadi percikan api yang semakin membakar emosi. Kita bisa saja mengatakan dengan ringan “sabar, ya!”, “daku ngerti perasaan kamu”, “tenang ya tenang…”, dsb. Lalu mereka bisa juga menyembur, “kamu bukan daku! Kamu enggak bakal ngerti!”, “sabar kepalamu!”, “tenang? Gimana daku bisa tenang!”, dsb.

Di satu sisi kita pengin menghibur, tapi di sisi lain kita memang tak benar-benar menyelami perasaan yang mereka rasakan. Untuk itu, opsi menghibur “tanpa kata (dulu)” bisa kita pilih. Tapi kadang kita tak tahu musti ngapain ketika tak bisa bicara atau merangkai kata. Takut salah, takut nambah kesedihan, atau memang enggak punya ide sama-sekali untuk memberi saran. Bagaimanapun, masing-masing dari kita memiliki cara tersendiri untuk menanggapi problema yang ada.

Nah, pernahkah ada dalam posisi demikian?

Paling tidak, berikut ini cara-cara sederhana untuk membuat seseorang merasa lebih nyaman atau baikan dari kegalauan. Jom!

memeluk, merangkul, menghibur, pelukan untuk menghibur, memeluk untuk menghibur orang yang berduka, menghibur orang yang bersedih

Artist: Unknown via IG: @deeannrose

#1. Mengusap atau Menepuk Lembut

Kita sudah tahu dan bisa merasakan, betapa ajaibnya sebuah sentuhan. Jika dalam keadaan bersedu-sedan, lalu seseorang membelai lembut, rasanya seperti ada aliran kekuatan lain. Contohnya seperti usapan gentle di punggung, tepukan lembut di area pundak/ punggung, remasan pada tangan, dsb. Biasanya orang yang bersedih akan lebih tenang, terhibur dan nyaman.

#2. Memeluknya

Cara ini juga sering dipakai orang. Ketika orang tengah dalam duka-cita dan melampiaskan kesedihannya, rasanya buih-buih kata belum siap dicerna. Karena itu, pelukan hangat bisa jadi opsi yang tepat. Pelukan bisa membuat seseorang merasa lebih tegar, aman, nyaman, terlindungi, penuh dukungan, dan tergerak untuk lebih kuat.

Siapa Tahu Pengin Baca Juga:

5 Catatan Utama Ketika Dunia Membawa Kabar Duka

#3. Sodorkan Makanan

Trik ini bisa dipertimbangkan kalau orangnya memang tidak anti-makanan, tidak sedang dalam program diet, atau apalah. Kita bisa hadir dan menyerahkan makanan atau minuman, khususnya yang dia sukai. Hatinya akan tersentuh, dan dia kemungkinan tergerak untuk tersenyum. Misalnya sekadar cokelat, kue, bolu, dsb. Trik ini sering manjur juga jika diterapkan pada anak.

#4. Minuman Hangat

Selain makanan, kita pun bisa menyerahkan minuman hangat. Kita perkirakan sendiri, orang tersebut lebih menyukai apa. Entah secangkir teh, kopi, cokelat, susu, jahe, dsb. Bisa kita imajinasikan bagaimana hangat dan nyamannya, walau diam tanpa kata, tapi terhibur oleh air yang mengalir hangat di tenggorokan. Syukur-syukur kalau ada penganan sebagai temannya.

next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *