9 Tipe Murid yang Tak Disukai dan Bikin Kesal Gurunya

9 Tipe Murid yang Tak Disukai dan Bikin Kesal Gurunya

tipe murid, tipe murid di sekolah, tipe murid di kelas, jenis murid di kelas, tipe pelajar di kelas, tipe siswa di sekolah, tipe pelajar, tipe murid yang tidak disukai guru, tipe murid yang dibenci guru, tipe murid yang mengganggu guruGuru dan murid.

Hubungan diantara mereka mustinya indah. Murid menerima pelajaran dan pendidikan. Demikian juga dengan gurunya, yang tanpa terasa menyerap banyak hal dari para siswa.

Namun relasi apapun nampaknya memang memiliki banyak gangguan. Banyak murid yang kurang menyukai gurunya karena berbagai alasan. Dan tentu saja, hal demikian juga berlaku pada seorang guru. Mereka juga kadang merasa kesal dengan beberapa murid-muridnya.

Tapi itulah susahnya menjadi guru. Kesal atau tidak dengan siswanya, mereka musti tetap mengajar sepenuh hati dan tak membeda-bedakan. Nah berikut ini beberapa tipe murid yang biasanya sukses membuat mood gurunya jadi ambruk. Jom!

#1. Murid yang Tak Nurut

Daku jadi ingat almarhum guru SMA sekaligus dosenku. Beliau pernah bilang kalau urusan nilai dengannya “aman-aman” saja dengan satu syarat; nurut. Ketika beliau bilang musti mengerjakan tugas tanpa copas, ya ikuti saja. Kalau perintahnya tak diindahkan, beliau serasa tak dihormati.

#2. Murid yang Doyan Datang Terlambat

Salah-satu kepribadian seseorang bisa kita tebak dari caranya memanfaatkan waktu. Hal lainnya bisa dibaca dalam postingan: 14 Hal Ringan yang Bisa Membocorkan Karakter atau Kepribadian Seseorang.

Kalau sering terlambat, sampai menjadi kebiasaan, tentu nantinya akan mengendap menjadi karakter buruk. Apalagi kalau posisi kita sebagai murid. Guru tentunya tak senang, sebab keterlambatan murid yang satu bisa mengganggu efektivitas proses belajar semuanya. Belum lagi seorang guru merasa “pengorbanan” dan profesionalitasnya untuk on time merasa diusik begitu saja.

#3. Murid yang Suka Bohong

Tak hanya guru, siapapun lebih suka kejujuran. Ketika kita datang terlambat dan guru menuntut alasan, alangkah lebih baiknya untuk berkata yang sebenarnya. Kalau berbohong, guru biasanya akan “mencium” hal tersebut dan merasa sebal karena sudah dipermainkan. Guru juga akan mulai memudarkan kepercayaannya pada sang anak.

#4. Murid yang Enggak Suka Mengerjakan PR

Mengerjakan PR menjadi salah-satu perintah guru, yang sebenarnya berfungsi sebagai bahan untuk mengevaluasi apa yang sudah diajarkan di kelas. Murid memang sering merasa malas, namun kalau sampai tak mengerjakan sama-sekali tentu keterlaluan. Selain menganggap tak butuh nilai, guru juga merasa tidak dihargai. Tentu guru lebih mengapresiasi siswa yang baru mengerjakan sebagian daripada yang mengosongkannya secara total.

#5. Murid yang Tidak Disiplin

Salah-satu tujuan dari didikan seorang guru adalah menjadikan siswanya sebagai sosok yang disiplin. Namun jika siswa malah bertingkah sebaliknya, guru tak hanya kecewa, melainkan frustasi dan “marah” terhadap dirinya sendiri. Guru juga bakal mengkhawatirkan masa depan anak didiknya, yang dari usia dini saja sudah tak bisa mendisiplinkan diri.

guru dan murid, mendidik murid, kesabaran guru dalam mendidik murid, kesabaran guru dalam mengajar murid,

By: Rachel Stubbs via IG: @deeannrose

#6. Murid yang Belajar Secara “Makruh”

Dari sekian ratus atau ribu siswa yang hadir ke sekolah, sebagian besar dari mereka bersikap ogah-ogahan. Mereka tidak berminat, melainkan merasa terpaksa karena sekolah menjadi suatu keharusan. Karenanya ketika proses belajar pun mereka sering mengekspresikan sikap tersebut dengan tidak serius belajar, terus menuntut waktu istirahat/ pulang, hanya mencemooh guru dari belakang, dsb. Yang satu ini menjadi gangguan sekaligus tantangan tersendiri bagi guru.

#7. Murid yang “Rusuh”

Kita sendiri akan merasa kesal jika ada yang “menginterupsi” ketika berbicara, apalagi kalau guru yang sedang menerangkan suatu materi. Konsentrasi guru bisa terganggu. Ia juga akan merasa kalau sang murid tak menghargai posisinya. Apalagi kalau trouble maker tersebut sampai memengaruhi teman-temannya yang lain.

#8. Murid yang Tak Menaruh Hormat

Kejam juga kalau guru, khususnya yang masih bergaji kecil, menerima perlakuan tak laik dari muridnya. Siswa memang tak wajib menyukai atau menyetujui semua guru, namun hal tersebut tak bisa dijadikan alasan untuk merendahkan sang pendidik. Karena itu, hal yang lumrah kalau guru tidak begitu suka dengan mereka yang tak tahu hormat.

#9. Murid yang Apatis atau Acuh Tak Acuh

Tipe yang satu ini memang sedikit kompleks. Mereka tipikal yang tak acuh terhadap segalanya. Tak memusingkan nilai, tugas, progres pemahaman materi, pergaulan dengan teman, dsb. Mereka akan jadi ujian super berat, sekaligus menarik dan perlu pendekatan khusus. Tak heran, akan jadi prestasi tersendiri apabila guru bisa mendekati atau mengubah pola pikirnya.

Guru juga merupakan manusia biasa. Mereka tak selamanya sabar dan kuat dalam menghadapi berbagai tipe murid, khususnya yang sudah disebutkan di atas. Kalau kita dalam posisi sebagai siswa, alangkah lebih baik untuk mulai mempertebal rasa hormat pada mereka. Guru pasti akan sangat bersyukur dan mengapresiasinya. Lagipula, siapa yang tahu, nanti murid tersebut juga akan jadi seorang guru. 9 Tipe Murid yang Bikin Kesal Gurunya. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *