20 Gambar atau Ilustrasi Tentang Potret Komunikasi Di Masa Kini

20 Gambar atau Ilustrasi Tentang Potret Komunikasi Di Masa Kini

Lho, memangnya ada apa dengan komunikasi?

Well, isu soal komunikasi ini sebenarnya bukan hal yang baru, ya. Pasti sudah banyak juga yang mengupasnya secara tuntas. Khususnya tentang komunikasi “yang terusik” akibat sisi pahit dari kemajuan teknologi.

Sudah beberapa kali daku satu angkot dengan banyak anak sekolah. Pernah juga mereka itu berasal dari sekolah yang sama. Itu kesimpulanku ketika memerhatikan bet, atribut, atau batik mereka.

Daku berekspektasi kalau suasana angkot akan riuh-rendah. Terbayang ketika masa SMA-ku dulu. Waktu itu ponsel sudah ada, namun tidak secanggih sekarang. Paling hanya dipakai untuk sms dan telponan, yang kebetulan banyak program gratisannya.

20 Gambar atau Ilustrasi Tentang Komunikasi Di Masa Kini, pelajar sibuk main hape saat di angkutan umum, pelajar individualis,

businesskorea.co.kr

Kalau kami sudah terjebak dalam satu angkot, perjalanan akan “kacau”. Berbagai suara muncul. Berbagai gerakan terjadi. Jika saja angkot tak bergerak, mungkin keadaannya sudah seperti diguncang-guncang. Gempa bumi mini. Kami akan saling lempar cerita, lelucon, bertingkah gila, dsb. Tapi mungkin memang begitulah cara komunikasinya.

Dalam komunikasi itu yang terpenting pesannya sampai, ‘kan? Mau pakai bahasa baku, isyarat, dengan “cara kekerasan” ala teman dekat, berbagai kode, dsb. Intinya kedua belah pihak mampu menerjemahkan pesan dan tujuan. Yang terpenting lagi yaitu intimasinya. Tidak ada kecanggungan atau rasa sakit hati karena keceplosan atau memang sengaja dibikin lelucon. Semua itu menjadi pertanda lekatnya hubungan seseorang.

Tapi bagaimana dengan zaman sekarang? Daku kembali lagi pada anak-anak sekolah berseragam yang seangkot itu. Ternyata mereka kompak… menunduk. Semua sibuk… dengan gadget masing-masing. Duh!

Memang, sih… angkot tetap senyap. Hanya saja, kok ya enggak nyaman, gitu? Bahkan diriku sendiri membaui ada yang “enggak beres”. Karena faktor teknologi, mungkin? Jadi komunikasi langsung dengan orang terdekat pun jadi terusik?

Nah, berikut ini 20 gambar atau ilustrasi yang berasal dari berbagai seniman. Daku alihbahasakan caption-nya jadi Bahasa Indonesia, ya. Kredit untuk para penciptanya. Jika keterangannya “unknown”, berarti daku memang belum mengetahuinya. Kalau Bro-Sist tahu, bisa kasih informasi, ya.

Baiklah, jom!

pengaruh smartphone terhadap komunikasi, teknologi dan komunikasi, akibat dari kecanduan gadget terhadap komunikasi, ilustrasi tentang kecanduan gadget atau teknologi, orang kekinian

By: Unknown :/

~

RIP komunikasi, komunikasi terganggu ketika kencan, komunikasi terganggu ketika ngedate karena smartphone

~

reuni, masalah reuni, keuntungan reuni, keburukan reuni, komunikasi dalam reuni, reunian zaman dulu, reunian kekinian

By: Maria Scrivan

~

6 Liam Walsh

Via: Liam Walsh

~

15 endlessorigami com

Via: endlessorigami.com

~next-page-RD-300x100-1

2 Comments
  1. Yash
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *