8 Manfaat atau Hikmah Menangis Bagi Kesehatan Seseorang

8 Manfaat atau Hikmah Menangis Bagi Kesehatan Seseorang

hikmah, manfaat, keuntungan, menangis, airmata, kesedihan,

Via: gin4ever on tumblr

“Menangis menjadi cara bicara, saat kita ingin menyampaikan suatu rasa, namun mulut sudah tak bisa merangkai kata”

Begitu lahir, kita sudah menyampaikan sesuatu dengan cara menangis. Begitu juga ketika menginjak masa kanak-kanak. Bibir belum bisa bertutur kata, sehingga menangis menjadi pilihan utamanya.

Semakin besar dan dewasa, bukan tak mungkin kita “reunian” dengan menangis. Penyebabnya pun semakin beragam. Hanya saja, banyak yang salah menilai kalau tetes airmata itu pertanda cengeng. Kalau kata aktor Johnny Depp sih,

“Orang-orang menangis, bukan karena mereka itu lemah. Tetapi mereka itu sudah terlalu lama berusaha kuat.”

Karenanya, kita masih dikatakan “beruntung” jika masih bisa meluapkan emosi lewat tangisan. Apalagi kalau yang bebas lepas. Hal ini lebih melegakan ketimbang tangisan diam-diam, terisak dengan rasa sesak.

Lebih lagi, ternyata menangis memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jiwa, serta pikiran. Kenapa? Nah, daku juga tahu bocorannya dari Mr. Matt Duczeminski, penulis masalah kesehatan di Lifehack. Jom!

#1. Melepas Toksin

Menangis menjadi ekspresi seseorang ketika bersedih, atau ketika merasakan stress yang sudah keterlaluan. Di saat seperti itu, tubuh membebaskan kortisol. Hormon yang satu ini erat kaitannya dengan rasa stress seseorang. Efeknya tak akan baik jika level hormon ini tak seimbang. Kita terancam memiliki daya tahan tubuh rendah, memiliki masalah tidur, atau membuncitnya area perut.

#2. Membunuh Bakteri

Airmata bisa menjadi cairan pembersih alami yang memberantas bakteri di mata. Airmata memang memiliki kandungan lysozyme, yang juga terdapat pada cairan susu dan air liur manusia. Kandungan ini bahkan bisa membunuh 90% bakteri yang dilaluinya.

#3. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Kita tentu sempat mengalami yang namanya “penglihatan kabur” atau buram. Apalagi ketika kita sudah kelamaan menggunakan komputer atau bekerja sepanjang hari. Hal itu dikarenakan membran di mata kita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Penglihatan pun cenderung tak fokus. Ketika menangis, airmatanya bisa mengatasi dehidrasi tersebut dan merevitalisasi fungsi penglihatan.

#4. Mood Buruk jadi Baikan

Seperti disinggung di atas, menangis lepas lebih melegakan ketimbangan terisak yang tertahan. Salah-satu tujuan utama menangis memang untuk melepaskan hormon-hormon tertentu dalam tubuh. Tak ayal pasca menangis, seseorang bisa lebih baikan, lega, atau plong.next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *