Fakta-Fakta Menggelitik Dari Ujian Nasional atau UN

Fakta-Fakta Menggelitik Dari Ujian Nasional atau UN

fakta tentang UN, fakta tentang ujian nasional, cerita UN ujian nasional, tentang UN ujian nasional, hal menggelitik tentang UN ujian nasionalUjian Nasional.

Mendengarnya saja, bulu kuduk siswa-siswi tingkat akhir sudah mulai jungkir. Ujian yang satu ini cukup keramat. Segala pembahasan tentangnya selalu serius, dan mungkin membuat pening.

Hal ini daku rasakan ketika masih menjadi siswa sekolah. Jelang UN, berbagai keajaiban terjadi. Magical, tapi memang begitulah faktanya. Kita jadi rajin sholat, bahkan berpuasa, berbakti pada orang tua, aktif dalam belajar kelompok atau ikut bimbel, saling memaafkan sesama teman, dsb.

Lalu kini… sepertinya keadaan memang tak jauh berbeda. Tepat pada 31 Maret kemarin, seorang anak bahkan sudah mengirim pesan padaku. Dia sengaja meminta doa agar Ujian Nasionalnya dilancarkan. Fiyuh…

Ujian Nasional dan Sikap “Lebay”

status tentang ujian nasional, status tentang UN, cerita ujian nasional, doa bersama ketika ujian nasional, fakta menarik dari UN ujian nasional

Status fesbuk Pak Arif Subiyanto begitu menarik perhatian. Beliau meng-upload poto-poto headline berita terkait UN. Ada para siswa yang zikir bersama jelang UN, siswa yang pingsan, penjagaan ketat dari polisi, dsb.

Begitu UN di depan mata, sekolah sibuk menggelar doa bersama atau istighosah. Situasinya begitu khidmat, cenderung emosional, bahkan bisa sampai perang isak tangis airmata. Tujuan utamanya, tak lain, agar semua siswa lulus.

Bahkan sekarang pihak polisi juga dilibatkan. Baik itu ketika pendistribusian soal atau ketika ujian berlangsung. Melihatnya saja, sudah ada aura seram tersendiri. Apalagi ketika melihat senjata api mereka. Err…

Ujian Nasional Sebagai “Teror”

Sebagaimana kita tahu, siswa yang hendak UN mengalami ciri-ciri utama dari teror yang horror. Mereka ketakutan, cemas akan akibat buruk dari UN, serta bingung musti bagaimana. Beberapa pihak sering mengatakan kalau siswa terpandai dan rajin belajar pun bisa gagal UN. Sontak saja siswa tak berdaya.

Sikap Pengajar Ketika Ujian Nasional

Masih menurut Pak Arif Subiyanto, ada baiknya para pengajar merombak sistem yang sudah ada. Para guru tak semestinya menanamkan rasa takut pada anak jelang ujian. Sebaliknya, para pendidik seharusnya menciptakan suasana yang menyenangkan dan menentramkan.

Guru atau pihak pendidik juga mustinya tidak “gagal fokus”. Ujian Nasional bukannya ditanggapi dengan belajar mati-matian agar lulus dengan nilai besar dan bisa mudah daftar sana-sini. Ujian mustinya menjadi media untuk berkompetisi secara sportif, mengukur kemampuan diri, dan menjunjung sikap kejujuran.

Selain Siswa, Siapa Lagi yang Takut Ujian Nasional?

Tidak lulus ujian memang menjadi fantasi kelam dari para siswa. Tak terbayangkan kalau mereka harus menanggung malu, menelan nilai minimal, atau kesulitan mendaftar ke sekolah favorit selanjutnya. Karena itu, rasa takut selalu menyergap mereka.

Pak Arif Subiyanto menyentil kalau ketakutan itu tidak dirasakan sendirian oleh para murid. Beberapa pihak juga ikut ketar-ketir. Mungkin saja para guru, kepala sekolah, atau kepala dinas ketakutan lantaran… kegagalan ujian nasional para siswa akan menjadi gambaran kegagalan akan kinerja mereka sendiri. Apakah demikian? Wallaahu’alam.

Ujian Nasional dan Ketidakbecusan

Yang jelas, daku setuju dengan Pak Arif Subiyanto. Bahwa, ujian nasional itu bukanlah keadaan yang amat sangat genting, penentu hidup dan mati seseorang. Tak perlu disikapi dengan berlebihan dan bikin urat menegang. Dengan demikian, siswa tak akan merasa terbebani. Kasian mereka…

Untuk kita para pendidik, momentum ini bisa jadi kesempatan berintrospeksi. Kalau siswa masih kalang-kabut, mungkin hal itu timbul dari ketidakbecusan kita dalam mendidik. Mereka pasti akan lebih tenang dan percaya diri apabila merasa sudah menguasai pelajaran.

Nah, selamat melaksanakan Ujian Nasional, ya. Semoga pikirannya dijernihkan, hatinya ditenangkan, dan diberi kelancaran akan segala sesuatunya. Aamiin… Demikian, Fakta-Fakta Menggelitik Dari Ujian Nasional atau UN. #RD

3 Comments
  1. Jevon Levin
    • deeann
  2. ariansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *