13 Hal Merepotkan Ketika Tulisan Kita Semakin Banyak yang Membaca

13 Hal Merepotkan Ketika Tulisan Kita Semakin Banyak yang Membaca

13 Hal Merepotkan Ketika Tulisan Kita Semakin Banyak yang Membaca, penulis, menulis, blogger, blogging, belajar menulis,

Via: lisatener.com

Penulis terus-terusan belajar, menulis, memosting/ menerbitkan, dan mempromosikannya. Semua dilakukan untuk menggaet pembaca yang lebih banyak. Tapi setelah mereka berdatangan, masalah tidak lantas selesai.

~

Kata orang, hidup ini simpel. Kitanya saja yang bikin rujit. Begitu, ya?

Seperti kebanyakan dari kita, yang banting-tulang mencari pekerjaan atau pendapatan. Semakin ditumpuk, uangnya semakin banyak. Tetapi urusan kita semakin merepotkan saja. Musti membeli barang-barang update nan lux, menggaji para pekerja, menanamkan berbagai aset, memperketat keamanan harta, menjaga keselamatan diri serta keluarga, dsb.

Well, kembali lagi pada topik menulis. Entah orang lain menganggap nulis itu mudah atau susah, yang jelas bagiku aktivitas yang satu ini cukup keramat, tak bisa diremehkan begitu saja. Tulisan bisa membuat seseorang merasa jatuh cinta, tergugah, terhibur, atau justeru tersayat hatinya. The power of tulisan memang begitu besar.

poto perempuan menulis, penulis anime, gambar penulis kartun, perempuan sedang main laptop

By: Tomasz Usyk via Behance

Sebagai orang yang belajar menulis dan ngeblog, jumlah pengunjung atau pembaca yang menanjak tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan. Kita memang menjaring ide dan menguraikannya khususon untuk mereka. Namun di saat yang sama, berbagai beban mulai berdatangan.

Orang-orang bilang kalau penulis itu harus bisa menyampaikan sesuatu yang baik lah, informasi yang bisa dipertanggungjawabkan lah, mengandung pesan moral lah, tulisannya sesuai EYD lah, memakai bahasa baku lah, dsb. Semua itu selalu terngiang. Kalau saja kita tidak bersyukur, semuanya bisa menjelma jadi beban yang bikin hancur.

Jika dibuatkan list, hal merepotkan apa saja yang musti dihadapi ketika pembaca tulisan kita semakin banyak? Hehe… jom!next-page-RD-300x100-1

One Response
  1. Rusminah Qumainah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *