Ketika Diminta Membuat Pidato Perpisahan Dari Guru untuk Murid

Ketika Diminta Membuat Pidato Perpisahan Dari Guru untuk Murid

emma watson, pidato, contoh pidato, contoh pidato perpisahan, contoh pidato perpisahan guru, contoh pidato perpisahan guru kepada murid, contoh pidato perpisahan guru dengan sekolah

Photo: UN Women / Simon Luethi

“Kenapa enggak mau jadi guru?”

Kemarin, Ibu dari sahabatku bertanya begitu. Pertanyaan yang tak disangka-sangka. Tapi karena sudah diluncurkan, daku pun menjawab seadanya. Entahlah, mungkin minatku memang sudah bergeser atau gimana. Hehe…

Tapi daku jadi ingat sahabat SMA-ku. Beliau sudah jadi guru. Dan, daku rasa beliau memang cocok.

Meski terpisah jarak, kami masih memanfaatkan berbagai media untuk tetap menjalin komunikasi. Kemarin-kemarin, beliau menghubungi khusus untuk dibuatkan pidato perpisahan dari guru TK untuk sekolah, kelas, atau murid-muridnya. Awalnya daku agak tercenung, sebab sudah lama juga tidak berurusan dengan hal-hal berbau pendidikan. Tapi dia memberi dorongan dan kepercayaan penuh. Ya sudah, daku coba. Itu pun dengan tenggang waktu agak lama, sebab musti nulis yang lainnya.

Nah kebetulan hasilnya sudah jadi. Daku share, ya…

Assalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillaahirobbil’alamiin…

Puji serta syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah Swt. Berkat kuasa dan kasih sayang-Nya, kita semua bisa berkumpul di acara perpisahan ini.

Sholawat serta salam tetap kita haturkan pada idola dan teladan kita, Nabi Muhammad Saw. Kepada keluarga, sahabat, serta kita semua selaku umatnya. Aamiin…

Yang kami hormati Kepala TK, ibu/bapak/wali murid, rekan-rekan guru, serta anak-anakku semuanya. Terima kasih sudah menjadi bagian dari kesuksesan acara ini. Khusus untuk anak-anak kelas … , Ibu sangat cinta dan bangga sama kalian.

Tak lupa, ibu ucapkan selamat kepada semua anak-anak yang sudah lulus. Jauh di lubuk hati, ibu masih berat melepas kalian. Tapi bagaimanapun, ibu harus ikhlas. Sebab, kalian musti melanjutkan pendidikan. Langkah kalian masih panjang untuk menggapai segala impian.

Boleh jadi sekarang adalah hari terakhir pertemuan kita. Esok atau lusa, kalian sudah berpencar. Sementara ibu masih di sini, menanti murid-murid baru yang akan mengisi bangku-bangku yang kalian tinggalkan.

Tapi anak-anakku,

Perpisahan bukan akhir dari segalanya. Perpisahan bukan berarti kenangan indah kita akan terhapus begitu saja. Justeru ibu akan ingat selalu, bagaimana suka-duka di sini tercipta. Mulai dari kalian datang, kita belajar, bermain, pulang, sampai tiba sekarang… waktu untuk perpisahan.

Ibu berdoa, semoga sedikit ilmu yang sudah diajarkan bisa jadi bekal buat kalian. Ilmu itu mudah-mudahan terus dipahami dan diterapkan, bukan sekadar dihapal. Ibu percaya, anak-anak ibu akan terus mengingat semua pesan para guru. Semakin berilmu, kita harus semakin rendah hati. Bukan sebaliknya, malah jadi sombong.

Anak-anakku,

Ibu mengucapkan terima kasih, karena kalian juga sudah jadi panutan dan kebanggaan bagi sekolah ini. Hari-hari ibu jadi ceria dan berkesan. Ah… sekolah ini sangat kehilangan kalian. Tapi, walau nanti kalian sudah tak sekolah di sini, Ibu harap hubungan kita tidak putus. Kalian tetap anak ibu, yang selalu ibu doakan agar tetap sholeh-sholehah.

Anak-anaku,

Di sini ini kita bertemu, di sini juga kita musti berpisah. Sudah waktunya bagi ibu untuk ikhlas melepas. Sudah waktunya juga bagi kalian untuk menatap ke depan dan berjuang meraih cita-cita. Doa ibu menyertai kalian.

Ibu percaya kalau kalian akan menjadi alumni yang tetap mengingat sekolah ini. Bagaimanapun juga, di sinilah kita sama-sama belajar, bermain, dan menjalin persahabatan. Ibu percaya kalian akan tetap menjaga nama baik, bahkan mengharumkan sekolah ini.

Anak-anakku,

Selamat jalan. Kami doakan semoga kalian tetap berada di jalan yang benar. Apapun impian mulia kalian, semoga tergapai di masa depan. Dan, ibu akan selalu berharap agar Allah Swt mempertemukan kita kembali. Aamiin…

Hhh… sebetulnya masih banyak yang pengin ibu sampaikan. Tapi tentu waktunya tidak mendukung. Lagipula nantinya ibu akan tambah sedih.

Tetapi, semoga pesan dan kesan yang singkat ini bisa terus diingat, ya. Selamat jalan, selamat berjuang, anak-anak. Mudah-mudahan keberkahan dan keridhoan Allah Swt selalu mengiringi hembusan napas kita. Aamiin…

Akhir kata, kami mengucapkan alhamdulillahirobiil’alamiin. Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Ketika Diminta Membuat Pidato Perpisahan Dari Guru untuk Murid. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *