11 Fakta Tentang Islam yang Sering Terlupakan Media Asing

11 Fakta Tentang Islam yang Sering Terlupakan Media Asing

islam, fakta islam, islam dan teroris, perdamaian islam, islam menyerukan kedamaian

Via: oceucho.com.br

Bicara tentang Islam pada orang-orang luar, biasanya yang ada dalam pikiran mereka hanyalah keburukan.

Kurang-lebih begitulah yang kutangkap ketika menyimak video “reaksi para remaja atau kawula muda terhadap sosok Malala Yousafzai”, yang di-upload oleh channel Youtube “Fine Brothers Entertainment”. Tapi tanpa menonton itu pun, sudah jadi rahasia umum kalau citera Islam itu memang terusik. Khususnya oleh oknum yang mengobarkan kekerasan atau pemberontakan atas nama Islam.

Islam dan para pemeluknya tentu tersudut.

Belum lagi, ada beberapa media massa yang memang cukup getol menggencarkan berita kurang baik. Pokoknya itu, deh. Jadi ketika ada berita bom bunuh diri atau ledakan di suatu tempat, pasti yang diangkat adalah… Islam itu agama teroris, Islam itu agama kekerasan, Islam itu agama kejam, dsb. Duh. Tak heran, muncul istilah islamophobia, atau orang-orang yang anti Islam dan memiliki kebencian berlebih terhadap keyakinanku tersebut.

Mungkin mereka sedang lupa atau bagaimana, bahwa ada serangan drone dari “negara itu” yang membantai muslim innocent di Irak atau Pakistan.

Well, tulisan ini sama-sekali tak ditujukan untuk memprovokasi atau apa. Hanya saja daku seakan memiliki pilihan; didiamkan dan terus geregetan, atau dituliskan saja agar tenang. Jadinya pilihanku jatuh ke opsi kedua. Semoga dimaklumi.

Lagipula alhamdulillaah… sekarang banyak sekali orang dari western sana yang mulai memahami ajaran Islam sebenarnya. Mereka jadi tahu kalau Islam merupakan din yang maknanya saja kedamaian, keselamatan, kemurnian, kepatuhan, atau ketaatan. Lalu apa saja fakta-fakta penting yang sering terlupakan media mainstream? Jom!

#1. Populasi Muslim Terbesar Bukan Berasal Dari Timur Tengah

fakta islam, islam timur tengah, padang pasir, padang pasir unta,

Via: cruise.expedia.ca

Banyak orang-orang sana yang percaya kalau negara muslim itu yaitu tempat di mana terjadi gejolak, perang saudara, atau hantaman senjata. Padahal sesuai data, muslim di Timteng hanya berjumlah kurang-lebih 20%. Yang 80% tersebar di berbagai negara. Indonesia tampil sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar (12%), disusul Pakistan, India, Bangladesh, dsb. Bahkan di negara-negara Eropa pun sudah banyak warganya yang memeluk Islam.

~

#2. Banyak Penemuan atau Inovasi yang Dipersembahkan Muslim

penemu islam, kontribusi umat islam bagi dunia, peranan kaum muslim, penemu aljabar, ahli matematika muslim

Via: atomicflowerblog.wordpress.com

Jarang sekali media-media asing menggali prestasi atau peranan orang Islam. Di zaman dulu, sekitar 8-13M, muslim mempersembahkan berbagai penemuan penting. Entah itu terkait ilmu aljabar, astronomi, algoritma, optik, fisika, kesenian, arsitektur, universitas bergelar, rumah sakit dengan berbagai dokter dari berbagai keahlian, dsb. Semua itu bisa dirasakan manfaatnya oleh seluruh umat di dunia.

~

#3. Tak Semua Teroris Beragama Islam

I am not a terrorist, I am muslim, islam bukan agama teroris

Via: waad-hkf.deviantart.com

Kita mengenal ungkapan yang terkesan menjerumuskan. Katanya, “tak semua orang Islam itu teroris, tapi semua teroris itu orang Islam”. Padahal muslim sudah menjelaskan, Islam itu sempurna tapi muslimnya tidak. Lagipula FBI Records resmi menyebutkan serangan teroris tahun 1980-2005 ke daratan Amerika berasal dari 6% ekstrimis Islam. Sisanya oleh kelompok pemberontak lain.

~

#4. Banyak Muslim yang Respect Terhadap Tuhan Kepercayaan Agama Lain

islam respect, islam agama damai, islam menghormati agama lain

Via: islamicity.org

Islam tidak pernah mengajarkan umatnya untuk menghancurkan Tuhan yang diyakini agama lain. Muslim tidak diiming-imingi pahala jika bisa meruntuhkan patung Yesus. Hanya saja kaum muslim memang memiliki pemahaman yang berbeda. Kami lebih meyakini akan Nabi Isa, yang bahkan berkali-kali “di-mention” dalam Alqur’an. Meski demikian, perbedaan pemahaman itu tak lantas membuat muslim wajib untuk melecehkan atau bahkan membinasakan Tuhan yang dianut agama lainnya. Tidak sama sekali.

~

#5. Umat Muslim jadi Donatur Terbesar di UK

islam beramal, dermawan islam, dermawan terbesar islam di inggris raya, amal, sedekah

Via: venturebeat.com

Koran The Times pernah mempublikasikan hasil penelitiannya ICM. Pada tahun 2012, disebutkan kalau umat Islam jadi donatur terbesar di kawasan Inggris Raya. Rata-rata mereka menyedekahkan harta sebesar $567, lebih besar dari yang lain. Hasil ini senada dengan hasil survey Pew Research Center, bahwa 77% dari muslim berperan dalam kegiatan amal.next-page-RD-300x100-1

2 Comments
  1. mawi wijna
  2. Silvester Parlindungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *