13 Kesalahan Dalam Tidur yang Sering Kita Lakukan

13 Kesalahan Dalam Tidur yang Sering Kita Lakukan

tidur, posisi tidur, kesalahan tidur, kesalahan tidur yang sering dilakukan, posisi tidur menghadap ke kanan, lukisan perempuan sedang tidur

By: Felix Vallotton

Tidur menjadi salah-satu momen dalam hidup yang menyenangkan, keren, dan sekaligus… menakutkan.

Menyenangkan, karena kita bisa rehat sejenak dari segala urusan hidup dunia. Badan jadi bugar dan pikiran lebih rileks. Pokoknya santai.

Keren, karena kita tengah berada di satu titik “antara mati dan hidup”.  Disebut mati karena kita terpejam, diam, tak beraktivitas, dan tak sadar. Disebut hidup karena kita masih bernapas, otak pun masih berjalan, dan demikian juga dengan organ tubuh seperti jantung atau paru-paru.

Dan menakutkan, karena kita benar-benar lepas kendali atas diri kita sendiri. Tak sadar ketika ngigau atau nglindur, mungkin berjalan, “bikin pulau”, ketawa sendiri, nangis sendiri, dsb. Kita juga tak benar-benar tahu, apakah esok akan kembali bangun atau justeru langsung menghadap Ilahi. Wallaahu’alam,’kan?

~

Sekarang kita tengah menjalani ibadah puasa Ramadhan. Sebagian dari kita mungkin ada yang mengubah siklus atau format tidurnya. Ada yang menyesuaikan dengan waktu sahur, waktu kerja, waktu untuk tidur siang, dsb.

Namun ngomong-ngomong, berapa jam sih waktu ideal kita untuk tertidur?

Ternyata beda-beda, ya. Kebutuhan waktu tidur seseorang dipengaruhi berbagai faktor, khususnya usia. Nah, para ahli dari National Sleep Foundation (NSF) di Amerika sana sudah mengumumkan jawabannya. Mereka juga bekerja sama dengan para ahli lintas bidang. Ada yang dari bidang neurologi, psikiatri, anatomi, dokter kandungan, dokter anak, dan geriatri atau dokter ahli lansia. Berikut katanya mereka:

  • Bayi 0-3 bulan, kebutuhan tidurnya selama 14-17 jam/ hari
  • Bayi 4-11 bulan, kebutuhan tidurnya selama 12-15 jam/ hari
  • Bayi 1-2 tahun, kebutuhan tidurnya selama 11-14 jam/ hari
  • Bayi 3-5 tahun, kebutuhan tidurnya selama 10-13 jam/ hari
  • Anak-anak 6-13 tahun, kebutuhan tidurnya selama 9-11 jam/ hari
  • Remaja 14-17 tahun, kebutuhan tidurnya selama 8-10 jam/ hari
  • Dari remaja menuju dewasa (baru) 18-25, kebutuhan tidurnya selama 7-9 jam/ hari
  • Dewasa 26-64, kebutuhan tidurnya selama 7-9 jam/ hari
  • Lansia (baru) 65 ke atas, kebutuhan tidurnya selama 7-8 jam

~

Selain harus memerhatikan durasi tidur, kita juga musti peduli pada kualitasnya. Sebab, ada beberapa hal yang sering kita lakukan, yang ternyata mengusik kualitas tidur sehari-sehari. Apa saja? Daku sudah mengumpulkannya untuk Bro-Sist. Jom!next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *