6 Alasan Kenapa Tablet itu Baik untuk Anak-anak

6 Alasan Kenapa Tablet itu Baik untuk Anak-anak

tablet untuk anak, gadget untuk anak, ayah dan anak bermain gadget tablet

Via: capturatalk.com

Jadi pada Hari Minggu kemarin (29/05/16), kebetulan keponakanku yang bernama Sahal (kelas 1 SD) disunat. Seperti adat istiadat yang ada, para tamu memberikan hadiah sebagai apresiasi dari keberanian si anak sunat. Selain berupa kado barang, banyak juga yang memberikan amplop atau uang. Keesokan harinya ia bertanya,

“Iyang, uang Aa mau dibeliin apa, ya? HP atau tablet?”

“HP atau tablet?” Daku ulang,”Enggak mau yang lain?”

Dia geleng-geleng kepala.

“Ya udah tablet aja,” kataku, “Tapi beli HP juga, buat Ama (ayah)”.

~

Gadget apapun itu tidak baik untuk anak-anak.

Pernyataan di atas nampaknya menggaet banyak dukungan. Alasannya memang banyak dan kuat. Perangkat teknologi mengancam aktivitas fisik anak-anak, daya imajinasinya, sosialisasinya, dsb, termasuk jika mereka kecanduan.

Di sisi lain, kita tak bisa menekan laju perkembangan teknologi. Semakin hari semakin canggih, murah-meriah, banyak banyak pemakainya. Tak peduli remaja, orang dewasa, lansia, sampai anak-anak sekalipun. Tak ayal, banyak orang tua yang “terpaksa” membelikan gadget untuk anaknya lantaran teman-teman sang anak juga sudah menggunakannya.

Tak hanya bagi anak, kemajuan zaman juga bisa menawarkan sisi negatif dan positif bagi orang dewasa. Ujung-ujungnya kembali ke kebijaksanaan diri sendiri. Hanya saja untuk urusan anak, peran orang tua atau orang dewasa di sekitarnya sangatlah vital. Tablet bisa menunjukkan kebaikan dan keburukannya, tergantung dari bagaimana kita mengawas dan mengarahkannya.

Nah berikut ini alasan kenapa tablet bisa baik untuk anak. Jom!

tablet untuk anak, efek positif gadget tablet untuk anak, keluarga bermain tablet bersama, tablet terbaik untuk anak

Via: onetoughjob.org

#1. Sumber Hiburan

Akses internet dalam tablet menyediakan hiburan tak terhingga bagi anak. Tak hanya berbentuk permainan/ games, melainkan juga musik, buku, animasi, film, atau aplikasi lain. Pastikan semua kontennya memang ditujukan untuk anak-anak, sehingga tak ada bahaya yang mengkhawatirkan. Kita juga bisa menemani mereka, sehingga tercipta momen having fun bersama.

#2. Media Pendidikan

Banyak aplikasi khusus untuk menunjang edukasi anak. Ada yang didesain khusus agar anak bisa bermain sambil belajar menghitung, merangkai sesuatu, mengenali aneka kosakata, dsb. Beberapa diantaranya mungkin sudah dikenalkan di sekolah. Namun tentu media dan tekniknya berbeda. Siapa tahu cara yang tersedia via tablet itu lebih menyenangkan dan bsa diserap anak.

#3. Mendukung Perkembangan Anak

Ada beberapa hal yang kadang luput dari ajaran sekolah. Sehingga kita tetap saja musti menunjangnya dari luar. Satu diantara sekian cara yaitu lewat media tablet. Biasanya beberapa permainan khusus anak memang mengandung pembelajaran tersendiri. Ada yang berfungsi untuk melatih memecahkan masalah, merangsang imajinasi, mengasah kepekaan/ kesigapan/ emosinya, dsb.

tablet, tablet untuk anak, tablet untuk sarana belajar anak, tablet edukatif, permainan edukatif dalam tablet untuk anak

Via: aliexpress.com

#4. Menstimulasi Bakat Anak

Remaja atau orang tua saja kadang banyak yang masih bingung, minat atau bakat mereka sebenarnya apa. Demikian juga dengan anak. Namun kita bisa memerhatikannya lewat hal-hal sederhana, seperti sesuatu yang senang ia lakukan berulang-ulang. Dan dengan media tablet, kita bisa melihat kecenderungan anak. Entah itu pada dunia menggambar, bermusik, belajar ilmu eksak, olahraga, dsb.

#5. Biar Enggak Gaptek atau Gagap Teknologi

Update akan sesuatu, khususnya teknologi, memang bukan jadi persoalan primer. Namun anak pun berhak mengetahui, mempelajari, dan beradaptasi dengan kemajuan yang terjadi. Sehingga mereka pun belajar bagaimana sebuah gadget bisa memiliki fungsi/ kinerja yang istimewa. Mereka juga akan terlatih untuk melakukan setting, memodifikasi, atau mengotak-atiknya.

#6. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Kita bisa berterus terang dengan mengatakan kalau tablet itu diperoleh dengan harga yang cukup mahal. Untuk itu, anak musti bekerja sama dengan cara merawatnya secara baik-baik. Misalnya dengan menjelaskan kalau penggunaan tablet itu musti dibatasi, tak boleh terus-terusan nanti panas, rusak, atau mati. Sebagian waktu anak harus tetap diisi dengan mengaji/ belajar ilmu agama, kegiatan fisik, bergaul dengan teman, dsb.

Ini bukan postingan bersponsor, ya. 😀 Soal merek tablet terbaik untuk anak, kita bisa sama-sama searching dan mempertimbangkan review-nya.

Dan, tentu seperti yang daku singgung di awal, hal kontradiktif dari tablet sudah pasti ada. Tapi kita musti saling mewanti-wanti kalau efek negatifnya bisa dikurangi bahkan dihilangkan jika penggunaannya baik dan bijak. 6 Alasan Kenapa Tablet itu Baik untuk Anak-anak. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *