Memakai Perlengkapan Sholat atau Mukena Mahal dan Warna-Warni

Memakai Perlengkapan Sholat atau Mukena Mahal dan Warna-Warni

mukena katun jepang, mukena polkadot abu abu putih, hukum mukena warna warni, hukum mukena mahal, hukum mukena bercorak, mukena yang sedang trend terbaru, mukena katun jepang polkadot abu abu

Perlengkapan sholat menjadi salah-satu segmen bisnis menggiurkan di awal Bulan Ramadhan. Untuk yang kaum adam tak jauh dari sarung, peci, koko, dan sajadah. Kalau yang kaum hawa, item yang paling disorot tentu saja mukena.

Sebagai anak yang membantu kios kecil ibunya, daku juga musti peka untuk urusan yang satu ini. Fenomena ini membuatku harus update trend terbaru. Kita kerucutkan saja pada mukena, telekung, atau rukuh, ya. Untuk tahun 2016 ini, primadona pasarnya… menurutku masihlah mukena yang berbahan katun Jepang. Jadi yang rayon itu sedang agak kalah. Hehe…

Soal model mukena, para produsen semakin hari semakin kreatif saja. Pilihannya amat beragam, tergantung selera atau pilihan. Entah yang model  Fatimah, magnolia, abaya, batik, Bali, aneka corak hitam-putih , dsb.

Biasanya kita bisa menyaksikan “peragaan mukena” di malam pertama tarawihan. Kaum hawa berdiri bershaf-shaf dengan beraneka bahan dan style mukena. Suka atau tidak, semua jemaah akan menampilkan yang terbaik.

Nah di malam perdana sholat tarawih kali ini, daku terlibat obrolan menarik dengan sahabatku, Itha. Daku sama-sekali enggak kepikiran kalau percakapan itu akan diangkat ke blog ini. Sampai kemudian dia mengirimkan isi obrolannya:

Screenshot, Screenshot percakapan bbm, Screenshot adalah

Postingan ini sebagai renungan bersama bagi kita, kaum perempuan atau kaum laki-laki yang sudah ikut menanggung tanggung-jawab akan perempuan. Bagaimanapun, mukena menjadi bagian yang sangat dekat dan vital dengan seorang muslimah. Jadi ada baiknya kita peduli urusan yang satu ini.

Tapi masalah tidak berhenti sampai di sini. Kita jadi digiring pada pertanyaan… bagaimana hukumnya mengenakan mukena mahal atau yang berwarna-warni?

Pada dasarnya… mukena itu syah-syah saja dipakai dengan syarat harus bersih, suci, dan menutup aurat. Untuk bahan, model, corak, warna, atau banderol harganya sendiri tak dirumuskan dalam syarat syah. Wallaahu’alam.

Jika termasuk orang yang sangat berhati-hati dan ingin berada di zona nyaman saja, ada baiknya untuk mengenakan mukena yang sedang. Warnanya yang mainstream, kalau di Asia yang putih. Tak perlu ada corak dan pernak-pernik semacam bordir atau lukisan.

Ujung-ujungnya kita akan disudutkan pada niat. Meski sangat susah, namun jangan sampai pakaian apapun – apalagi yang untuk beribadah – dibeli karena ingin jadi pusat perhatian dan dipuji-puji.

Selamat berpuasa. Semoga Allah Swt meridhoi dan memberkahi ibadah kita. Aamiin. Memakai Perlengkapan Sholat atau Mukena Mahal dan Warna-Warni. #RD

4 Comments
  1. Triani Retno A
    • deeann
  2. tya
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *