45 Fakta Menarik dan Mengagumkan Seputar Malala Yousafzai

45 Fakta Menarik dan Mengagumkan Seputar Malala Yousafzai

malala yousafzai, malala yousafzai adalah, siapa itu malala yousafzai, malala day, profil malala yousafzai, biodata malala yousafzai

Via: @ELLEUK

Selamat Ulang Tahun, Malala Yousafzai!

Demikianlah isi tweet dari akun-akun twitter ternama seperti @UNICEF, @HillaryClinton, ‏@TIME, ‏@JimYongKim, dsb. Ya, tahun ini Malala berusia 19 tahun. Ia belum juga berkepala dua, namun pengaruhnya itu sudah luar biasa. Tak ayal kalau dirinya disebut-sebut sebagai pahlawan perempuan yang kekinian. Daku juga memasukkan namanya dalam 11 Anak dan Remaja Inspiratif yang Sudah Mengubah Dunia”.

Daku pribadi langsung ciut ketika membandingkan pergerakan dirinya di usia yang sangat belia dengan apa yang daku lakukan selama ini. Tapi memang begitulah, keberaniannya menghadiahkan dukungan besar secara global. Ia pun kerap masuk dalam daftar remaja yang paling berpengaruh di dunia.

malala yousafzai dan emma wattson, poto malala yousafzai

Nah, adakah yang belum mengenal sosok Malala Yousafzai? Siapakah dia? Jom!

  1. Malala Yousafzai lahir pada 12 Juli 1997 di Mingora, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan
  2. Malala merupakan seorang muslimah
  3. Orang tuanya yaitu Ziauddin Yousafzai dan Tor Pekai Yousafzai
  4. Malala dikenal sebagai tokoh pejuang hak pendidikan, khususnya bagi kaum perempuan
  5. Awalnya dia memperjuangkan hak kaum hawa di kawasan Lembah Swat (Provinsi Khyber Pakhtunkhwa), di mana kaum Taliban memang melarang perempuan untuk mencecap bangku sekolah.
  6. Tetapi kini pergerakan Malala sudah bersifat internasional
  7. Di tahun 2009, Malala menulis di blog BBC versi Urdu dengan pseudonym atau memakai nama samaran.
  8. Malala menuliskan secara detail tentang kehidupan masyarakat di bawah Taliban, serta tentang sarannya untuk memajukan pendidikan para perempuan, khususnya di Lembah Swat
  9. Cerita Malala kemudian dibuatkan dokumenter dalam New York Times, thanks to seorang jurnalis bernama Adam B. Ellick.
  10. Namanya terus mencuat, sehingga ia sering diundang wawancara oleh media cetak serta televisi.
  11. Desmond Tutu, seorang aktivis Afrika Selatan, mengajukan nama Malala untuk dijadikan sebagai nominator International Children’s Peace Price.
  12. Petaka terjadi pada suatu sore di tanggal 9 Oktober 2012. Kala itu Malala naik bus sekolah. Lalu datang seorang laki-laki penembak yang menanyakan namanya. Dia mengarahkan pistol ke arah Malala dan melepaskan 3 peluru. Malala terluka di bagian dahi kiri, wajah, serta bahunya.
  13. Sejak saat itu kondisi Malala kritis dan tak sadarkan diri.
  14. Malala ditangani oleh Rumah Sakit Militer yang ada di Peshawar.
  15. Untuk proses penyembuhan lebih lanjut, ia dikirim ke Rumah Sakit Ratu Elizabeth (Birmingham, Inggris)
  16. Atas insiden itu, pada 12 Oktobernya, sekitar 50 ulama Pakistan mengeluarkan fatwa perlawanan terhadap siapapun yang menyerang atau mencoba membunuh Malala (Taliban), namun mereka bersikukuh akan aksinya. Bahkan mereka juga menargetkan sang ayah, Ziauddin Yousafzai.
  17. Berita penyerangan tersebut mengundang simpati masyarakat dunia, dan Malala semakin didukung kalangan luas.
  18. Pemerintah Pakistan mengiming-imingi hadiah sebesar 10 juta rupee atau sekitar 105 ribu dollar bagi mereka yang berhasil menangkap pelaku penyerangan.

    Via: indiatoday.intoday.in

    Via: indiatoday.intoday.in

  19. Kejadian penyerangan itu juga mengundang opini dari berbagai tokoh berpengaruh dunia seperti Barack Obama, Hillary Clinton, William Hague, dsb. Apalagi Malala Yousafzai sendiri tidak menyerah dan malah semakin gigih meneruskan perjuangannya, sehingga ia pantas disebut sebagai anak, remaja, atau perempuan paling powerful.
  20. Penyanyi dunia, Madonna, bahkan mendedikasikan lagu “Human Nature” yang ia bawakan dalam sebuah konser di Los Angeles untuk Malala.
  21. Madonna juga sengaja membuat tato non permanen Malala di punggungnya.
  22. Aktris Angelina Jolie menulis artikel yang berkaitan dengan Malala, serta mendonasikan uang sejumlah 200 ribu dollar pada The Malala Fund, untuk kemudian dimanfaatkan sebagai biaya pendidikan kaum hawa.
  23. Pada Januari 2013, media Jerman bernama “Deutsche Welle” menyatakan kalau Malala bisa menjadi remaja paling terkenal di dunia.
  24. Secara berturut-turut tahun 2013, 2014, dan 2015, Majalah Time menempatkan Malala sebagai satu diantara “100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia”
  25. Malala menjadi pemenang “National Youth Peace Price” perdana yang berasal dari Pakistan.
  26. Pada tahun 2013, ia menerima “Sakharov Price”, penghargaan yang juga diterima oleh Nelson Mandela di tahun 1988.
  27. Masih di tahun 2013, tepatnya pada 13 Juli, Malala memberikan pidato di Markas Besar PBB, di Manhattan – new York City. Hari ulang tahunnya tersebut kemudian dinamakan sebagai “Malala Day”.
  28. Pada tahun 2013, Majalah Glamour menyebut Malala sebagai “Woman of the Year”.
  29. Pada Februari tahun 2014, dia menjadi nominator dalam ajang “World Children’s Prize” di Swedia.
  30. Pada Mei 2014, Universitas King’s Collage di Halifax – Nova Scotia, memberikan gelar doktor kehormatan pada Malala.
  31. Masih di tahun 2014, Malala menjadi wakil penerima “Nobel Peace Prize” bersamaan dengan Kailash Satyarthi. Mereka berdedikasi atas perlawanan terhadap penindasan anak dan remaja, serta memperjuangkan hak pendidikan mereka.
  32. Waktu itu usia Malala masih 17 tahun, sehingga ia memecahkan rekor sebagai penerima “Nobel Prize” termuda sepanjang masa.
  33. Di tahun 2016, ia menerima gelar sebagai presiden kehormatan serikat mahasiswa dari Universitas Sheffield.
  34. Intinya, Malala menerima banyak penghargaan.
  35. Dari Maret 2013, Malala sudah menjadi siswi di Edgbaston High School (Birmingham), sekolah  yang semua muridnya merupakan perempuan.
  36. Pada 20 Agustus 2015, hasil Ujian GCSE-nya berstatus A dan A*.kata kata malala yousafzai, kutipan malala yousafzai, malala yousafzai quote, malala yousafzai quotes
  37. Malala memiliki dua saudara laki-laki.
  38. Ayah Malala, Ziauddin Yousafzai, adalah pimpinan sekolah Khushal Public School, tokoh pendidikan, sekaligus seorang penyair.
  39. Malala bisa menguasai Bahasa Pashto (Afghanistan), Urdu (Pakistan), dan Inggris.
  40. Awalnya cita-cita Malala itu adalah dokter, namun ia kemudian beralih ingin menjadi politikus saja untuk membantu menyelamatkan negerinya dari berbagai krisis.
  41. Pada 12 Juli 2015, ia bersama Malala Fund membuka sekolah di Lembah Bekaa (Lebanon), yang dikhususkan untuk pada perempuan pengungsi asal Syiria berusia 14 sampai 18 tahun.
  42. Pada Oktober 2013, memoir Malala “I Am Malala: The Story of the Girl Who Stood Up fir Education and was Shot by the Taliban” terbit. Dia dibantu oleh seorang jurnalis Inggris, Christina Lamb.
  43. Memoir versi anak-anaknya “I Am Malala: How One Girl Stood Up for Education and Changed the World” terbit tahun 2014.
  44. Pada tahun 2015, versi audio book-nya dinarasikan oleh Neela Vaswani. Mereka bahkan memenangkan Grammy Award untuk kategori “Album Anak-anak Terbaik”.
  45. Davis Guggenheim, seorang pembuat film asal Amerika, membuatkan dokumenter Malala yang diberi judul “He Named Me Malala” dan hasilnya sudah rilis pada 15 Oktober 2015.

Wah, mengagumkan, bukan? Kita patut berterima kasih atas eksistensinya di dunia. Nah, demikianlah… 45 Fakta Menarik dan Mengagumkan Seputar Malala Yousafzai. #RD

2 Comments
  1. Ratri Anugrah
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *