10 Artis Korea atau Kpop yang Tampak Menyinggung Kasus Korea dan Jepang

10 Artis Korea atau Kpop yang Tampak Menyinggung Kasus Korea dan Jepang

skandal artis korea, skandal artis kpop, kasus tiffany dan bendera jepang, tiffany and rising sun flag, artis korea atau kpop dan bendera jepang rising sun

Via: @xolovestephi

Gimana memulainya, ya?

Topik Korea dan Jepang ini daku akui memang sangat sensitif. Apalagi pasca insiden yang menimpa Tiffany SNSD. Mianhae… bukannya ingin merojok luka atau bagaimana. Maafkan ya, Sone atau MySone (?), kalau postingan ini dirasa kurang nyaman.

Dari skandal tersebut, daku yakin banyak orang yang mulai mengubek sekilas sejarah antara Korea dan Jepang. Kita jadi belajar bersama. Bisa dibilang, mereka masih memiliki “masalah yang belum terselesaikan”, dendam, atau kenangan pahit tersendiri. Sehingga isu ini cukup menegangkan kalau jadi bahan perbincangan.

Tetapi sesuai dengan ulasan Kpop-Map, ternyata kasus ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya ada beberapa artis Korea atau Kpop yang terguncang skandal yang serupa dengan Tiffany. Begitu menyadari kekeliruannya, mereka juga segera memohon maaf. Walau harus diakui, efeknya terhadap Tiffany ternyata sangat massive. Daku benar-benar ikut berduka.

Daku memang bukan warga Korea, sehingga tak bisa benar-benar merasakan lukanya mereka ketika dikuasai Jepang. Yang kita tahu, rakyat Korea memang terkenal nasionalis, alias sangat cinta akan negerinya sendiri. Tapi daku juga bukan fansnya Tiffany. Netral. Hanya saja ikut iba dan prihatin atas dampak dari perbuatannya.

Selayaknya kita mengapresiasi permintaan maaf, ya. Daku rasa ia sudah cukup tersiksa dengan “hukuman sosial dan aneka hujatan” yang mengarah padanya. Dia bahkan tak segan-segan sudah mengaku “harus memperdalam sejarah”, dan hatinya hancur lebur akibat insiden ini. Jadi kalau dia sudah minta maaf dan belajar sesuatu dari masalah ini, tak ada salahnya untuk kembali merangkulnya ke jagat hiburan Kpop.

Baiklah.

Jadi siapa saja artis Korea atau Kpop yang sempat menciptakan kontroversi terkait Korea dan Jepang ini? Jom!

next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *