13 Tipe atau Kategori Anggota Keluarga yang Ada di Rumah Kita

13 Tipe atau Kategori Anggota Keluarga yang Ada di Rumah Kita

keluarga, tipe keluarga, tipe anggota keluarga, jenis anggota keluarga, kategori anggota keluarga, keluarga besar, ilustrasi keluarga besar

Via: nancydrewit.wordpress.com

Masalahnya bukan tentang rumah yang besar dan mewah (saja). Tetapi bagaimana keluarga di dalamnya. Harmonis atau tidak. Bahagia atau tidak.

~

Kata orang, keluarga adalah amanah dan hadiah langsung dari Allah Swt. Kita bisa memilih pasangan, kita juga bisa memilih teman. Tapi tidak dengan keluarga. Tak ada pilihan.

Karena itu, kita harus menerima apapun kondisinya. Baik yang masih lengkap, sudah ditinggal salah-satu orang tua, yang broken home, yang anak tunggal, yang keadaannya kurang mampu, yang sering terjadi pertikaian, yang anggota keluarganya sakit, yang bersifat tiri atau keluarga angkat, dsb.

Keadaan tersebut tetap tak melepas fakta bahwa kita dan keluarga adalah satu darah, keturunan, atau ikatan.

Meski dalam keluarga sendiri, kadang kita tak serta-merta memiliki kesamaan seutuhnya. Masing-masing memiliki keunikan. Nah jika dibuatkan list, berikut inilah tipe atau macam anggota keluarga yang ada di rumah kita. Jom!

keluarga, tipe keluarga, tipe anggota keluarga, jenis anggota keluarga, kategori anggota keluarga, keluarga besar, ilustrasi keluarga besar, big family

Via: Freepic.com

#1. Tipe Pengurus atau Penjaga

Sosok ini biasanya memprioritaskan keluarganya dulu ketimbang dirinya sendiri. Dia rela pendapatannya digunakan untuk kebutuhan bersama. Dia juga merupakan figur yang membuatkan kita bubur ketika sakit, memastikan semuanya sarapan sebelum berangkat beraktivitas, menjadi tempat berkeluh-kesah, dsb.

#2. Tipe Penguasa atau Pengendali

Kadang-kadang sosok ini memang annoying. Dia yang menentukan menu makan, mau liburan ke mana, memakai baju seragam keluarga yang bagaimana, acara hajatannya mau bagaimana, dsb. Tapi di sisi lain, dia merupakan perencana ulung. Segala sesuatu dipikirkan secara baik-baik dan hasilnya pun memang yang terbaik untuk keluarga.

#3. Tipe “Wasit” atau yang Mendamaikan

Perannya sangat terasa ketika ada anggota keluarga yang bertikai. Posisinya yang netral akan mencoba menetralkan perang saudara. Dia memang tak suka ketika suasana keluarga yang harmonis berubah jadi sinis. Karena itu dirinya sebisa mungkin mengubah suasana hati jadi lebih menyenangkan, menerapkan taktik agar terjadi perdamaian, serta kembali merukunkan keluarga.

#4. Tipe Trouble Maker atau “Perusuh”

Tanpa sosok yang satu ini, rumah bisa begitu aman, tapi bisa juga kacau. Dia adalah anggota keluarga yang lalu-lalang, enggak peduli ubin masih basah sehabis dipel. Dia membuat ruang keluarga yang tadinya rapi jadi berantakan kembali. Dia juga kerap bikin khawatir sebab sudah tengah malam belum juga pulang. Parahnya, kadang dia enggak sadar akan semua kelakuannya.

#5. Tipe Pemalu atau Pendiam

Saat yang lain tertawa sambil makan bersama, yang satu ini lebih memilih memisahkan diri. Atau ketika bergabung pun, ia lebih banyak diam. Tak banyak komentar. Mungkin sudah sifatnya, atau mungkin dia sudah lelah.

#6. Tipe “Badut” atau yang Nyocol

Dalam sebuah keluarga, selalu saja ada yang berperan sebagai pelawak atau komediannya. Kerjaannya memang menebar kelucuan. Baik dengan cerita, tingkah laku, atau mungkin mengerjai sesama. Figur ini bisa membuat suasana jadi hangat, cair, menyatukan semuanya.

next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *