15 Cara atau Tips Trik Agar Kesan Pertama Kita Baik dan Menarik

15 Cara atau Tips Trik Agar Kesan Pertama Kita Baik, Positif, dan Menarik

kesan pertama, kesan pertama yang baik, kesan pertama adalah, kesan pertama bertemu, kesan pertama yang positif, kesan pertama yang menarik

Via: onlinecareertips.com

Kesan pertama itu sangat penting dan menentukan.

Nah, pernahkah Bro-Sist membaca atau mendengar pernyataan demikian? Percaya atau tidak, sebagian besar dari kita memang sangat memperhatikan first impression atau kesan pertama. Apapun. Baik itu kesan pertama ketika bertemu seorang kenalan, kesan pertama masuk kerja, kesan pertama ketika mengajar, kesan pertama meeting dengan klien, kesan pertama masuk sekolah, dsb.

Apalagi kalau kesan pertama tersebut akan menggiring kita pada pertemuan lainnya. Tentu tampilan di awal akan membantu melekatkan chemistry, serta membangun relasi yang lebih terkoneksi lagi. Well, pembahasan yang tak aneh ini tetap menarik, ya.

Kita coba diskusikan bagaimana cara membuat kesan pertama begitu menggoda, baik, dan menarik. Jom!

kesan pertama, penampilan kesan pertama, cara agar kesan pertamanya baik, kesan pertama yang berkesan, kesan pertama dengan klien bisnis

Via: techinfographics.com

#1. Fokus pada Niat Awal

Sebelum melangkah lebih jauh, pikirkan dan jawab lebih dahulu; kita ini berusaha menciptakan kesan pertama yang baik untuk apa? Apakah untuk menjalin pertemanan? Kerja-sama atau bisnis? Mengarah pada hubungan romantis? Atau..?

Jika sudah jelas, kita juga bisa berinteraksi secara efektif. Kalau tujuannya untuk berbisnis, tentu informasi tentang status hubungan, makanan favorit, tempat-tanggal-lahir, tipe pasangan ideal, dsb, tidak terlalu diperlukan. Dan meski pun kita ingin agar segala sesuatunya berkesan, pastikan juga untuk tetap bersikap tulus, bukan malah modus.

#2. Perhatikan Tampilan Fisik

Mau tidak mau, orang akan melihat dulu bagaimana tampilan luar kita. Sebagian malah ada yang langsung nge-judge sesuai dengan style kita. Wajar. Yang penting kita mengenakan sesuatu yang bikin nyaman sekaligus percaya diri. Hal ini membuat kita tampil sebagai diri sendiri, menunjukkan ketulusan, serta bisa membuat mood lebih positif. Namun sebisa mungkin untuk tidak mengenakan pakaian sangat terbuka, make up tebal, atau minyak wangi menyengat.

#3. Tepat Waktu

Kita tak bisa menyalahkan judgement umum bahwa “jam orang Indonesia pasti lelet”. Namun bukan berarti kita harus terlambat juga. Apalagi kalau ingin pertemuan pertama kita berkesan. Sebisa mungkin kita harus menghindari yang namanya “nunggu lama”.

Tunjukkan bahwa kita sangat respect terhadap waktu, terhadap mereka, dan terhadap pertemuan yang sudah dijanjikan. Sekalipun ada sesuatu di luar rencana, pastikan untuk memberitahu mereka. Katakan dengan sejujurnya alasan keterlambatan kita.

#4. Menyapa

Sapaan bisa menjadi awal yang hangat, menyenangkan, dan mencairkan suasana. Ketika pertama kali bertemu pun jangan lupa untuk menyapa, walaupun sesederhana “hai” atau “halo”. Kalau seorang muslim tentu bisa mengucapkan salam, ya. Kita juga bisa melakukannya sambil berjabatan tangan, atau sekadar membungkuk bagi yang bukan muhrim. Jika belum saling kenal, selanjutnya kita bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu.

#5. Jangan Lupa untuk Tersenyum

Daku rasa yang satu ini akan otomatis kita lakukan. Bagaimana pun, orang baru atau sosok asing yang kita temui akan memperhatikan bagaimana ekspresi wajah ketika berhadapan. Dan, senyuman pun tampil sebagai “senjata” yang bisa meninggalkan kesan baik, ramah, dan hangat. Apalagi kalau gerakannya tidak memaksakan atau berlebihan.

next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *