1 Tips Kesehatan Paling Sederhana, Mudah dan Murah

1 Tips Kesehatan Paling Sederhana, Mudah dan Murah

tips sehat, 1 tips sehat, tips sehat paling sederhana, tips sehat paling murah, tips sehat paling mudah

Via: huffingtonpost.com

“Sehat itu nikmat.”

“Kalau sehat mah… makan apa saja enak, enggak dipantang, dan enggak ngaruh apapun.”

“Kalau sekarang enggak meluangkan waktu demi memikirkan kesehatan, jangan salahkan masa depan kalau nanti kita dipaksa menyerahkan waktu untuk meringankan atau menyembuhkan rasa sakit.”

~

Jika boleh flashback, apakah salah-satu resolusi tahun baru Bro-Sist itu terkait dengan kesehatan? Pernahkah terlintas niat untuk semakin menjaga kesehatan? Apakah ada ketakutan pada penyakit yang kemungkinan akan datang?

Kalau sudah begitu, biasanya kita akan menyusun berbagai rencana. Bicara tentang kesehatan tak akan jauh dari yang namanya asupan makanan, waktu istirahat, keteraturan olahraga, tingkatan stress, dsb. Semua ada aturannya. Kadar karbohidratnya berapa, batas kolestrolnya berapa, jam tidurnya berapa, buah atau sayurnya apa, vitaminnya apa, tingkat higienitasnya bagaimana, dsb.

Semua itu keren. Semakin dipatuhi, hasilnya semakin baik. Tetapi suka atau tidak, penerapannya cukup rumit. Apalagi kalau kita memang belum terbiasa dengan gaya hidup yang serba diatur. Sehingga di tengah jalan, konsistensi kita akan sangat teruji. Bisa-bisa kita nyeletuk, “ngerokok atau enggak, ujungnya mati juga”.

Masalahnya… kita cenderung pengin melihat bukti atau hasil secara cepat.

Misalnya kita berpikir,

“Katanya makan junk food itu enggak sehat? kok daku baik-baik aja, ya?”

“Katanya minum air putih secara rutin itu bisa bikin sehat, kok sekarang malah flu, sih?”

“Katanya gadget atau elektronik itu harus off ketika tidur, tapi kok daku tetap saja ngantuk dan enggak konsentrasi esok harinya?”

Dan masih banyak lagi.

Pikiran itu cukup menggoyahkan, sehingga kita jadi gagal konsisten. Bye, rencana hidup sehat… huft!

Padahal masalah menjaga kesehatan itu tak bisa disamakan dengan proses makan. Makan hanya memakan waktu sebentar, tapi bukti atau hasilnya langsung terasa, yaitu kenyang. Sementara soal kesehatan, urusannya berbeda lagi. Kesehatan perlu waktu dan sikap istikomah ketika menjalankannya.

Percayalah… usaha untuk menjaga kesehatan itu adalah niat yang baik, dan pasti memiliki efek yang baik juga. Paling tidak, kita sudah ikhtiar untuk menjaga amanah-Nya. Kita juga pasti merasakan betapa nikmatnya menjaga kesehatan. Selain minim penyakit, ada peluang memiliki usia panjang untuk diisi dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Lalu ngomong-ngomong, apa 1 tips kesehatan yang paling mudah dan murah seperti judul postingan ini?

Jawabannya daku dapat dari artikel keren, yang sayangnya tidak disebutkan penulisnya, dari dailyfoodfacts. 1 tips itu tak lain adalah… jalan kaki. Bersyukurlah kalau kita mampu melakoni kebiasaan yang satu ini.

tips sehat, tips sehat berbahagia, pinguin senyum bahagia, tips sehat sederhana, tips sehat mudah, tips sehat murah

Via: happytruth.org

Jalan kaki sendiri adalah… maju melangkah atau melakukan perjalanan menggunakan kaki dengan kecepatan yang sedang.

Kabar baiknya, hampir tiap hari kita berjalan kaki. Dari kamar tidur ke kamar mandi, dari rumah ke warung sebelah, ketika belanja dan memilih-milih apa yang hendak dibeli, ketika di tempat kerja, berjalan menuju parkiran, menyeberang jalan raya, dsb. Tetapi kita seharusnya menambah durasi untuk jalan kaki itu.

Sebab, salah-satu kunci kesehatan yang sangat penting yaitu… mengerjakan hal kecil menyehatkan, yang dilakukan saban hari.

Apalagi kalau hal kecil itu memiliki kontribusi besar terhadap kesehatan. Karena itu, daku sangat bersyukur juga ketika harus parno untuk mengendarai motor. Paling tidak ketika menuju ke pasar, daku akan jalan kaki. Daku bahkan sengaja menggunakan jasa ojek, tetapi tidak sampai mengantarkan ke muka rumah. Selain hemat ongkos, tujuannya memang ingin berlama-lama jalan kaki. Maklum, sampai sekarang belum jadi member tempat fitnes atau senam manapun. Hehe…

Tips ini juga daku tiru dari Mimih. Kalau sedang tidak terlalu capek atau pegal, beliau tak segan-segan menolak ajakan untuk naik motor. Jawabannya selalu simpel, “anggap aja olahraga…”

Nah, kebiasaan ini hanya menjadi salah-satu usaha untuk menjaga kesehatan saja. Jika memang sudah dilengkapi dengan gaya hidup sehat lain tentu hasilnya akan lebih baik. 1 Tips Kesehatan Paling Mudah dan Murah. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *