15 Hal Sederhana yang Membuat Anak Kecil Merasa Sangat Dicintai, Istimewa, dan Bahagia

15 Hal Sederhana yang Membuat Anak Kecil Merasa Sangat Dicintai, Istimewa, dan Bahagia

anak, poto anak lucu, anak dan bunga, anak merasa dicintai, tips mendekati anak, anak merasa istimewa, membahagiakan anak

Via: mindblowingpicture.com

Anak kecil boleh saja bertubuh mungil, masih polos, dan belum banyak pengalaman. Tapi mereka juga manusia, yang sudah punya rasa dan selera. Anak-anak bisa membedakan mana orang dewasa yang menghargai dan menyayanginya.

~

Jadi ceritanya, daku membawa jalan-jalan dua keponakan yang masih duduk di kelas 2 SD, Sahal dan Asti. Mumpung sedang dalam suasana hari jadi Kota Kuningan, jadi suasananya sedang ramai. Apalagi ada pameran. Auranya selalu meriah.

Keesokan harinya, Sahal datang bersama Gibran, keponakan lain yang sudah kelas 2 Mts/SMP. Daku memberinya uang Rp10.000,00. Sementara Sahal hanya dikasih Rp2.000,00. Sengaja daku bedakan, ya. Rasanya lega sekali ketika raut wajah murid SD tersebut biasa aja, seolah-olah memakluminya.

Tetapi daku cukup kaget ketika ibunda dari Sahal melaporkan pengaduan anaknya. Dia merasa tidak diperlakukan dengan adil olehku, lantaran uang jajan yang diterimanya tak sama dengan Gibran. Di satu sisi, daku memaklumi persepsi tersebut. Tapi di sisi lain, daku merasa perlu juga untuk meluruskannya.

Hanya saja sampai saat ini, daku belum secara langsung menjelaskan kenapa uang jajan mereka dibedakan. Lagipula, Sahalnya sendiri biasa saja ketika kami berinteraksi. Daku putuskan untuk  bersikap biasa saja, membiarkan dia tahu sendiri, tak ada yang namanya “pilih kasih” atau “berat sebelah”. Hehe…

Kejadian tersebut mengilhami postingan kali ini. Yakni tentang gesture sederhana atau hal-hal kecil yang membuat anak kecil begitu diapresiasi. Nah hal ini tak hanya berlaku bagi orang tua kandungnya saja, orang lebih dewasa dari anak kecil tersebut bisa mencoba menerapkannya. Jom!

#1. Peluk dan Cium Mereka Sesering Mungkin

#2. Apresiasi (Gombali) Kebaikan dan Prestasinya

#3. Sambut dengan Wajah Sumringah Tiap Kali Bertemu

#4. Buatkan Makanan atau Minuman Untuk Mereka

#5. Meluangkan Waktu untuk Melakukan Sesuatu atau Kegilaan Bersama

#6. Biarkan Mereka Berekspresi Semaunya

#7. Makan Bersama Tanpa Adanya Pengganggu

#8. Dengarkan Cerita atau Bualan Mereka Dengan Sabar dan Penuh Pengertian

#9. Tak Perlu Ragu Menanyakan Pendapat Pada Mereka

#10. Biarkan Mereka Memilih atau Membuat Keputusan Sendiri

#11. Beri Kejutan atau Atur Jadwal untuk Melakukan Selebrasi Bersama

#12. Temani Mereka Tidur dengan Ninabobo atau Mendongeng

#13. Sensitif pada Semua Kesedihan atau Bad Mood Mereka

#14. “Hargai” Lelucon Mereka, Selagi Tak Mengandung SARA

#15. Buat Jadwal Khusus atau Momen Spesial Antara Kita dan Mereka Saja

Sekecil dan sesimpel itu. Tetapi efeknya bisa jadi sangat besar, tidak sekecil atau sesimpel yang kita bayangkan. 15 Hal Sederhana yang Membuat Anak Kecil Merasa Sangat Dicintai, Istimewa, dan Bahagia.  #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *