Pertemuan 1; Materi Belajar Bahasa Inggris “Introduction”

Pertemuan 1; Materi Belajar Bahasa Inggris “Introduction”

materi bahasa inggris, kursus bahasa inggris, bahasa inggris, mengajar kursus bahasa inggris, bahasa inggris introduction, bahasa inggris pertemuan pertama

Via: emojipedia.org

Ada yang memfavoritkan atau justru sebal dengan “introduction”, alias perkenalan?

Tepat pada Kamis (8 September 2016), daku melakukan pertemuan perdana dengan adik didik di lembaga kursus. Kebetulan mereka satu sekolah dan seangkatan, kelas XII. Jadi mereka sendiri sudah saling kenal. Tetapi tetap saja, daku harus menjalani pembelajaran sesuai urutannya, yakni dengan membahas introduction.

Faktanya, memperkenalkan diri itu kadang bikin kita grogi. Apalagi kalau kita harus menggunakan bahasa asing. Takut salah ucap, salah kata, atau melakukan kekonyolan tanpa sadar. Hal ini bisa berlaku tak hanya bagi murid, melainkan bagi guru itu sendiri. Karenanya, daku tidak memilih untuk memanggil mereka satu per satu ke depan kelas, menghadap yang lain, lalu memperkenalkan diri dengan Bahasa Inggris.

Semuanya dilakoni biasa saja lewat obrolan. Selain karena memaklumi kalau pertemuan pertama itu bikin nervous, daku juga ingin tahu dulu sejauh mana dasar Bahasa Inggris mereka. Kalau kesan pertamanya sudah “menakutkan”, mereka bisa “trauma”. Daku hanya menggarisbawahi catatan penting ketika memperkenalkan diri dalam konteks apapun; informasi mengenai data diri harus sesuai situasi. Jangan terlalu detail.

Greetings

Expression + Responds

Leave Taking/ Parting/ Good Byes

Expression + Responds

Exchanging Personal Information

  • Name; first name, last name, nick name, or surname/ family name
  • Place/ address
  • Work/ activity
  • Age
  • And much more

Materinya bisa didapat dalam bentuk Microsoft Words  di bawah ini, ya…

1-belajar-bahasa-inggris-dasar-introduction

Inti dari materi introduction tak akan jauh dari hal-hal di atas. Tetapi durasi waktunya tergantung banyak faktor. Misalnya banyak-tidaknya murid atau kreativitas kita ketika mengobrol seputar informasi pribadi.

Pastikan semuanya berpartisipasi. Apalagi kalau kita memang fokus pada skill listening dan speaking.

Sebagai pertemuan perdana, sebaiknya maklumi saja kalau masih ada yang mencampur bahasa dengan Bahasa Indonesia atau bahkan bahasa ibu. Setidaknya, kita pastikan kalau siswa berani bicara dan kita tak men-judge kekeliruan mereka. Kenyamanan mereka sangat penting untuk modal pembelajaran ke depannya.

Semoga daku konsisten untuk memposting materi-materi pertemuan dalam kursus Bahasa Inggris dasar. Semoga bermanfaat. Pertemuan 1; Materi Belajar Bahasa Inggris “Introduction”. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *