Selamat! Kuningan Jawa Barat Menjadi Kabupaten yang Layak Anak

Selamat! Kuningan Jawa Barat Menjadi Kabupaten yang Layak Anak

anak, kla, kabupaten kota layak anak, kla kuningan jawa barat, kuningan jawa barat kabupten kota layak anak, kuningan jawa barat

Potografer: Kustiyah via picturecorrect.com

Tepat pada 1 September 2016, Kuningan Jawa Barat merayakan hari jadinya yang ke-518. Hm… usia yang sudah renta, ya. Tapi semangatnya mah tidak. Masih membara.

Sekitar seminggu sebelum ultah, atau tepat pada 23 Agustus 2016, Kuningan mendapat kabar menyenangkan. Bupati Acep Purnama menerima penghargaan langsung dari Gubernur Ahmad Heryawan sebagai “Kabupaten Layak Anak” aka KLA. Itu artinya, beliau mempertahankan penghargaan serupa yang tahun kemarin dipersembahkan oleh Bu Bupati Utje Hamid Suganda.

Sebagai warga Kuningan dan orang yang terkadang pengin balik ke masa kanak-kanak, daku tentu amat sangat bangga. Bagaimanapun, seperti yang kita cermati selama ini, anak justru sedang panas dibicarakan sebagai objek kejahatan atau kekerasan. Karena itu, ikut tenang juga ketika kabupaten atau kota sendiri dipercaya sebagai spot yang ramah anak.

kuningan, kuningan jawa barat,, prestasi kuningan jawa barat, kuningan kabupaten kota layak anak, bupati perempuan kuningan jawa barat, bupati utje hamid suganda menerima penghargaan dari presiden jokowi

Bupati Utje Hamid Suganda di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 11 Agustus 2015. [Via: kuningankab.go.id]

Semoga kelak, semua tempat bisa merangkul anak-anak. Makhluk mungil itu boleh jadi masih lemah, polos, dan “merepotkan”. Namun di bahu mereka sudah ada beban berat yang dinamakan masa depan.

Lebih jauh, Kuningan menjadi daerah yang sistem pembangunannya sangat memperhatikan anak. Pemerintah, masyarakat, sampai industri bisnis merancang program, kebijakan, atau kegiatan yang sebisa mungkin tidak mengusik kenyamanan anak. Malah justru semakin membuatnya nyaman. Entah dari segi fasilitas, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan pada umumnya.

bupati kuningan jawa barat, acep purnama kuningan, kuningan kabupaten kota layak anak, penghargaan kuningan jawa barat, prestasi pak acep purnama kuningan jawa barat

Foto: Humas Pemkab/ Radar Kuningan [via radarcirebon.com]

Tak ada hak anak yang diembat. Baik itu hak hidup, hak perlindungan, hak pertumbuhan, atau pun hak partisipasi. Kabupaten atau kota berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi semua hak anak, serta mencegah kasus eksploitasi atau penyiksaan terhadap mereka.

Semua itu tentu tak sebatas untuk mencari penghargaan belaka, melainkan sebuah komitmen yang dioperasikan dan dilanggengkan bersama. Sekali lagi, Selamat! Kuningan Jawa Barat Menjadi Kabupaten yang Layak Anak. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *