20 Fakta Unik dan Menarik Seputar Labu

20 Fakta Unik dan Menarik Seputar Labu

labu, buah labu, sayur labu, labu in english, manfaat labu, khasiat labu, labu dan halloween, fakta tentang buah labu, fakta unik dan menarik labu

Via: Wallpapercave.com

Labu menjadi salah-satu buah yang selalu mendadak tenar ketika akhir Oktober tiba. Halloween, katanya mah. Well, sebenarnya keadaan di sekitar rumah dan di pasar terdekat, kondisi labu masih begitu-begitu saja. Tak ada yang aneh. Orang juga tetap memanfaatkannya untuk dibikin kolak, campuran bolu, dan aneka makanan lain.

Tetapi di media sosial atau di beberapa area tertentu, penampilan labu agak lain. Buah kuning tersebut diukir menyerupai wajah. Ada mata, hidung, dan bibirnya. Bahkan di dalamnya menyala laksana lentera. Orang-orang juga menamainya sebagai Jack O’Lantern.

Kenapa, ya? Kenapa Halloween identik dengan labu? Labu itu buah horror atau bagaimana, sih?

Jadi pengin lebih tahu banyak tentang labu, euy! 😀 Jom!

buah labu, pertanian buah labu, panen buah labu, labu buah kuning

Via: pumpkin.biz.ua

#1. Karena memiliki biji, labu dikategorikan sebagai buah. Tapi kalau sudah memasuki dunia masak, labu kerap dimasukkan ke dalam squad sayuran.

#2. Labu itu buah yang terlihat kuat dari luar, tapi ternyata rapuh dari dalam. Begitu dia terluka (teriris atau tergores), organisme lain akan cepat-cepat menggerogotinya.

#3. Dulu (tahun 1584-an) seorang petualang bernama Jacques Cartier menemukan buah yang ia sebut sebagai “melon besar”. Bahasa Yunaninya “pepon”. Kalau diterjemahkan ke Bahasa Inggris menjadi “pompions”. Tetapi kosa-kata itu kemudian berubah menjadi “pumpkin”, alias labu dalam Bahasa Indonesia.

#4. Berat rata-rata buah ini antara 5-10 kg.

#5. Banyak yang percaya kalau labu bisa menghilangkan bintik-bintik dan membantu menyembuhkan luka akibat gigitan ular.

pertanian buah labu, panen buah labu, labu buah kuning, berpoto di dekat buah labu, pumpkin photography, fotografi buah labu

Via: Pinterest Fail

#6. Labu mengandung serat, Vitamin A, pottasium, dan zat besi yang cukup banyak.

#7. Dulu orang-orang Amerika asli memanfaatkan biji labu sebagai obat, makanan, bahkan tikar. Sekarang pun bijinya masih digunakan sebagai makanan ringan.

#8. Biji labu dipercaya bisa mencegah kanker prostat.

#9. Labu bisa diolah sebagai makanan dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau dibakar. Entah dijadikan sebagai sup atau kolak, pie, dan juga bolu atau roti.

#10. Tak hanya buah dan bijinya, bunga labu pun bisa dimakan.

next-page-rd-300x100-1

2 Comments
  1. Beby
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *