12 Karakter atau Ciri-ciri Penting dari Orang yang Suka Traveling

Posted on

12 Karakter atau Ciri-ciri Penting dari Orang yang Suka Traveling

traveling, karakter orang yang hobi traveling, ciri-ciri orang yang suka traveling, perempuan yang suka traveling
Via: themuslimvibe.com

Ada yang hobi traveling?

Hobi yang tampak “mahal” ini tampaknya menjadi salah-satu favorit. Sebagian besar orang menyukainya. Apalagi banyak tayangan-tayangan yang mempromosikan traveling.

Para travelers-nya mengambil video atau berselfie ria di berbagai tempat, mengunjungi aneka spot menarik, tidur di sana-sini, mengenal budaya ini-itu, dsb. Teknologi kamera, medsos, dan aneka aplikasi yang sudah canggih pun semakin mendukung hobi ini. Siapa pun kerap dibikin mupeng ketika melihat dokumentasi para penjelajah tersebut.

Kenapa bisa sampai suka dengan traveling?

Pertanyaan ini bisa membuat jawabannya mengakar. Mungkin ada yang suka tempat atau suasana baru, suka icip-icip makanan khas, suka kenalan, merasa memiliki keberanian untuk hengkang dari zona nyaman, puas membagikan hasil selfie-nya, biar dianggap kece atau kekinian, dsb. Masih banyak seabreg jawaban lain.

Ceritanya Nick Darlington, seorang traveler-entrepreneur-frrelance writer, menuliskan artikel terkait sifat atau kepribadian umum dari orang yang suka jalan-jalan. Menurutnya, hal itu mengingatkan dia akan dirinya sendiri. Lalu apa saja? Jom!

karakter orang yang suka traveling, manfaat hobi traveling, wanita traveling, kata kata tentang traveling, traveling itu apa sih, artikel hobi traveling, traveler wanita, traveller wanita
Via: backpackerguide.nz

#1. Orangnya itu Memiliki Jiwa sebagai Petualang

Hobi traveling mendorong mereka untuk bepergian ke berbagai tempat. Mereka bertemu orang-orang, pemandangan, makanan, kebudayaan, dll, yang serba asing. Hal itu kadang mendatangkan culture shock tersendiri, tetapi mereka justru menikmatinya. Semakin kenyang pengalaman, semakin lapar untuk menjelajahi perjalanan.

#2. Memiliki Empati yang Cukup Tinggi

Poin ini datang lantaran mereka bertemu dengan keanekaragaman. Para travelers sering menjadi saksi “kehidupan asli” di jalanan. Mereka melihat kemiskinan dan penderitaan secara langsung. Bukan sekadar tawa riang yang ditayangkan di layar kaca belaka.

Mereka juga memiliki kesempatan besar untuk sharing dengan orang-orang. Bahkan ada yang sampai ikut kerja serabutan demi mendapat uang saku tambahan, atau membiayai perjalanan. Belum lagi yang (semoga kita terlindungi) memiliki pengalaman buruk langsung. Entah itu ditipu, dicopet, nyasar, dsb. Semua pengalaman itu secara tidak langsung mendidik emosi, simpati, dan empati tersendiri.

#3. Mereka itu Pelajar Sejati

Salah-satu misi untuk jalan-jalan tak lain yaitu karena penasaran. Mereka pun rela mencoba segala hal, bertanya-tanya, searching info, dsb. Sehingga banyak asupan ilmu yang terserap. Wawasan juga menjadi luas. Tetapi seperti petikan lirik lagu Sensorium-nya Epica, the more we learn is the less we get.

#4. Mereka Memaklumi suatu Perubahan

Susah juga kalau kita tak bisa ramah pada perubahan. Tetapi para traveler tahu, perubahan justeru menjadi sesuatu yang konstan dan tak terhindarkan. Wajar adanya. Tempat A akan berbeda dengan tempat B. Orang C akan kontras dengan orang D. Demikian juga dengan ceritanya yang dibawanya. Pasti tak sama.

#5. Memiliki Kesadaran Diri yang Tinggi

Pengalaman semakin membuat mereka sadar akan karakter atau kepribadian diri sendiri. Sebagai sosok yang cinta traveling, mereka sudah “terjun langsung”. Mereka mengalami sendiri bagaimana memperlakukan orang-orang yang beragam, menghormati adat atau tradisi tempat baru, serta mendengar masukan yang lain terkait diri mereka sendiri.

#6. Mereka Memiliki Rasa Percaya Diri yang Cukup Tinggi

Sepertinya sudah naluri para traveler untuk mengoyak yang namanya comfort zone atau zona nyaman. Mereka memberanikan diri untuk mengarungi medan jalan yang tak terduga, berinteraksi dengan orang asing, tidur di tempat lain yang tak senyaman kamar sendiri, makan makanan yang mungkin tak sesuai selera, dsb. Tetapi semuanya bisa merekaatasi. Dan semua pengalaman itulah yang kemudian meningkatkan rasa percaya diri.

next-page-rd-300x100-1


5 thoughts on “12 Karakter atau Ciri-ciri Penting dari Orang yang Suka Traveling

  1. semoga kesemua karakter baik tersebut selalu menjiwai kita para penyuka traveling, meskipun sering travelingnya hanya yang dekat dan murah-murah saja seperti saya.. 😀
    nice share, sista..

    1. Aamiin… hehe kata orang sih sebelum ke tempat yang lebih jauh, memang sebaiknya mengeksplor yang lebih dekat dulu. Sudah beruntung bisa traveling juga. Hehe… thank you as always, Brother. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *