Si Manis nan Gurih Es Suket (Susu Ketan) Khas Kuningan

Si Manis nan Gurih Es Suket (Susu Ketan) Khas Kuningan

susu ketan, resep membuat ketan susu, susu ketan kuningan, minuman suket, suket susu ketan, suket kuningan, harga es suket, cara membuat es susu ketan, cara bikin ketan susu keju, harga susu ketan

Kuningan memang bukan kota besar. Tidak seperti Jakarta, yang sering dikeluhkan polusi dan panasnya. Tetapi kalau kalau hawanya sedang tinggi, tetap saja kita kegerahan dan kehausan.

Dan di saat seperti itu, kita langsung putar otak untuk mendinginkan keadaan. Banyak pilihan, sebenarnya. Namun kali ini daku akan menghadirkan Es Suket aka Susu Ketan khas Kuningan.

Seperti yang “dibocorkan” judul postingan, minuman ini memang memiliki sensasi manis dan gurih sekaligus. Hmm…

Suket atau Susu Ketan menjadi salah-satu minuman andalan yang pernah booming di Kuningan. Sesuai namanya, bahan dasar minuman ini adalah susu murni dan ketan. Namun produsen juga seringkali mengganti susu murninya dengan susu bubuk, khususnya dari produk Dancow atau Milo. Yang daku perhatikan sih, rata-rata memang menggunakan produk tersebut.

Cara Membuat Es Suket (Susu Ketan) Khas Kuningan

Sebelum ke pembuatan, tentu kita harus menyajikan alat dan bahannya, ya. Untuk peralatannya, siapkan blender dan gelas plastik. Sementara bahan-bahan yang harus tersedia yaitu susu, ketan hitam, air, es batu, vanili (kalau suka), keju, agar-agar (Swallow), choco chips, atau topping lain seperti Oreo dan Cokelat Silverqueen. Bisa juga ditambah dengan es krim, atau memilih rasa spesial seperti kopi atau suket orange.

Blender es batu, sedikit air (bisa dikasih gula sedikit), dan susu bubuk. Siapkan gelas plastik. Sebagai dasarnya, masukkan ketan hitam yang sudah direbus (diberi gula serta vanili). Masukkan juga agar-agar atau choco chips. Tuang hasil blenderan. Parut keju di atas minuman. Jika mau, bisa ditambahkan topping lain. Suket segar pun jadi dan siap dinikmati.

"Pojok Suket" di Jl. Otista - Kuningan [Dokumentasi Pribadi]

“Pojok Suket” di Jl. Otista – Kuningan [Dokumentasi Pribadi]

Harga Es Suket (Susu Ketan) Khas Kuningan

Tampaknya harga minuman yang satu ini bisa mengalami peningkatan. Kalau sekarang sih yang original masih dipatok dengan harga Rp6.000,00 – Rp7.000,00. Semakin bervarian topping-nya atau semakin ekstra kejunya, tentu harganya pun akan semakin mahal. Sekitar Rp.7.500,00 sampai Rp12.000,00.

Usaha ini begitu menggeliat, mengingat banyak orang yang suka akan campuran susu, ketan, keju, dan “rekan-rekannya” yang lain. Rasanya unik. Manis dan gurih sekaligus. Sensasinya sangat menyegarkan, bisa mengusir dahaga yang melanda. Selain itu, minuman ini juga membuat kita kenyang lantaran kandungan ketan di dalamnya.

Kalau Bro-Sist ke Kuningan, bisa mampir, ya. Biar afdhol. Banyak tempat-tempat yang menjualnya, kok. Demikian, Si Manis nan Gurih – Es Suket (Susu Ketan) Khas Kuningan. #RD

No Responses