4 Misteri Di Balik Siswa atau Anak Nakal dan Bandel

4 Misteri Di Balik Siswa atau Anak Nakal dan Bandel

anak bandel, anak nakal, misteri dibalik anak nakal, misteri dibalik anak bandel, cara mengatasi anak nakal, cara mengatasi anak nakal di sekolah, mengatasi anak bandel dan keras kepala

Via: sheknows.com

Kenapa sih ada siswa atau murid yang bandel banget? Atau, kenapa populasi orang-orang yang menyebalkan itu semakin banyak?

Di beberapa kisah percintaan, banyak tokoh yang sengaja bikin “zbl dan kzl”, hanya karena dia ingin mencuri perhatian dari orang yang diganggunya. Bukan dengan menghujani gombalan, merayu, memberi bunga, memperlakukannya bak ratu, dsb. Tapi dengan bertingkah menyebalkan. Dan seringkali, cara itu justeru sukses.

Nah, ternyata di balik sikap seseorang yang menyimpang, kemungkinan ada misteri yang belum terungkapkan.

Termasuk juga dalam diri para murid, siswa, atau anak-anak bandel. Rupanya kita tak seharusnya men-judge mereka sebagai pelajar yang gagal. Kalau bisa, kita harus lebih peka dan memerhatikan mereka dari sudut pandang yang berbeda.

Perhatikan sekilas cerita hidup mereka (keluarga, pertemanan, hubungan spesial, dsb), apa kenakalan yang dilakukan, sesering apa kenakalan tersebut terjadi, dsb.

Daku jadi tertarik tulisannya Dr. Richard Curvin dalam Edutopia. Dia membeberkan 4 misteri atau kemungkinan lain di balik kebandelan anak-anak. Jom!

#1. Mungkin Mereka Justeru Sangat Menyukai Gurunya

misteri dibalik anak nakal, misteri dibalik anak bandel, cara mengatasi anak nakal, cara mengatasi anak nakal di sekolah, mengatasi anak bandel dan keras kepala, murid menyukai guru, guru tercinta, suka sama guru

Via: Yelp.com

Ada beberapa siswa yang mengekspresikan cara sukanya dengan berbeda. Dia tidak berusaha mendekati dan mempelihatkan kesan baik. Sebaliknya, dia justeru menghindar atau bersikap seolah-olah tidak hormat.

Biasanya siswa seperti ini sudah membangun “tembok” di hatinya, agar dia tak sakit atau juga tidak menyakiti. Guru yang hanya melihat dari luar pun berpikir kalau muridnya itu memang benar-benar bengal dan patut dijauhi atau “dimasabodoin” saja. Berbeda lagi dengan guru yang “mencium sesuatu” di belakangnya. Dia akan terus mendekati secara perlahan, sampai murid tersebut memberikan kepercayaan dan meruntuhkan tembok hatinya.

Kalau tipe yang satu ini sudah bisa “dijinakkan”, biasanya hubungan yang terjalin justeru sangat lekat dan langgeng.

#2. Mungkin Mereka Ingin Menantang dan Menguji Siapa Sang Guru Sebenarnya

ujian guru, guru frustasi, cobaan jadi guru, misteri dibalik anak nakal, misteri dibalik anak bandel, cara mengatasi anak nakal, cara mengatasi anak nakal di sekolah, mengatasi anak bandel dan keras kepala,

Via: aei.org

Tak semua anak berangkat dari keluarga yang baik-baik saja. Sebagian dari mereka dikelilingi oleh orang-orang dewasa yang sudah menyakiti atau tak lagi dipercayai. Untuk itu, sebelum memercayai seorang guru, mereka pun berusaha menjauhi atau bertingkah ngeselin agar dijauhi.

Mereka ingin melihat, apakah gurunya itu sama dengan orang-orang dewasa di rumahnya? Apakah gurunya itu akan mudah menyerah dan menelantarkannya seperti yang sudah-sudah?

Dalam hal ini, guru bisa memberi kepercayaan penuh, bahwa mereka sebenarnya memiliki niat dan kepribadian yang baik. Pastikan kita terus menemani dan mendukungnya dalam segala situasi. Sikap ini, jika kontinyu dilakukan, lama-kelamaan akan mencairkan kebekuan hatinya.

#3. Mungkin Mereka Tertarik Pada Gurunya (Secara Fisik)

guru ganteng, guru cakep, suka sama guru, tertarik sama guru, naksir sama guru, bradley cooper guru, bradley cooper tampan, misteri dibalik anak nakal, misteri dibalik anak bandel, cara mengatasi anak nakal, cara mengatasi anak nakal di sekolah, mengatasi anak bandel dan keras kepala, murid menyukai guru, guru tercinta,

Via: thesaucywenchesbookclub.blogspot.com

Tak hanya dalam film atau sinetron, kisah tentang murid yang diam-diam naksir gurunya sudah lumrah terjadi di dunia nyata. Apalagi kalau guru tersebut masih muda, belum taken, dan berpenampilan menarik. Mereka bisa sengaja menjadi bandel agar gurunya nge-notice.

Tetapi di sisi lain, ketertarikan itu memiliki kemungkinan kecil untuk diseriusi ke arah yang lebih lanjut. Apalagi jika gurunya memang ingin tetap profesional, dan tak memiliki modus tertentu. Maka sang guru pun harus pintar-pintar membuat pilar atau batasan.

Pastikan untuk tidak berpenampilan, yang seakan-akan mengundang fantasi mereka. Pakai saja outfit yang resmi, make up sederhana, dan sikap yang tidak terlalu longgar. Dekat dan ramah, tapi tetap jaga wibawa.

#4. Mungkin Mereka Memang Sedang Cari Perhatian

anak mengacungkan tangan, anak cari perhatian guru, murid cari perhatian guru, misteri dibalik anak nakal, misteri dibalik anak bandel, cara mengatasi anak nakal, cara mengatasi anak nakal di sekolah, mengatasi anak bandel dan keras kepala, murid menyukai guru, guru tercinta, suka sama guru

Via: nyparenting.com

Dikenal dan diperhatikan karena kebandelan itu lebih baik, daripada tak dikenal dan diabaikan sama-sekali. Demikian yang bercokol dalam hati siswa dengan tipe ini. Biasanya dia memang sosok yang ingin diperhatikan, paling tidak, oleh gurunya. Sebab mungkin saja dia merasa tak diperhatikan di rumah sendiri atau di lingkungan sekitarnya.

Mereka pun sengaja bertingkah aneh agar “ditegur”.

Untuk yang satu ini, kita bisa melakukan sesuatu yang membuat mereka serasa diakui dan diapresiasi keberadaannya. Pastikan untuk menyapa, menjawab sapaan, mengingat dan memanggil namanya, melibatkan mereka dalam kegiatan belajar-mengajar, atau bahkan ngobrol-ngobrol. Pastikan mereka sudah merasa, kalau gurunya benar-benar mengawasi dan memberi perhatian.

~

Semua poin di atas merujuk pada kepekaan seorang guru terhadap siswanya. Di mata semua warga sekolah, kenakalan tetaplah kenakalan, namun kita memiliki mata tersendiri. Pandangannya bisa berbeda.

Simpan saja komentar kita dalam hati, tak perlu berkoar-koar kalau si anu bandel karena anu. Tak perlu juga bergosip tentang siswa bandel itu, baik dengan guru atau siswa yang lainnya. Dan ketika menghadapi orang tua si murid, tahan diri untuk tidak menyalahkan pihak mana pun. Demikian, 4 Misteri Di Balik Siswa atau Anak Bandel. #RD

 

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *