8 Fakta Penting Tentang Bullying

Posted on

8 Fakta Penting Tentang Bullying

fakta bullying, fakta penting seputar bullying, bullying adalah, jenis jenis bullying, dampak bullying, penyebab bullying, pengertian bullying di sekolah, contoh bullying, bentuk bentuk bullying
Via: zliving.com

Bullying menjadi suatu tindakan yang sudah lama menggaet perhatian banyak orang. Banyak gerakan yang terus digalakkan dengan misi; jangan mau jadi pelaku, jangan sampai jadi korban, dan hentikan bentuk bullying dari sekarang.

~

Orang bilang, meniup lilin orang lain yang sedang bersinar tak akan membuat cahaya kita semakin benderang. Demikian juga ketika kita membully seseorang, bukan berarti dunia akan menganugerahkan kesan yang keren. Malah justeru sebaliknya.

Seorang penulis dan advokat pencegahan bullying, Sherri Gordon, sempat membeberkan 8 fakta utama terkait bullying. Fakta-fakta yang disampaikannya cukup menarik, dan memberi pemahaman lebih tentang bullying itu sendiri. Nah, apa saja? Jom!

fakta bullying, fakta penting bullying, tentang bullying, artikel bullying di sekolah, artikel stop bullying, cyberbullying adalah, contoh cyber bullying, artikel cyber bullying
Via: cbc.ca

#1. Pelaku Bullying Bisa Berasal dari Berbagai Latar Belakang

Ada yang mengatakan kalau pembully itu biasanya orang yang pengecut, atau justru memiliki rasa percaya diri yang rendah. Hal ini tak selamanya salah, tak juga benar secara mutlak.

Ada pembully yang berasal dari korban bullying, pembully yang memang asli agresif, pembully yang ingin populer atau berkuasa, pembully yang pura-pura baik, pembully terorganisir atau memiliki skuad, dan pembully yang berasal dari orang-orang biasa dengan hati yang kurang peka.

#2. Bullying Tak Pilih-pilih Korban

Memang sih ada beberapa kriteria umum dari seseorang yang berpeluang menjadi korban. Tetapi pada dasarnya semua orang berpeluang menjadi korban. Termasuk figur yang populer, banyak fans, berprestasi, dsb. Pelaku bullying bisa membidikkan senjatanya pada siapa saja yang menjadi target.

#3. Bullying Tak Mengenal Usia

Mendengar kata bullying, kita mungkin langsung teringat akan tingkah-polah siswa-siswi sekolah. Khususnya yang setingkat menengah pertama atau atas. Padahal bullying bisa berlaku dari usia dini sampai dewasa, bahkan di dunia kerja. Usia sudah tak jadi soal.

Bullying bisa eksis ketika pembully merasa ada seseorang yang berbeda dari kalangan mayoritas, pembully merasa tersaingi, pembully ingin pamer kekuasaan, atau pembully-nya memang merasa puas ketika mangsanya tertindas.

#4. Ada 6 Jenis Bullying

Bullying tak melulu tentang adegan penyiksaan terhadap seseorang. Faktanya, bullying bisa menjelma ke dalam bentuk lain. Ada yang berupa kekerasan fisik, kata-kata kasar, cyber bullying, agresi relasi, pelecehan seksual, sampai dengan bullying prejudice atau prasangka. Semuanya meninggalkan luka dan pengaruh yang sama-sama berbahaya.

#5. Bullying ala Laki-laki VS Bullying ala Perempuan

next-page-RD-300x100-1

One thought on “8 Fakta Penting Tentang Bullying

Comments are closed.