Apakah Kamu Termasuk Seorang Procrastinator?

Posted on

Apakah Kamu Termasuk Seorang Procrastinator?

procrastinator adalah, procrastination adalah, contoh procrastination, dampak procrastination, penyebab procrastination, solusi procrastination, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan
Via: publishingtalk.eu

Procrastinator sendiri merupakan sebutan bagi orang yang suka menunda-nunda sesuatu. Jadi, kita terlalu mengandalkan waktu yang akan datang. Apa-apanya nanti saja.

Kita terlalu percaya diri untuk masih bisa hidup esok hari.

Kebiasaan menunda-nunda ini bisa menimpa siapa saja. Termasuk juga para penulis yang ingin menerbitkan novel. Lalu begitu ada kesempatan, proses menulisnya malah baru dilakukan di detik-detik jelang deadline. Masa yang seharusnya “tenang” malah kisruh sendiri.

Masih mending kalau memang selesai tepat waktu dengan hasil memuaskan. Ada yang sampai detik ini rencananya masih tetaplah rencana. Konsepnya masih menjadi sesuatu abstrak. Belum tumbuh menjadi action atau upaya nyata. #NyindirDiriSendiri

Cara Mengatasi Procrastination

Sebenarnya seorang procrastinator sadar kalau dirinya menunda-nunda, dan enggak suka sama kebiasaan tersebut. Tetapi ia terlalu larut, dan malah menunda-nunda untuk berubah.

Dalam sebuah artikel di news.usc.edu, disebutkan kalau ada salah-satu trik jitu yang bisa mengatasi kebiasaan procrastinating. Tips tersebut yaitu dengan menyederhanakan unit waktu.

Misalnya ketika deadline tinggal 5 hari, maka kita bisa menanamkan dalam pikiran kalau deadline-nya itu tinggal 120 jam. Kalau temponya 2 bulan, kita bisa menggantinya dengan 60 hari. Dan, seterusnya.

Satuan waktunya dipersempit. Sekian tahun menjadi sekian bulan atau minggu. Sekian bulan menjadi sekian hari. Sekian hari menjadi sekian menit.

Meski demikian, tips ini tergantung dari tipe procrastinator seperti apa kita ini.

Tetapi sebagai langkah awal, kita bisa menanyakan pada diri sendiri dulu, Apakah Kita Termasuk Seorang Procrastinator? #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − 7 =