10 Fakta Mengerikan Tentang Skip Challenge yang Viral di Media Sosial

Posted on

10 Fakta Mengerikan Tentang Skip Challenge yang Viral di Media Sosial

skip challenge, skip challenge adalah, skip challenge itu apa sih, efek skip challenge, challenge yang viral di dunia maya, challenge di instagram, bahaya skip challenge
Via: Instagram

Skip Challenge menjadi tantangan atau game bodoh dan berbahaya yang sedang ngehits, lantaran namanya sering disebut-sebut di media sosial.

Ketika searching tentang skip challenge, kita akan digiring pada video-video yang bikin miris. Bahkan banyak pelajar yang masih berseragam SMA yang melakukannya. Teman yang menjadi korban permainan Skip Challenge-nya ambruk, yang lainnya malah tertawa. Seolah-olah keadaan sekarat yang sedang dirasakan bestie-nya itu begitu lucu.

Namun syukurlah, banyak juga yang menggunakan hashtag #SkipChallenge untuk memerangi permainan mematikan ini. Bagaimana pun, jika ditakar manfaat dan mudharatnya, maka tentu lebih berat mudharatnya. Malah challenge ini disebut sebagai upaya membunuh atau bunuh diri secara tidak langsung.

Sayang sekali, Dear, kalau energi kuat dan otak fresh kamu harus dikorbankan demi challenge ini.

Baiklah, berikut ini 10 fakta mengerikan tentang Skip Challenge yang daku himpun dari situs No Bullying dan yang lainnya. Jom!

  1. Skip Challenge memiliki nama lain; pass out challenge, monkey space, dan choking game.
  2. Cara bermain Skip Challenge yakni dengan menekan dada korban sekuat-kuatnya. Ada yang pakai tangan, lutut, duduk di atas dada korban, atau menginjaknya selama beberapa detik sampai sang korban terlihat lemas. Beberapa diantara mereka bisa pingsan atau hilang kesadaran, kejang-kejang, atau bahkan tewas. Bentuk permainannya bisa juga dengan cara lain, bahkan dengan cara mencekik leher sendiri.
  3. Permainan ini membuat korbannya merasakan pengalaman “high, fly, tinggi, atau mabuk” tanpa harus merokok ganja atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang.
  4. Alasan orang, khususnya remaja atau kawula muda, melakukan permainan ini berbeda-beda. Namun intinya mereka merasa ditantang dan harus memenuhi tantangan itu, butuh pengakuan sebagai sosok yang berani, agar keren atau sensasional via media sosial, adanya peer pressure atau tekanan dari kawan-kawan sendiri, ingin merasakan sensasi high tanpa melanggar aturan, sekadar hiburan untuk menghilangkan stress, penasaran atau sekadar coba-coba, dst.
  5. Ciri-ciri orang yang sudah melakukan permainan ini biasanya mengeluhkan sakit kepala, mata merah, adanya bekas luka di area leher atau dada, dan gejala disorientasi seperti linglung akan waktu, akan dirinya sendiri, atau orang di sekitarnya.

    skip challenge, skip challenge adalah, challenge adalah, ciri remaja yang bermain skip challenge, challenge yang viral yang media sosial
    Via: No Bullying
  6. Efek dari permainan ini membuat paru-paru sangat tertekan dan tak bisa mengembang sebagaimana tugasnya, denyut nadi jadi terganggu, mengancam fungsi tulang rusuk, gangguan penglihatan, gangguan bicara, terjadinya HAI (Hypoxic-Anoxic Injury) atau asupan oksigen ke otak jadi berkurang, cacat fisik dan mental, matinya fungsi sel dan otak, atau bahkan mengundang kematian.
  7. Permainan yang sangat berbahaya ini sudah ada sejak tahun 1995-an, namun sekarang trend-nya kembali muncul dan menjadi viral setelah beberapa video diunggah ke media sosial.
  8. Banyak orang tua yang tidak tahu atau tidak sadar akan bahaya besar dibalik permainan ini.
  9. Pada tahun 2012, Oregon Health Authority pernah melakukan studi terkait dengan CDC atau Centers for Disease Control. Hasilnya Skip Challenge di tahun 1995-2007 sudah merenggut 82 nyawa anak dan remaja usia 6-19 tahun.
  10. #SkipChallenge menjadi trending topic di beberapa media sosial, seperti Twitter dan Instragram. Sebagian akun malah secara tidak langsung mempromosikan permainan ini, padahal please kita seharusnya saling mengingatkan untuk tidak main-main dengan kematian.

Kita memang hidup di zaman yang “sakit”, di mana banyak ketimpangan sosial dan pola pikir salah-kaprah yang bertebaran. Obat dan mabuk-mabukan dianggap hal normal belaka, s*ks dianggap olahraga dan fun semata, kekerasan dan kematian dianggap sebagai hiburan, menyakiti diri sendiri dianggap sebagai solusi, agama dianggap sebagai keterbelakangan, dsb. Oh, Lord.

Tidak, orang-orang zaman sekarang tidaklah tolol. Kita hanya perlu informasi, pemberdayaan yang baik dan benar, kasih sayang orang tua atau keluarga, peran sekolah, serta pondasi ilmu dan amalan agama yang kuat. Demikian, 10 Fakta Mengerikan Tentang Skip Challenge yang Viral di Media Sosial. #RD

2 thoughts on “10 Fakta Mengerikan Tentang Skip Challenge yang Viral di Media Sosial

  1. banyaknya anak muda zaman sekarang yang tergoda pada hal yang di anggap tren, tanpa terlebih dahulu menelaah apakah tren itu sebenarnya baik atau buruk..

    padahal jelas hal tren semacam ini juga bakalan hilang selang beberapa waktu..

    takutnya di waktu itu, sudah memakan korban pula

    1. Iya, darah muda memang sedang kuat rasa ingin tahunya. Inget dulu aja. 😀 “Serasa bersalah” kalau enggak ikut ngehits. Dan betul sekali, kadang beraksi gitu aja, dan kurang pertimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =