2 Dari Daftar Pekerjaan Paling Enak Tetapi Begitu Sulit dan Berat

Posted on

2 Dari Daftar Pekerjaan Paling Enak Tetapi Begitu Sulit dan Berat

pekerjaan paling enak, pekerjaan paling menjanjikan, pekerjaan paling stress, pekerjaan paling berat, pekerjaan paling sulit.
Karya: Jennifer Davis

Ada yang bisa menebaknya?

Jawaban apa pun bisa benar, yang penting kita menyertainya dengan argumen tangguh. Termasuk ketika ada yang menjawab “mengerjakan segala aktivitas ala ibu rumah tangga”. Sekilas, pekerjaan mereka memang tampak enak; diam di rumah.

Tetapi kenyataannya begitu berat. Mereka harus bersih-bersih, mencuci baju, menyetrika, menyediakan makanan, mendidik anak, dsb. Belum lagi semua itu dilakukan tanpa gaji yang jelas, tunjangan yang menghibur, dan apresiasi yang melapangkan hati. Karena itu, salam hormat selalu!

Namun sayangnya, postingan ini tak akan fokus pada seorang ibu rumah tangga, ya. 😀

~

Jadi begini…

Seringkali daku (secara tidak langsung) memerhatikan para penyanyi terkenal yang memiliki suatu pola dalam menggunakan media sosial. Maksudnya, mereka itu tampak seperti pengguna medsos musiman. Sehingga ketika tiba-tiba aktif di dumay, sudah pasti “ada sesuatu”. Dan, sesuatu itu biasanya berupa karya baru. Entah berupa single, album, lagu kolaborasi, atau proyek tertentu.

Lalu setelah gegap-gempita seputar karyanya, promosinya, beritanya, dsb, dia perlahan “hilang” kembali dari jagat dumay. Setelah tempo tertentu, dia muncul lagi dan melakukan hal serupa lagi. Begitu seterusnya.

Lalu dalam suatu interview atau bocoran video behind the scene (bts) karyanya, terungkaplah… bahwa untuk sekian masa, dia menepi dari bisingnya internet dan fokus mencipta. Dia berpikir, mengolah ide, mengeksekusinya, berdiskusi serta bekerja sama dengan tim (kalau ada), dan mengemasnya menjadi suatu ciptaan yang siap sebar.

Daku juga sempat memerhatikan pola ini pada beberapa seniman lain; penulis, ilustrator, animator, dsb. Diam-diam, ada keinginan juga untuk bisa seperti mereka. 😀

~

diam, mendengarkan, pendengar yang baik, kata bijak diam lebih baik, lebih baik diam daripada menjelaskan apa yang kita rasakan, pekerjaan paling enak, pekerjaan paling menjanjikan, pekerjaan paling stress, pekerjaan paling berat,
Cr: Shutterstock via medicaldaily

Lalu, apa sih 2 dari daftar pekerjaan paling enak tetapi begitu sulit dan berat?

Maaf, kalau ternyata daku kepanjangan dalam menuliskan inspirasi dari postingan ini. Well, berikut ini jawabannya…

#1. Diam (tanpa kesia-siaan)

Kita hidup di zaman media sosial, zaman yang mengarahkan kita untuk tidak bisa diam. Jari-jemari terus “kerja rodi”, scrolling, menebar koleksi poto selfie, menancapkan tanda love atau jempol, kita jadi begitu terbuka, kita jadi sering sharing banyak hal, kita jadi komentator andal, dsb. Pokoknya, kita tenggelam dalam berisiknya tetek bengek dunia internet. Cerewet.

Kita makin terlena karena semua itu ongkosnya murah, atau mungkin free – tanpa tagihan sama-sekali.

Tetapi rupanya banyak hal super duper mahal – bahkan tak terbeli oleh uang – yang sudah kita tumbalkan. Kita kehilangan quality time sejati dengan orang-orang sekitar, kita jadi kurang produktif, kita lebih sering menyia-nyiakan napas, kita mengurangi jam tidur, dsb. Semua itu mau dibeli di toserba mana?

Padahal menjadi pendiam di zaman media sosial itu begitu enak. Kita jadi tak tertuntut untuk mengatakan apa pun pada dunia, kita jadi terhindar dari postingan yang menyakiti orang, kita tercegah dari kecemburuan, kita tercegah dari konflik, kita jadi lebih damai, kita jadi bisa beribadah dengan tentram, dan bisa lebih fokus berkarya atau menebar cinta.

Hanya saja, khususnya bagiku, diam itu kok berat juga, ya?

#2. Mendengarkan (menyimak)

Di zaman media sosial ini, mayoritas dari akun yang ada ingin mengupload banyak hal. Kita juga berhasrat untuk didengarkan atau ditanggapi. Kita lalu mulai lupa cara untuk menyimak, mengobservasi, dan menafakurinya.

Padahal mendengarkan atau menyimak itu memberi efek yang enak. Kita memeroleh ilmu atau informasi,  kita jadi terinspirasi, kita jadi lebih sadar akan kenyataan, kita jadi penuh pertimbangan sebelum bertindak – menyimpulkan – memutuskan, kita jadi memiliki saringan – tentang apa yang patut diperhatikan dan mana yang boleh diabaikan, dan kita jadi lebih produktif berkarya.

~

Dan di tengah dunia yang terasa begitu bising ini, sekadar diam dan menjadi pendengar yang baik itu, jadi sesuatu yang langka sekali. 2 Dari Daftar Pekerjaan Paling Enak Tetapi Begitu Sulit dan Berat. #RD

6 thoughts on “2 Dari Daftar Pekerjaan Paling Enak Tetapi Begitu Sulit dan Berat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + seventeen =