7 Waktu untuk Mendengarkan Musik Disertai Pilihan Lagu-Lagu Terbaik

Posted on

7 Waktu untuk Mendengarkan Musik Disertai Pilihan Lagu-Lagu Terbaik

mendengarkan musik, mendengarkan musik online, waktu untuk mendengarkan musik, mendengarkan musik ketika olahraga, mendengarkan musik ketika bekerja, mendengarkan musik ketika belajar, 7 Waktu untuk Mendengar Musik Disertai Pilihan Lagu-Lagu Terbaik,
Via: Shutterstock

Ada yang suka mendengarkan musik? Pilih genre atau aliran apa? Terus, kapan atau di saat apa Bro-Sist mendengarkan musik?

~

Musik menjadi salah-satu hal yang tak kenal waktu atau keadaan. Musik bisa masuk di waktu pagi/siang/senja/malam, di sela-sela kerja, di tengah waktu olahraga, dalam keadaan galau, sedang jengah dan marah, atau bahkan di saat kita mati rasa dan tak tahu harus berbuat apa.

Namun, terkadang kita memerlukan musik yang berbeda di masing-masing suasana.

Nah, hal ini pernah dibahas oleh jurnalis bernama Jordan Taylor Sloan dalam Mic. Menurut para ahli yang sudah melakukan research terkait musik yang tepat di waktu yang tepat bisa memengaruhi mood seseorang. Lalu bagaimana hasilnya? Jom!

#1. Musik Di Waktu Pagi

mendengarkan musik, mendengarkan musik online, waktu untuk mendengarkan musik, mendengarkan musik ketika olahraga, mendengarkan musik di pagi hari, mendegarkan musik sambil jogging
Via: features.en.softonic.com

Pagi menjadi waktu yang menandai awal hari. Kita berpencar. Ada yang bekerja di rumah, di sekolah, di proyek bangunan, di pabrik, di perkantoran, dsb. Namun kita sama-sama berharap kalau setiap pagi bisa berenergi dan merasa percaya diri.

Musik yang tepat untuk menyokong pagi yaitu yang memiliki efek heavy bass, seperti yang ada dalam lagu-lagu hard rock. Kalau tidak, kita juga bisa memilih lagu-lagu hip hop. Musik jenis ini di waktu pagi dipercaya bisa meningkatkan aura positif. Sehingga kita pun jadi lebih pede dan semangat untuk bergerak.

Beberapa musisi hard rock barat dan Indonesia yaitu Metallica (Fade To Black), AC/DC (Back in Black), Led Zeppelin (Stairway to the Heaven), Power Metal (Kebebasan), God Bless (Rumah Kita), Edane (Kau Pikir Kaulah Segalanya), dst.

#2. Musik Ketika Bekerja/ Belajar

mendengarkan musik sambil belajar, mendengarkan musik, mendengarkan musik online, waktu untuk mendengarkan musik, mendengarkan musik sambil bekerja
Via: usustatesman.com

Produktivitas kerja dan gairah belajar itu ibarat iman, bisa naik-turun. Kadang semangat membara, sering juga malah melempem tak berdaya. Untuk itu, kita memerlukan sesuatu untuk membuat keadaan lebih stabil.

Bagi sebagian orang, musik bisa menjadi pilihan. Tapi bagi sebagian lagi, musik justru berpotensi mengganggu konsentrasi. Tapi bagaimana kalau kita memang ingin mendengar musik tapi tetap fokus?

Para ahli menyarankan agar kita mendengarkan musik yang tidak biasa didengar, misalnya lagu-lagu instrumental (yang tanpa lirik). Ada yang mendayu, yang dreamy, yang mengentak, dsb. Misalnya Pink Floyd (One of These Days), The Corrs (Toss The Feathers), Derek Fiechter (Emerald Falls), Bob Zopp (Summer’s Coming), Depapepe (Start), dst. Kita juga bisa memilih musik ragga, karya-karya oldish, atau yang jazz.

#3. Musik Ketika Berolahraga

mendengarkan musik sambil jogging, mendengarkan musik sambil olahraga, mendengarkan musik, mendengarkan musik online, waktu untuk mendengarkan musik, poto lelaki memakai headset
Via: shrinky-dinky.com

Daku rasa kita sama-sama setuju kalau aktivitas olahraga itu cocok diiringi lagu yang upbeat. Pasalnya, kita butuh musik yang membuat badan tetap bergerak dan bikin mood terus meningkat. Contohnya banyak, ya. Bisa dari Indonesia, barat, Korea, dlsb.

Beberapa diantaranya yaitu Avicii (The Days), Skrillex (All I Ask of You), Swedish House Mafia (Don’t You Worry Child), Kim Taeyeon (I Feel Fine), BTS (Not Today), dst. Kalau pas pemanasan dan cool down, alangkah baiknya ditemani lagu pop. Sementara ketika jogging, kita bisa memilih lagu-lagu rap.

#4. Musik Ketika Makan

mendengarkan musik sambil makan, musik di restoran, musik yang cocok di tempat makan, musik yang cocok untuk menambah selera, mendengarkan musik, mendengarkan musik online, waktu untuk mendengarkan musik,
Via: Shutterstock

Ternyata para peneliti menyimpulkan kalau musik jazz bisa menambah nafsu makan. Hal ini tentu bisa jadi bahan pertimbangan, khususnya bagi pebisnis kuliner, yang ingin pelanggannya makan dalam keadaan betah dan penuh selera.

Beberapa musisi jazz barat dan Indonesia yang terkenal yaitu Louis Armstrong (What a Wonderful World), Dave Brubeck (Take Five), White Shoes & The Couples Company (Senandung Maaf), Raisa (Could It Be), dsb.

#5. Musik Ketika Sedang Berkendara

mendengarkan musik sambil mengendarai mobil, mendengarkan musik sambil berkendara, mendengarkan musik, mendengarkan musik online, waktu untuk mendengarkan musik, pengendara mendengarkan musik
Via: npr.org

Patut diingat kalau musik keras ketika berkendara itu ternyata tidak disarankan, apalagi bagi pengendara motor atau mereka yang masih belia. Musik yang berisik dan upbeat ditakutkan bisa memengaruhi emosi si pengendara, sehingga dia cenderung akan ngebut. Sebaiknya kita menyetel lagu yang lebih lembut, yang sekiranya tidak mengganggu mood. Mungkin kita juga bisa memilih lagu-lagu balada yang santai dan memicu kita untuk bernyanyi juga.

Tetapi kita tidak dianjurkan untuk mengenakan headset atau earphone, ya.

Nah beberapa lagu Indonesia, Korea, atau barat yang bisa dipilih juga banyak. Misalnya Efek Rumah Kaca (Kesepian), Float (Pulang), Payung Teduh (Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan), Kim Taeyeon (Fine), AKMU/ Akdong Musician (Last Goodbye), BTS (Spring Day), Cinderella (Don’t Know What You Got (Till It’s Gone), The Cranberries (Ode to my Family), Shawn Colvin (Sunny Came Home), dsb.

#6. Musik Ketika Sedang Galau, Sedih, atau Buruk

mendengarkan musik sedih, lagu sedih, lagu ballad barat, lagu ballad indonesia, lagu ballad korea, mendengarkan lagu ballad, mendengarkan lagu galau
Via: netdoctor.co.uk

Dalam keadaan down, ada yang memilih lagu berisik hanya untuk “kabur” dari perasaan sesungguhnya. Padahal tidak apa-apa mendengar lagu mellow atau lagu sedih ketika sedang sakit hati. Justru kita disarankan untuk menerima kenyataan dan merangkul emosi tersebut. Syukur-syukur kalau lirik dalam lagunya bisa memberi inspirasi untuk tetap tegar.

Lagu-lagu dalam keadaan galau seperti cukup banyak, ya. Misalnya Sheila on Seven (Berhenti Berharap), Agnez Mo (Cinta di Ujung Jalan), Drive (Melepasmu), Adele (Someone Like You), R.E.M (Everybody Hurts), The Beatles (Yesterday), AKMU/ Akdong Musician (Melted), Davichi (Don’t Move), Younha (Wasted), dsb.

#7. Musik Ketika Sedang Ingin Mengantuk/ Tidur

mendengarkan musik sambil tidur, mendengarkan musik klasik, mendengarkan musik agar mengantuk, manfaat mendengarkan musik saat tidur, mendengarkan musik klasik sebelum tidur, mendengarkan musik klasik saat tidur
Potografer: April Nienhuis

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk mendengarkan musik sebagai pengantar ke alam mimpi. Jika demikian, lagu yang dipilih hendaknya yang klasik dan membuat kita rileks. Sebut saja Marconi Union (Weightless), Airstream (Electra), Coldplay (strawberry swing), dsb.

Khusus bagi muslim, kita bisa mengandalkan lantunan ayat suci Alqur’an, asmaul husna, sholawatan, nasyid, dsb. Tak lupa, ajaran agama kita juga menuntun untuk berdoa dulu sebelum terlelap. Bagaimana pun kita hendak masuk ke dunia “antara hidup dan mati”.

~

Kalau tidak suka musik, tentu tak apa, ya. Kita tak bisa memaksakan kehendak. Ada pun daftar musisi dan judul lagu yang disebutkan di atas juga, pastinya tidak semua pembaca akan menyetujuinya.

Bicara musik, kita memang tak akan terlepas dari selera masing-masing yang sifatnya cukup personal dan subjektif. Lagi-lagi, tak apa jika memiliki pilihan yang berbeda. Demikianlah, 7 Waktu untuk Mendengarkan Musik Disertai Pilihan Lagu-Lagu Terbaik. #RD

4 thoughts on “7 Waktu untuk Mendengarkan Musik Disertai Pilihan Lagu-Lagu Terbaik

    1. Dangdut? Hmm… boleh juga. Tapi daku lebih suka sama penyanyi lawas seperti Pak H. Rhoma Irama, Bu Elvie Sukaesi, Bu Evi Tamala, dkk. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 12 =