8 Kebiasaan Di Waktu Sendirian yang Terkesan Aneh Padahal Normal

8 Kebiasaan Di Waktu Sendirian yang Terkesan Aneh Padahal Normal

kebiasaan, kata kata kebiasaan, kebiasaan aneh, kebiasaan ketika sendirian, kebiasaan aneh padahal normal, kebiasaan memalukan, kebiasaan absurd

Cr: Pewdiepie

Suka ngapain pas lagi sendirian?

Duh, maafkan pertanyaan yang sangat personal ini, ya. Hehe…

Ketika seseorang sedang sendirian, segala kemungkinan bisa terjadi. Mungkin kita akan melakukan sesuatu yang tak akan dilakukan di hadapan orang lain. Apa saja, mungkin nyolek-nyolek hidung aka mengupil. 😀

Kadang ada beberapa kebiasaan yang mungkin terkesan aneh, absurd, dan memalukan. Padahal ternyata tidak apa-apa, seenggaknya begitulah kata Jennifer Lea Reynolds, yang menjabarkannya dalam Reader’s Digest. Semua kebiasaan ketika sendirian bisa normal, kecuali kalau memang sampai melanggar norma yang ada.

Baiklah, apa saja kebiasaan yang dimaksud? Jom!

#1. Poto Selfie

Dulu, rasanya tak ada orang yang berpoto selfie. Pasti kita menggunakan jasa orang lain. Posenya pun normal-normal saja. Namun kini, memotret diri sendiri oleh diri sendiri tak lagi dilakukan di saat sendirian (saja). Di tengah keramaian pun, kita sudah percaya diri untuk melakukannya. Orang-orang pun tampaknya akan menganggap selfie sebagai sesuatu yang biasa saja.

Tetapi begitu selfie sendirian, tak jarang kita tergoda untuk melakukan sesuatu yang terlihat aneh. Misalnya sengaja berdandan atau justru berpose jelek. Kemudian kita mengambil hasil selfie sebanyak-banyaknya. Setelah itu, kita akan sibuk mengeliminasi yang tak terpakai.

Juaranya pun akan nangkring di media sosial atau menjadi DP BBM. Kalau jepretan pilihannya banyak, kita akan menggunakan jasa aplikasi Photogrid. Nah hal ini masih terbilang normal, namun hati-hati jika sampai melanggar batas yang ada.

#2. Googling Tentang Diri Sendiri (dan mungkin Orang Lain)

Situs Pew Research pernah mengungkapkan hasil studi, kalau lebih dari setengah pengguna internet rupanya melakukan searching namanya sendiri di mesin pencarian. Kamu pernah enggak, sih? Kalau pernah, berarti kita enggak sendirian. Hampir dipastikan banyak yang melakukan hal sama. Entah sengaja atau sekadar coba-coba.

Kita juga mulai mengandalkan internet untuk “menelusuri” orang lain, termasuk yang bukan selebritis sekali pun. Tak jarang kita jadi tahu akun-akun media sosial teman-teman sendiri juga karena bantuan nge-google. Kebiasaan ini tentu lumrah-lumrah saja jika motif di belakangnya memang baik. Hanya saja, peringatan bagi aksi penipuan atau cyberbullying yang sedang marak.

#3. Melamun atau Menghayal

Ada orang yang menghayal dia menjadi musisi ternama, lalu dikejar-kejar fans, lalu menerima penghargaan, lalu membayangkan dirinya naik podium dan mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang sudah menyokong prestasinya. Ada juga khayalan lain seperti menjadi selebgram dengan followers M-an, pengusaha dengan berbagai cabang, atlet sejuta prestasi, dlsb.

Kebiasaan ini, normalnya sih, tak berlangsung lama. Hanya beberapa menit saja. Tetapi efeknya cukup positif. Kita jadi termotivasi, tak terlalu stress, memicu kreativitas, dan tambah bersemangat. Tetapi alangkah baiknya untuk tetap realistis dan tak terlalu terbuai.

#4. Ngomong Sendiri

Kedengarannya gila, tapi rasanya sebagian besar dari kita pernah mengalaminya. Ada yang ngedumel sendiri, seperti sedang diskusi, seperti sedang menjawab sebuah wawancara, seperti sedang pidato, dsb. Daku sendiri sudah menulisnya dalam postingan: 12 Manfaat atau Keistimewaan Jika Hobi Bicara dengan Diri Sendiri.

#5. Menonton Sesuatu, Tapi Kita Enggan Mengakuinya

Misalnya, kamu dikenal sebagai pribadi yang kharismatik nan dewasa, tapi ternyata kalau sendirian mah tontonannya Sopo Jarwo dan Upin Ipin. Di satu sisi kamu memang betul-betul menyaksikan tayangan tersebut, tapi di sisi lain, kamu merasa gengsi untuk mengakuinya. Nah, ternyata kita disarankan untuk tak merasa bersalah karenanya. Tidak apa-apa, akui saja.

#6. Bernyanyi dengan Menirukan Penyanyi Profesional

Seringkali kita ingin beraksi “di panggung sendiri”, khususnya ketika mandi. Bahkan ada yang sampai memegang botol sampo, seakan-akan mikrofon yang menunjang kegiatan nyanyi kita. Terlihat aneh, tetapi rupanya wajar-wajar saja. Bahkan kebiasaan tersebut bisa jadi sangat baik kalau memang dampaknya jadi positif. Beban hidup serasa lebih ringan dan suasana hati kita jadi baikan.

#7. Bicara dengan Hewan atau Boneka

Selain mengajak berbincang seakan-akan hewan dan boneka bisa memahami ocehan kita, kadang kita juga menggunakan suara yang berbeda. Suara kita mendadak punya pitch yang lebih tinggi, dimanja-manjain, atau cenderung dikiyut-kiyutin. Tak perlu khawatir, ternyata kebiasaan yang satu ini tak mengindikasikan bahaya besar. Kita bertingkah demikian lantaran ada panggilan jiwa kalau kita ini adalah figur pengasuh yang pengasih dan penyayang.

#8. Sering Mengenang Banyak Hal

Oke, yang ini mungkin akan sedikit baper buat sebagian orang. 😀

Tapi kita memang kepincut untuk mengenang atau mengundang memori ketika sendirian, ketimbang ketika kita sedang berada di tengah keramaian. Ada momen di mana kita tiba-tiba mengenang masa kecil yang belum mengenal biaya pulsa atau data, teman-teman Paud/ TK yang sudah pada pangling atau menyebar ke mana-mana, sawah-sawah yang sudah menjelma menjadi bangunan permanen, dan kenangan lain yang tak bisa dijabarkan satu persatu.

Semuanya itu menjadi sesuatu yang bittersweet. Mungkin pikiran tersebut hadir karena kita sedang bosan, dirundung rindu, atau sekadar kesepian. Tetapi rasanya kita tak akan lepas dari jerat kenangan masa lalu. Tak apa. Ibaratnya, kita hanya berkunjung saja, jangan sampai mau tinggal di masa lampau. Sebab, kita sudah sedang menetap di masa sekarang.

Well, demikianlah 8 Kebiasaan Di Waktu Sendirian yang Terkesan Aneh Padahal Normal. #RD

2 Comments
  1. artha amalia
    • deeann