Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea

Posted on

Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea

Pembagian Posisi dan Tugas-Tugas Dalam Boyband atau Girlband Korea, bedanya main dan lead, bedanya main vocalist dan lead vocalist, perbedaan main rapper dan lead rapper, sub vocalist adalah
Via: Wowkeren

Para fans musik Korea atau KPOP, khususnya boyband atau girlband mereka, tentu sudah tahu akan adanya posisi dan pembagian tugas dalam sebuah grup.

Umumnya, band atau grup Korea terdiri atas gender yang sama. Jarang ada band yang berjenis kelamin campuran, contohnya seperti K.A.R.D.

Rata-rata boyband atau girlband (selanjutnya kita singkat BG, ya) Korea berjumlah 4-7 member. Namun tak menutup kemungkinan jumlah personilnya semakin banyak, bahkan sampai belasan orang. Meski demikian, pada dasarnya pembagian sebuah grup masihlah sama.

Leader

Siapa itu Leader Boyband atau Girlband (BG)? Apa Tugas-tugasnya?

Mayoritas BG akan menunjuk salah-satu member sebagai leader, pimpinan, atau ketua. Kriteria leader sendiri bermacam-macam. Ada yang diangkat sebagai leader karena dia adalah anggota tertua (contohnya Kim Taeyeon SNSD), usianya pertengahan serta bisa menjembatani semua pihak (contohnya G-Dragon Big Bang), karena memiliki jiwa kepemimpinan, kharismatik, dewasa, paling menonjol, dsb.

Tugas-tugas dari seorang leader Boyband atau Girlband yaitu bertanggung-jawab “menjaga” grup dan para membernya, mewakili grup atau menjadi juru bicara utama, mengambil keputusan akhir setelah proses diskusi, menjadi mediator, memotivasi, dsb.

Boyband atau Girlband Korea Tanpa Leader-nya

Leader menjadi posisi yang cukup vital, namun tidak semua grup menunjuk satu orang untuk mengisinya. Sebut saja Miss A, yang tidak mengkonfirmasi siapa leader official mereka. Demikian juga dengan rekan boyband satu agensi mereka, 2PM. Mantan leader 2PM, Jay Park, sudah keluar. Dan sampai sekarang, tidak ada kejelasan siapa pengganti resminya.

Lalu, bagaimana dengan posisi lainnya? Jom!

Vocalist Boyband atau Girlband


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *