Yang Sering Menangis, Berarti Mentalnya Strong alias Kuat

Posted on

Yang Sering Menangis, Berarti Mentalnya Strong alias Kuat

menangis, menangis dalam kesendirian, menangis potografi, menangis itu strong, menangis itu mentalnya kuat, menangis karena allah, proses menangis, manfaat menangis
Potografer: Bugra Ergil (Bruce)

Menangis itu… selain sehat, juga bagus bagi stabilitas diri dan mental seseorang.

Pernyataan di atas terdapat dalam blog The Hearty Soul. Kalau tidak yakin, ya tidak apa-apa. Tetapi tidak apa-apa juga ya, kalau mereka menyampaikan analisanya. 🙂

Namanya juga para researchers alias peneliti. Mereka selalu kepo, ingin menggali segala sesuatu. Termasuk juga air mata seorang anak manusia. Apakah cairan hangat dari mata itu ada dampaknya terhadap psikologis, sosial, dan neuro-scientific seseorang?

Salah Paham Seputar Tangisan

Pada dasarnya, tak ada larangan bagi siapa pun untuk menangis. Namun terkadang, ada persepsi kalau orang yang mudah menangis aka cry-baby itu cengeng. Menangis itu identik dengan perempuan, kelemahan, kerapuhan, dan ketidakberdayaan. Tak heran kalau lelaki yang menangis pun akan rentan dengan ejekan.

Jika diusut, menangis menjadi salah-satu ungkapan emosi seseorang. Wajar. Istilahnya, menangis menjadi ciri kalau perasaan kita itu “konek” dengan segala sesuatu yang bikin sedih, cemas, takut, kecewa, dan rasa lain yang mengundang air mata. Sehat sekali kalau kita membiarkannya mengalir begitu saja.

Menahan Diri untuk Menangis

Kontras efeknya jika keinginan untuk menangis itu ditahan-tahan. Air mata yang tak diberi kebebasan untuk mengucur serta emosi yang seakan dipenjara, justru akan membuat kerusakan secara psikologis. Semakin lama, semakin parah. Oh, daku juga jadi ingat pesan orang tua dan para guru sewaktu kecil, ‘kalau pipis itu jangan ditahan…’. Bu Susi bilang sih, ‘enggak boleh, enggak sehat’.

Pantas saja kalau kita akan merasa baikan pasca menangis. Biar pun mata jadi sembab, dan hidung jadi tersumbat, tetapi gejolak hati kita perlahan jadi reda. Memang sih menangis tak akan menghidupkan orang yang meninggal, tak akan memecahkan masalah besar yang ada di hadapan, tak akan membuat haters mendadak jadi fans, dsb.

Tetapi, menangis benar-benar memberi efek bagus. Suasana hati perlahan menjadi lapang, stress berkurang, dan mental jadi lebih strong. Sangat membantu terhadap proses untuk merasa lega serta mulai belajar menerima kenyataan yang ada.

Lebih lagi kalau kita menangis sambil bersimpuh dan menyerahkan segalanya terhadap Sang Pencipta.

It’s okay, menangislah… Yang Sering Menangis, Berarti Mentalnya Strong alias Kuat. #RD

2 thoughts on “Yang Sering Menangis, Berarti Mentalnya Strong alias Kuat

  1. kalau aku nangis dibilangnya cengeng, sis.. 😀
    anyway, closing quotenya cakep “Lebih lagi kalau kita menangis sambil bersimpuh dan menyerahkan segalanya terhadap Sang Pencipta.”

    1. Tuh, ‘kan? Tak apa, Brother. Daripada dipendam, bisa jadi penyakit dan bom waktu juga :p

      Hehe… iya tuh kebetulan lagi dapet ilham. Haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 3 =