17 Arti atau Makna Tentang Dewasa

Posted on

17 Arti atau Makna Tentang Dewasa

dewasa adalah, dewasa adalah sikap, pengertian dewasa, pengertian dewasa secara umum, ciri ciri dewasa, pengertian orang dewasa
Via: Medialocate.com

Dewasa itu apa? Kedewasaan itu bagaimana?

Tampaknya pertanyaan ini akan terus bergaung. Mirip dengan pertanyaan orang tentang apa sih arti cinta? atau apa yang dimaksud dengan kebahagiaan?

Well, dunia ini memang penuh dengan pertanyaan, ya. Hehe… ada yang terjawab, banyak juga yang tenggelam tanpa kepastian. Tetapi kalau yang satu sudah terpecahkan, yang lainnya menyusul kemudian.

Ah, baiklah. Berikut ini 17 kemungkinan arti atau makna dari kedewasaan. Jom!

#1. Dewasa adalah… melambaikan tangan pada masa anak-anak dan remaja

Kamu sudah akil baligh, siap untuk menikah dan memiliki keturunan. Segala kebiasaan di masa kecil atau puber mulai terhapuskan. Malu juga kalau masih main-main, ngalay, galau-galauan, dsb.

#2. Dewasa adalah… semakin dikepoin orang

Banyak orang yang sangat penasaran tentang apa kesibukan atau pekerjaanmu, siapa pasanganmu, sejauh mana pencapaianmu, dsb. Beberapa dari mereka hanya ingin tahu, tapi tak benar-benar peduli.

#3. Dewasa adalah… sudah bisa bertanggung-jawab

Kamu sudah bisa menjadi suami/ istri bagi pasanganmu. Kamu sudah bisa menjadi orang tua bagi buah hatimu. Kamu sudah bisa menjadi penanggung-jawab kebutuhan keluarga. Kamu sudah bisa menjadi pengambil keputusan atas kehidupan pribadimu. Kamu sudah bisa menjadi seseorang yang mandiri, tak tergantung orang tua atau wali.

#4. Dewasa adalah… menyadari kalau hidup itu tak selamanya linier atau runut, berurut, dan terletak pada garis lurus

Yang sekolah jurusan keguruan dan pendidikan tak selamanya berakhir menjadi guru, yang pacaran sangat lama tak selamanya berakhir di pelaminan, yang masa lalunya suram tak selamanya berakhir sebagai sampah masyarakat, dsb. Hidup itu penuh kejutan, fleksibel, random atau kadang terlihat serba acak. Kita benar-benar tak berdaya atas skenario hidup, sebab segalanya sudah diatur oleh Tuhan YME.

#5. Dewasa adalah… sering menerapkan pelajaran yang tidak didapat di bangku sekolah

Tak ada mata pelajaran teoritis, keaktivan ekstrakulikuler, ranking kepintaran, dsb. Yang ada adalah menjadi pribadi yang baik, ramah, jujur, dan serba bisa.

#6. Dewasa adalah… konsisten belajar tiga hal utama kehidupan

Kamu belajar untuk mendapatkan sesuatu segigih mungkin, mempertahankannya sebisa mungkin, dan melepaskannya seikhlas mungkin. Terus seperti itu. Semakin lihai, segalanya bisa semakin ringan.

makna dewasa, arti dewasa, definisi dewasa, dewasa adalah sikap, pengertian dewasa menurut psikologi, arti dewasa menurut islam, pengertian dewasa secara umum, ciri ciri dewasa
Via: entrepreneur.com

#7. Dewasa adalah… mengendalikan diri

Kamu berhak untuk marah dan mengekspresikan kekecewaan. Tetapi kamu tertuntut untuk menjaga sikap dan emosi, setidaknya di depan publik. Jangan sampai memicu terjadinya “drama” dan menjadi tontonan orang banyak.

#8. Dewasa adalah… bukan ekspektasi belaka, tetapi sudah realita

Kamu tak lagi hidup dalam mimpi, keindahan fatamorgana, dan kepura-puraan. Dunia dongeng yang serba ajaib berganti dengan kenyataan yang serba blak-blakan. Kamu sudah “bangun”, dan semuanya sudah serba riil atau nyata.

#9. Dewasa adalah… seni bereaksi terhadap baik dan buruknya hidup

Kamu tahu kalau kehidupan tak akan baik-baik saja selamanya. Ada momen di mana kamu terpuruk tidak punya uang, merasa sakit hati karena jadi fitnahan orang, sedih karena targetmu meleset, tersinggung karena ditolak, kehilangan sosok terkasih, dsb. Semuanya kadang datang tanpa disangka. Setiap orang pasti mengalaminya, tetapi masing-masing memiliki cara berbeda untuk meresponsnya.

#10. Dewasa adalah… sangat menghargai waktu

Rasanya tak mau lagi untuk terlambat, untuk tidak mengisi waktu dengan hal-hal bermanfaat, untuk tidak menikmatinya dengan orang-orang tersayang, dan tak mau lagi untuk menyia-nyiakannya begitu saja.

#11. Dewasa adalah… bijak menggunakan media sosial

Kamu mulai merasa malu untuk berdebat atau perang postingan di facebook, twitter, instagram, dsb. Tak mau lagi over-sharing, update lokasi dan aktivitas tiap menit, menjadi korban hoax, dsb. Bagaimana pun, akun-akun lain sedang memerhatikan semuanya dan sebagian mungkin tengah asyik menertawakan. Apa yang seharusnya ditutupi, seringkali justru terbongkar karena keteledoran diri sendiri.

kedewasaan adalah, pengertian kedewasaan secara umum, arti kedewasaan dalam cinta, arti kedewasaan menurut islam, ciri ciri kedewasaan, kata bijak tentang kedewasaan berpikir, kedewasaan seseorang
Via: bukyfeed.com

#12. Dewasa adalah… tidak langsung ngejudge

Kamu tidak lagi melabeli seseorang dengan mudahnya. Kamu tak langsung menyimpulkan tampang, penampilan, atau firasatmu sendiri atas sosok yang baru dikenal atau ditemui. Tetap respect. Kamu juga tak langsung berasumsi yang bukan-bukan atas suatu kesalahpahaman, atau keadaan yang belum dijelaskan. Tak main hakim sendiri.

#13. Dewasa adalah… meminta maaf dan memaafkan

Kamu tak lagi menjadi pribadi yang penuh alibi atau alasan yang dibuat-buat. Kalau salah, kamu berani mengakuinya dan meminta maaf. Kamu juga terus belajar untuk memaklumi kekhilafan yang lain dan memberi maaf.

#14. Dewasa adalah… melindungi dan membimbing yang lebih muda

Kamu tak perlu menjadi ayah atau ibu seorang anak untuk melindungi dan membimbingnya. Jiwamu serasa terpanggil untuk membantu anak-anak yang hendak menyeberang jalan raya, atau untuk menasihati anak-anak yang kedapatan berbuat nakal.

#15. Dewasa adalah… seimbang

Kamu mulai menyadari alasan, kenapa sejak kecil sudah diajarkan segala sesuatu yang bersifat duniawi dan ukhrawi. Tentang ilmu sekolah dan pengajian, serta bagaimana cara menerapkan semuanya dalam kehidupan sehari-hari.

#16. Dewasa adalah… jujur

Kamu tak lagi membohongi hati. Kamu mulai jujur tentang segala hal. Tentang siapa orang yang ingin dijadikan teman hidup, tentang apa profesi yang ingin dijadikan mata pencaharian, tentang tempat tinggal yang ingin dijadikan rumah, tentang apa yang kamu rasakan, apa yang kamu idam-idamkan, apa yang kamu butuhkan, dsb.

Termasuk jujur tentang siapa dirimu sebenarnya, yang ternyata merupakan sosok hamba Tuhan dan makhluk sosial yang saling membutuhkan. Jauh dalam hati kamu mengakui kerapuhan, ketergantungan, kepatuhan, dan ketakutan pada Yang Maha Esa.

#17. Dewasa adalah…

Tiada seorang pun yang bisa menjawabnya dengan benar dan tak terbantahkan. Setiap waktu, selalu saja ada makna baru. 17 Arti atau Makna Tentang Dewasa. #RD

4 thoughts on “17 Arti atau Makna Tentang Dewasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =