13 Kelebihan atau Kekuatan Tersembunyi Dari Seorang Introvert

13 Kelebihan atau Kekuatan Tersembunyi Dari Seorang Introvert

kelebihan introvert, keunikan introvert, introvert cerdas, kekuatan introvert, kelebihan dan kekurangan introvert, saya introvert, memahami introvert, tokoh introvert terkenal, tokoh introvert sukses

Via: thelifehype.com

Introvert itu bisa apa? Kenapa harus bangga?

Ekhem. Jadi pengin berdehem dulu. Postingan ini kayaknya bisa membuat orang-orang introvert jadi sedikit narsis, soalnya. Hehe…

Di dunia yang enggak pernah hening ini, introvert kerap menjadi pihak yang disudutkan. Introvert dianggap sebagai makhluk yang berbeda, tak asyik, kaku, anti sosial, fobia manusia, miskin basa basi, sok misterius, dan diam-diam berbahaya. Banyak orang introvert yang dibikin jengah dengan semua tudingan itu, sehingga mereka begitu galau dan bertekad untuk mengubah kepribadian. Tetapi hasilnya justru semakin membuat mereka menderita.

Well, berpura-pura menjadi orang lain memang melelahkan, ya?

Sekarang-sekarang ini, syukurlah banyak juga introvert yang mulai menerima, dan bahkan bersyukur atas kepribadiannya.

Ada beberapa kelebihan dan kekuatan dalam dari seorang introvert yang patut dibanggakan. Apa saja? Jom!

#1. Tidak Banyak Bicara

Banyak masalah besar yang berasal dari “keseleo lidah” atau keceplosan omongan. Insiden ini kadang sulit dihindari kalau kamu memang hobi berbicara. Beda lagi kalau kamu adalah seorang introvert, yang biasanya irit obrolan. Kata-kata yang dikeluarkan juga biasanya tersaring dulu.

Kebiasaan semacam ini ternyata bisa menjadi berkah tersendiri. Selain cool, kamu juga akan terhindar dari yang namanya bahaya kebocoran rahasia, ngegosip, fitnah, dsb.

#2. Pendengar yang Baik

Orang bisa saja mendengar, tapi tak semuanya bisa menyimak secara seksama. Beda lagi dengan introvert, yang mengerti betul kenapa telinga ada dua, sementara mulut cukup satu saja. Jika memilih, kamu lebih senang mendengar luapan hati orang lain ketimbang dengan kamu sendiri yang meluapkannya pada mereka. Tetapi telingamu tak hanya sekadar mendengar suara. Kamu betul-betul menyimak, mencerna informasi, barulah menawarkan saran yang sebelumnya sudah dipikirkan matang-matang.

#3. Penuh Pertimbangan

Di satu sisi, sikap ini mungkin dinilai ragu-ragu dan lambat. Namun tentu ada keuntungan juga ketika kamu bisa berpikir dahulu sebelum bertindak atau berkata. Setidaknya kamu bisa mengurangi risiko yang tak diharapkan.

#4. Tenang

Salah-satu hal yang sering dicemburui ekstrovert dari introvert adalah sikap tenangmu. Kamu bisa terlihat damai sentosa, padahal hati tengah keruh bergemuruh. Kamu juga bisa mengontrol atau menjaga sikap di tengah situasi panik.

#5. Imajinasi

Bibir introvert bisa saja tak bergerak. Raut mukamu juga datar. Tetapi tak banyak orang yang tahu kalau pikiran dan perasaanmu justru sangat ramai. Kamu seperti memiliki dunia sendiri, yang mungkin aneh menurut orang lain, tetapi sangat asyik menurut dirimu sendiri.

#6. Penyendiri

Keadaan sendirian bisa menjadi bencana kecil bagi ekstrovert. Namun kamu justru melihatnya sebagai anugerah yang patut dirangkul dan disyukuri. Bagaimana pun, kesendirian menjadikan akses dalam dirimu jadi lancar. Ide-ide kreatif pun bisa bermunculan tanpa adanya sesuatu yang bikin gagal fokus.

introvert adalah, hal positif dari introvert, senjata introvert, kelebihan introvert, keunikan introvert, kekuatan introvert, kelebihan dan kekurangan introvert, saya introvert, memahami introvert, tokoh introvert terkenal, tokoh introvert sukses

Via: introvertdear.com

#7. Konsentrasi

Kebanyakan orang introvert bisa membagi-bagi konsentrasi. Kalau memang sedang di tempat kerja, maka prioritas pikiranmu memang tentang pekerjaan. Kelebihan ini juga membuatmu lihai dalam hobi atau profesi yang menuntut konsentrasi seperti penulis, ilmuwan, seniman, dsb.

#8. Perhatian

Kamu memiliki jiwa observasi yang cukup tinggi. Kamu tampak diam dan jutek, padahal tengah memerhatikan keadaan secara seksama. Kamu juga cenderung memberi perhatian tanpa harus memperlihatkan atau menggembar-gemborkannya. Apalagi kalau sama orang-orang yang sangat penting atau berharga.

#9. Pemecah Masalah

Kamu memang tak banyak omong, tapi bukan berarti isi otakmu melompong. Hanya saja, kamu tak menunjukkan atau tak memberitahukan kalau pikiranmu sedang bekerja. Kamu mencari solusi dengan mempertimbangkannya lebih dahulu. Untuk itu, kamu kadang menjadi penampung curhatan orang. Mereka senang berkonsultasi atau meminta nasihatmu, sebab kamu selalu berusaha untuk memecahkan masalah dengan jalan terbaik.

#10. Penuh Persiapan

Kamu kurang suka dengan sesuatu yang spontan atau mengejutkan. Karenanya, kamu akan kebingungan jika ditodong pertanyaan penting yang mendadak. Kamu juga akan kurang nyaman jika dikunjungi tanpa pemberitahuan, atau diminta ketemuan tanpa perjanjian. Bagimu, persiapan dulu akan lebih baik, sebab kamu akan lebih siap dan percaya diri.

#11. Berpeluang Menjadi Penulis Andal

Poin ini tentu menjadi kabar baik bagi kamu yang suka menulis. Sifat bawaanmu memang sulit mengekspresikan kata-kata dengan berbicara. Kamu lebih nyaman texting atau chatting ketimbang dengan teleponan. Bagaimana pun ketika menulis, kamu merasa lebih bebas untuk menuangkan ide atau isi hati. Selain itu, kamu juga jadi punya waktu untuk mengira-ngira dulu sebelum dibagikan ke pembaca. Tulisan yang keliru masih bisa kamu edit. Tetapi omongan yang keceplosan seringkali sulit diluruskan.

#12. Pikirannya Kreatif

Dua psikolog bernama Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist pernah melakukan penelitian. Hasilnya, mayoritas orang kreatif di berbagai bidang ternyata memiliki kepribadian introvert. Mereka tetap menjadi sosok yang menghargai suasana senyap di tengah dunia yang ramai ini. Tetapi dalam situasi tersebut, mereka justeru bisa melahirkan ide, karya, atau penemuan yang keren. Beberapa tokoh introvert kreatif yang sangat terkenal adalah Bill Gates (pendiri Microsoft), Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Steve Wozniak (co-founder Apple), dsb.

#13. Partner yang Baik

Hatimu tak terbuka lebar untuk semua orang. Bahkan mungkin kamu juga membangun tembok agar hatimu tak gampang dikuasai. Kamu sangat selektif untuk memilih siapa saja yang bisa mengunjungi bagian dalam hatimu sendiri.

Temanmu boleh jadi sangat banyak, tetapi sahabatmu pasti hanya sedikit. Kamu menyaring mereka. Ketika kamu menganggap mereka sebagai orang yang cocok atau bisa dipercaya, kamu akan sangat menjunjung hubungan tersebut. Nah, menjadi sahabat atau mungkin pasangan yang baik tentu menjadi kelebihan yang keren, bukan?

Jadi benarkah semua list ini? Karena isinya tentang kebaikan, keunggulan, kelebihan, dan kekuatan introvert, ya kita aamiin-kan saja. 13 Kelebihan atau Kekuatan Tersembunyi Dari Seorang Introvert. #RD ^_^