Review Lagu “Believer” – Imagine Dragon

Posted on

Review Lagu “Believer” – Imagine Dragon

lagu imagine dragons, lagu imagine dragons terbaru, lagu imagine dragons terbaik, lagu imagine dragons yang memotivasi, lirik dan terjemahan lagu imagine dragons, lirik dan terjemahan lagu believer imagine dragons
Via: ehrmedijugrupa.lv

Entah kenapa, lagu ini bikin daku pengin meninju seseorang, khususnya yang sudah bikin jengkel, kecewa, sakit hati, marah, atau juga enggak waras. Gemes.

Dari awal, emosi ini memang sudah langsung diaduk. Cocok sekali kalau kita mendengarkan dan menyanyikan lagu ini dalam keadaan emosional. Rasanya itu seperti terlampiaskan. Hehe…

Well, lagu yang mengingatkanku akan Sucker for Pain ini menjadi salah-satu karya favorit dari Imagine Dragons. Lebih lagi kalau kita menilik makna lagunya, yang menurutku amat sangat dalem dan powerful. Lagu ini seolah menceritakan pada pendengarnya, bagaimana pengalaman rasa sakit yang menyiksa justru bisa menjadi sumber kekuatan ekstra.

Ah, langsung saja. Kita bahas lirik, terjemahannya, dan maknanya, kuy?! Jom!

[Verse 1]

verse 1 believer imagine dragon, review lagu imagine dragons, makna lagu imagine dragons, arti lagu imagine dragons, terjemahan lagu imagine dragons, believer imagine dragons, kata-kata lagu barat, quotes lagu barat, quotes lagu imagine dragon,

Dari awal lirik, kita sudah diberitahu kalau isi lagunya akan berbentuk daftar. Ada yang pertama, lalu kedua, lalu ketiganya, dan sampai pada yang terakhir. Nah di bagian verse 1 ini, Dan Reynolds Cs mengatakan kalau dia akan menumpahkan isi kepalanya lewat lagu ini. Dia mengaku lelah atas semua hal yang sudah berlaku atau berjalan.

Hal keduanya, dia memperingatkan pada siapa pun untuk tidak mendikte seseorang. Sebab seseorang itulah yang menjalani kehidupannya sendiri, bukan kita. Tak perlu memaksa si a untuk menyukai musik aliran tertentu, tak perlu memaksa si b untuk menjadi anu, tak memaksa si c untuk menikahi si anu, dsb.

[Pre Chorus]

pre chorus believer imagine dragon, review lagu imagine dragons, makna lagu imagine dragons, arti lagu imagine dragons, terjemahan lagu imagine dragons, believer imagine dragons, kata-kata lagu barat, quotes lagu barat, quotes lagu imagine dragon,

Dalam bagian yang menuju chorus ini, Reynolds menceritakan kalau dia merupakan lelaki yang “sudah berantakan” sejak usia muda. Dia pun sudah tahu keterbatasan dan perjuangannya. Dia tumpahkan semua itu dalam beberapa puisi yang memberi pengaruh besar pada jiwanya.

Puisi itu jadi lirik lagu yang kerap ia nyanyikan. Isi liriknya merupakan pesan dari perasaan dicampur logika. Isi liriknya memang penuh rasa sakit. Tapi kalau sudah menjadi karya, lirik tersebut justru menjadi sesuatu yang indah. Ya, rasa sakit yang kita derita memang memiliki hikmah dan sisi baiknya.

[Chorus]

chorus believer imagine dragon, review lagu imagine dragons, makna lagu imagine dragons, arti lagu imagine dragons, terjemahan lagu imagine dragons, believer imagine dragons, kata-kata lagu barat, quotes lagu barat, quotes lagu imagine dragon,

Ini dia gong dari lagunya! Tentang efek atau pengaruh kuat dari rasa sakit. Rasa sakit ini tak serta merta menggiring kita untuk patah harapan. Rasa ini tak hanya bikin kita tersiksa dan terpuruk, tetapi juga memotivasi kita untuk bangkit dan melawan.

Sensasi sakit juga yang menempa kita menjadi orang yang percaya atau yakin.

Yakin sama apa atau siapa?

Imagine Dragons tidak menyebutkannya secara rinci. Semua tergantung pendengar. Mungkin maksudnya yakin pada harapan, yakin pada ikhtiar maksimal, yakin pada kekuatan dalam diri, atau juga yakin (beriman) pada Tuhan YME.

Sensasi rasa sakit bisa berbentuk fisik, emosional, atau kejiwaan. Asal rasa itu beragam. Ada yang sakit karena ditampar, ditendang, ditolak, dilecehkan, diejek, karena rencana tak sesuai harapan, dan alasan lainnya. Semua penyebab rasa sakit kadang datang tak terbendung. Bertubi-tubi. Tetapi merekalah yang sudah berperan menjadikan kita seperti sekarang. Kita menjadi pribadi yang tangguh, tegar, enggak cengeng, lebih kreatif, dan terus termotivasi atau tertantang untuk menjadi lebih baik.

[Verse 2]

verse 2 believer imagine dragon, review lagu imagine dragons, makna lagu imagine dragons, arti lagu imagine dragons, terjemahan lagu imagine dragons, believer imagine dragons, kata-kata lagu barat, quotes lagu barat, quotes lagu imagine dragon,

Di bagian Verse 2 ini, daku rasa sudah jelas kalau poin ketiga yang Reynolds maksud adalah Tuhan YME yang diyakini. Rasa sakit bisa diringankan oleh doa dan sikap berserah diri kita pada Tuhan YME. Awalnya rasa sakit memang membuat kita kecewa dan penuh kebencian, bahkan pada Tuhan YME. Namun lama-lama, rasa sakit itu mendidik kita untuk berjiwa seperti merpati. Maksudnya, kita jadi pribadi yang lembut, cinta damai, pemaaf, penyayang, dan penuh kasih.

[Pre-Chorus 2]

pre chorus 2 believer imagine dragon, review lagu imagine dragons, makna lagu imagine dragons, arti lagu imagine dragons, terjemahan lagu imagine dragons, believer imagine dragons, kata-kata lagu barat, quotes lagu barat, quotes lagu imagine dragon,

Reynolds menggambarkan dirinya sebagai seseorang yang tercekik di tengah keramaian. Bisa jadi, dia seperti tertekan atau tak bebas di lingkungannya sendiri. Hal tersebut sangat menguji kewarasannya. Pikirannya seperti terbang menuju awan. Pikirannya juga seperti jatuh tersungkur ke dalam tanah.

Sebagai manusia biasa, ia berharap agar perasaan menyiksa itu bisa sirna. Namun nyatanya tidak. Ia tak bisa bebas sebebas-bebasnya. Ia hanya manusia biasa. Masih ada batasnya. Masih ada penghalangnya. Semua itu mendatangkan rasa sakit, khususnya secara emosional, yang amat sangat. Tetapi karena sensasi sakit itulah, kita jadi memeroleh pelajaran yang sangat berharga.

[Chorus]

[Bridge]

bridge believer imagine dragon, review lagu imagine dragons, makna lagu imagine dragons, arti lagu imagine dragons, terjemahan lagu imagine dragons, believer imagine dragons, kata-kata lagu barat, quotes lagu barat, quotes lagu imagine dragon,

[Chorus]

Poin terakhir yang disampaikan oleh Reynolds adalah… sesuatu di belakang kita yang membuat kita tetap strong dan bertahan. “You” di sini bisa ambigu. Maknanya bisa berbeda-beda.

Mungkin si a menganggap kalau sumber kekuatannya adalah pasangannya sendiri, si b yang seorang musisi menganggap kalau fans adalah pembakar semangatnya, atau mungkin si c lebih memilih menyerahkan hidup dan matinya pada Yang Maha Esa. Dialah Dzat yang ada dalam nadi, tetap mendetakkan kehidupan, dan terus mengalirkan kekuatan. Sesakit apa pun rasa nyeri yang kita alami.

~~~

All in all, kita bisa menilai bagaimana kualitas karya ini. Benar-benar tidak asal cipta.

Lagu ini membuat pandangan kita pada rasa sakit menjadi sedikit berbeda. Dulu, rasa sakit bisa menjadi sumber kelemahan yang membuat kita ciut dan menyerah. Kita pun jadi pecundang. Tetapi lagu ini mengingatkan kalau rasa sakit yang dihadapi dengan syukur dan sabar justru bisa dikelola menjadi pelajaran berharga, dan bahkan pemacu semangat yang semakin menaikkan level kita.

Para netizen sih berkelakar kalau lagu ini bisa bikin cacing jadi naga, komodo jadi godzila, kucing jadi singa, dan manusia biasa jadi manusia super. Hehe… demikian, Review Lagu “Believer” – Imagine Dragon. #RD

One thought on “Review Lagu “Believer” – Imagine Dragon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + nineteen =