12 Quote Manis Ketika Mencari Ide atau Inspirasi Menulis

Posted on

12 Quote Manis Ketika Mencari Ide atau Inspirasi Menulis

mencari inspirasi menulis, ide menulis, quote motivasi penulis terkenal, quote inspiratif penulis dunia, quote manis penulis, quote tentang menulis
Image: missmelissawrites.com

Ekspektasinya sih kita bisa produktif menulis setiap hari. Pokoknya begitu ada ide, kita langsung mengeksekusinya dengan lancar. Sampai selesai.

Tetapi realitanya bisa langsung dirasakan begitu duduk menghadap pulpen dan kertas, atau netbook. Kita hanya memandang, merengut, menggenggam alat tulis, atau sekadar menyentuh keyboard. Tetapi beberapa menit kemudian, hasilnya tetap nihil.

Fenomena seperti memang sering terjadi. Ada yang tak peduli dan terus gigih menulis, banyak juga yang langsung down dan mengakui betapa menulis itu tidak semudah yang dibayangkan. Itu masih mending, kalau sampai menyerah, maka impian untuk memiliki karya tentu tak akan pernah jadi nyata.

Kebetulan sekali daku menemukan bahasan menarik dalam Writetodone.com. Salah-satu penulisnya, Mary Jaksch, membeberkan quote atau kata-kata dari penulis dunia yang bisa menjadi bahan menulis kita.

Apa saja? Jom!

1. Toni Morrison:

Kalau ada buku yang pengin banget kamu baca, tetapi bukunya belum ditulis siapa pun, maka kamulah yang harus menulis buku tersebut.

2. Neil Gaiman:

Satu hal yang hanya kamu punya dan orang lain tidak adalah… kamu sendiri. Ya suaramu, ceritamu, pikiranmu, dan pandanganmu. Jadi tulislah dan lukislah dan mainkanlah dan kembangkanlah dan menarilah dan hidupnya seolah-olah hanya kamu saja yang bisa melakukan semua itu.

3. Emile M. Cioran:

Tulislah buku seakan-akan kamu mau bilang sesuatu sama orang-orang, tetapi sesuatu itu tak pernah sanggup diungkapkan langsung di depan muka mereka.

4. Dolly Parton:

Daku menulis hal-hal yang telah dilalui.

5. Larry David:

Kamu menulis tentang apa yang kamu tahu.

6. James Maynard Keenan:

Dan kalau kamu enggak hidup, kamu enggak punya apa-apa untuk dituliskan.

7. Joseph Joubert:

Jangan pernah menulis sesuatu yang enggak kamu senangi. Emosi itu mengalir dengan mudah dari penulis ke pembacanya.

8. H. Lawrence:

Daku sudah menulis ketika merasa dengki atau iri hati. Rasanya seperti bersin yang melegakan.

9. Ray Bradbury:

Cinta. Jatuh cinta dan tetaplah dalam keadaan cinta. Tulislah segala sesuatu yang kamu cintai, dan cintai apa yang kamu tulis. Kata kuncinya adalah cinta. Kamu harus bangun pagi, dan menulis sesuatu yang kamu cinta, sesuatu yang menjadi alasan hidupmu.

10. Rebecca West:

Daku menulis buku untuk menemukan sesuatu.

11. Joan Didion:

Secara keseluruhan, daku menulis untuk menemukan apa yang sedang daku pikirkan, apa yang sedang daku cari, apa yang daku pahami, dan apa makna di balik semua. Apa yang daku inginkan dan apa yang daku takutkan.

12. Sylvia Plath:

Dan ngomong-ngomong, segala sesuatu dalam hidup ini memang layak dan bisa ditulis, asal kamu punya keberanian untuk melakukannya serta punya imajinasi untuk berimprovisasi.

~

Jadi, bagaimana dengan hari ini? Apa yang hendak kita tulis? Hmm… 12 Quote Manis Ketika Mencari Ide atau Inspirasi Menulis. #RD


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *