5 Kesalahan Utama atau Dosa Tak Terasa Dari Seorang Introvert

Posted on

5 Kesalahan Utama atau Dosa Tak Terasa Dari Seorang Introvert

kesalahan introvert, apa salahnya menjadi introvert, tipe introvert, kelebihan introvert, kekurangan introvert
Potografer: Alexandra Sophie

Apa kamu malu menjadi seorang introvert? Atau, kamu justru merasa bangga?

Hmm… sebenarnya, introvert bukanlah kepribadian yang menjadi aib atau malah kebanggaan seseorang. Introvert ya introvert, sama seperti kepribadian lainnya, yang punya sisi baik sekaligus buruk juga. Tugas kamu bukan untuk merasa minder atau untuk membangga-banggakan, melainkan untuk menerima dan mensyukurinya.

Sayang, introvert seringkali “bersikap nakal”. Mentang-mentang introvert, kamu jadi berkoar-koar agar ditinggal sendiri,  agar tak diprotes kalau tidak bersosialisasi, agar dipahami kalau tak menampilkan diri, agar dimaklumi kalau lebih suka yang sepi-sepi, dsb.

Lalu, di sisi mana yang bisa dibanggakannya?

Kalau orang-orang sekitar sudah menjudge-mu sebagai sosok yang anti sosial, egois, aneh, pemalu, pendiam, super kaku, dan enggak asyik, baru deh kamu protes.

Nah berikut ini 5 kesalahan utama atau dosa tak terasa yang sering dilakukan oleh seorang introvert seperti yang dilansir dari psychologytoday.com. Jom!

#1. Diam Di Rumah Terus

introvert, introvert paradise, surga introvert, introvert diam d rumah, introvert anak rumahan
By: Slothilda

Bukan, bukannya buruk kalau kamu hanya ingin diam di rumah. Tak ada yang salah jika kamu tak suka dengan keramaian, majelis taklim, seminar, kemping, kondangan, pesta, karaokean, reunian, dll. Apalagi kalau semua itu “bukan kamu banget”. Misalnya karena orang-orangnya begitu asing, acaranya membosankan (menurutmu), terlalu berisik, berseberangan dengan prinsipmu, dsb.

Tetapi tak ada salahnya untuk mencoba “ke luar kandang”. Kamu butuh udara luar, pergaulan, dan hal-hal yang bisa mengalihkan beban pikiran. Siapa tahu acaranya memang berkesan dan menghibur. Kalau memang tak sesuai dengan ekspektasi, kamu bisa menjadi penonton saja atau bahkan pulang duluan.

Tak semua acara di luar rumah akan asyik, tapi tak menutup kemungkinan ada yang menarik.

Sesekali, pergilah ke luar rumah dan lakukanlah apa yang menurutmu asyik bersama “orang-orangmu”. Entah itu pergi ke musium, ke perpustakaan umum, berwisata kuliner, makan di luar, jogging, atau apa pun itu. Isi acara di luar rumah kita TAK WAJIB SAMA dengan orang lain. Dan bisa dirasakan sendiri, keadaan menjadi lebih baikan.

#2. Mengubur Suara Sendiri

introvert pemalu, introvert sembunyi, gif introvert lucu, introvert lucu
By: Kiba for Hokage via Tumblr

Salah-satu keistimewaan introvert itu yakni dengan menyelesaikan pekerjaan tanpa banyak bicara. Namun kurang keren juga jika kamu terus-terusan diam ketika ingin menyumbang ide, atau menyampaikan pandangan. Padahal siapa tahu, gagasan itu memang keren atau cocok. Tetapi diterima atau tidaknya, bukan jadi persoalan utama.

Jika kamu kesulitan untuk menyampaikannya di depan khalayak, masih ada cara lain yang bisa ditempuh. Kamu bisa sharing pada temanmu dulu, langsung berbicara dengan pimpinan, atau kalau perlu dengan menuliskannya. Yang jelas, sangat disayangkan kalau opini terbaikmu justru membisu.

#3. Anti Basa Basi

introvert tidak suka basa-basi, benci basa-basi, introvert pemalu, introvert tidak banyak bicara, gif introvert lucu, introvert lucu
Via: gurl.com

Chit-chat, small talk, atau basa-basi menjadi salah-satu skill sulit bagi seorang introvert. Tetapi kalau ditelusuri, basa-basi memang memiliki manfaat tersendiri. Basa-basi menjadi pembukaan bagi obrolan atau hubungan, yang siapa tahu akan begitu dalam. Ibaratnya, basa-basi menjadi upaya untuk “mempelajari kolam obrolan” yang hendak kita selami.

Jarang ada perbincangan atau hubungan yang langsung serius dan to the point, khususnya dengan orang-orang baru. Kebanyakan memerlukan tahap basa-basi. Jika terus-terusan membenci basa-basi, kemungkinan kamu akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjadi obrolan atau hubungan yang lebih solid dengan seseorang. Karena itu, tak ada salahnya untuk belajar berbasa-basi.

#4. Selalu Menganggap Kalau Semua Kesepian atau Kesunyian itu Bagus

introvert sendirian, introvert kesepian, kesepian di tengah keramaian, sendirian di tengah keramaian, gif sendirian, gif introvert
Via: carbonated.tv

Introvert memang identik dengan seseorang yang mengagungkan suasana sepi nan senyap. Tetapi jangan lupa kalau introvert juga manusia, yang membutuhkan manusia lainnya. Kamu tak bisa menggunakan alibi sebagai introvert untuk terus-terusan menyendiri, enggan bertemu cahaya matahari, atau anti berinteraksi.

Menurut penulis Count Me In, Emily White, cara termudah untuk menangani siksaan rasa sepi yakni dengan menyendiri. Ya, itu lebih baik ketimbang kamu harus berjuang menghadapi rasa sepi di tengah keramaian. Tetapi, merasa tak apa-apa ketika sendirian bukan berarti kalau kamu sudah “kebal” akan kesepian.

Bahaya juga ketika kamu berpura-pura kalau semua kesendirian dan kesepian adalah keadaan terbaik. Kamu jadi merasa tak butuh eksistensi orang lain. Kamu juga cenderung menjadi sosok yang kurang bersahabat. Padahal sebagai manusia, kamu butuh koneksi dan interaksi dengan sesama.

#5. Mensugesti Diri Sendiri Kalau Kamu Memang Kaku

introvert kaku, introvert kikuk, komunikasi introvert, introvert awkward moment, gif introvert, introvert serba salah
Via: theconfusedmillenial.com

Bukan hal aneh kalau introvert mengaku sebagai figur yang malu-malu ketika bertemu orang baru, payah dalam urusan sosialisasi, frustasi ketika harus berbasa-basi, dll. Mengakui semua kelemahan itu memang baik, tapi jangan sampai menjadi sugesti yang terlalu diyakini. Tak perlu terlalu langsung menyimpulkan kalau kamu tak sama dengan yang lainnya.

Banyak orang yang bisa bercengkerama dengan smooth-nya, mencuri perhatian orang banyak dengan mudahnya, atau langsung akrab dengan orang asing. Sementara kamu lebih memilih untuk berbincang dengan orang yang dikenal saja, duduk di spot yang terpencil saja, bekerja di belakang layar saja, dll.

Di luar semua itu, yakinlah bahwa introvert – ambivert – ekstrovert pasti tak langsung memiliki rasa percaya diri yang tinggi di tengah-tengah suasana atau lingkungan baru. Pasti ada kehati-hatian atau rasa minder dulu. Wajar saja. Tetapi nikmatilah sensasi itu, belajar untuk beradaptasi dengan baik. 5 Kesalahan Utama atau Dosa Tak Terasa Dari Seorang Introvert. #RD


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *