8 Pelajaran Berharga Dari Kematian Para Selebritis atau Orang Terkenal

Posted on

8 Pelajaran Berharga Dari Kematian Para Selebritis atau Orang Terkenal

Artis meninggal, pelajaran berharga dari kematian, artis muda meninggal, artis meninggal kecelakaan, jupe meninggal, julia perez meninggal
Via: chobirdokan.com

#RIPJupe

Demikian salah-satu trending topic pada 10 Juni 2017. Hashtag ini bahkan menggeser TT lain yang sempat mencuat, yakni #SelamatHariMediaSosial. Meski publik tahu kalau mendiang Jupe memang tengah didera penyakit, namun tetap saja berita duka ini mengejutkan kita.

Well, kematian memang selalu menyedihkan dan tragis. Lebih lagi kalau yang meninggal adalah selebritis atau sosok populer. Entah itu dari kalangan penyanyi, pelawak, ustadz, pejabat, dsb. Beritanya pasti mengundang perhatian, termasuk juga para warga internet atau netizen.

Mereka dikenal banyak orang. Mereka memiliki banyak fans, dan mungkin juga haters. Dan otomatis, banyak pihak yang merasa kehilangan…

Setidaknya ada beberapa pesan atau pelajaran yang bisa kita petik. Jom!

#1. Kematian Tidak Pandang Bulu

Kematian tak peduli latar belakang seseorang. Orang awam, konglomerat, habib, ilmuwan, pengusaha, dsb, suatu saat pasti akan didatangi kematian. Dia tak bisa disuap, dirayu, atau dinegosiasi. Tak ada yang bisa mempercepat, tak ada juga yang bisa menunda-nunda.

#2. Jangan Sepelekan Waktu

Kita bisa dengan mudah mengucapkan, ‘nanti saja, masih ada hari esok’. Padahal kita tak tahu pasti, apakah ‘hari esok’ itu akan dijumpai. Bukan tidak mungkin, kalau beberapa detik kemudian kita sudah berpulang.

Hanya karena kita masih muda, berenergi, sedang naik daun, punya bodyguard, dan memiliki passion tinggi, bukan berarti kita akan berumur panjang. Banyak selebritis muda dan tengah di puncak karier, yang kemudian meninggal mendadak. Mereka juga tak kebal kematian. Karena itu, alangkah baiknya untuk selalu mengapresiasi kehidupan.

#3. Jangan Sepelekan Seseorang

Karena yang meninggal adalah selebritis dalam atau luar negeri, kita langsung bereaksi. Meski tidak kenal secara pribadi, bahkan tidak pernah bertemu sama-sekali, tetapi kita bersedia merangkai doa dan memostingnya di media sosial. Hal ini tentu sangat bagus. Tetapi jangan sampai, kita justru tidak peka dengan kematian orang-orang terdekat yang ada di lingkungan sendiri.

#4. Temukan Mimpi dan Berusaha untuk Mewujudkannya

Jupe meninggal setelah berhasil berkarya, menghibur masyarakat, menjadi inspirasi bagi para penderita kanker, dan melakukan apa yang dia cintai. Setidaknya dia sudah berupaya yang terbaik dalam keadaan yang terburuk. Karena itu, banyak yang mengenang dan merasa kehilangan.

Sementara kita yang masih hidup dan dalam keadaan bugar, mestinya lebih terpacu lagi. Perjuangkan saja dulu apa yang diidamkan, lalu serahkan kemudian hanya pada Tuhan YME. Sebab, hanya sekaranglah kesempatan itu.

kata kata kematian, kata kata kematian menyentuh hati, kata kata kematianku, kata kata renungan, artis meninggal, pelajaran berharga dari kematian, artis muda meninggal, artis meninggal kecelakaan, jupe meninggal, julia perez meninggal
Via: tamsueva com

#5. Antara Sepi dan Sendiri

Pada akhirnya, semua orang harus belajar untuk menghadapi semuanya (khususnya kematian)… sendirian. Para selebritis boleh saja dikerumuni banyak orang. Mereka tak pernah sendirian. Kadang ditengok oleh sesama seleb, oleh penggemar, pejabat publik, wartawan, dsb.

Tetapi kita tak pernah tahu, betapa sepi hatinya. Kita tak pernah tahu, kalau dia sedang berjuang untuk menjadi “sahabat” bagi dirinya sendiri. Sebab di saat kematian itu datang, dia tak bisa membawa apa pun pencapaiannya sebagai teman,… kecuali amal.

#6. Kita Semua Berpengaruh Bagi yang Lainnya

Para selebritis datang dan pergi. Mereka menjalankan profesi, tampil maksimal, dan mendapatkan imbalan. Mereka mungkin tak tahu, kalau eksistensi dan karyanya bisa membawa dampak bagi orang banyak.

Demikian juga dengan kita dan aneka peran yang dijalankan. Mungkin ada yang anteng-anteng saja sekolah, bekerja pagi sampai sore, berdagang, menulis, dsb. Tanpa sadar, kita pun tengah diawasi dunia. Kita juga bisa memiliki dampak atau pengaruh pada sekitar.

#7. Tak Perlu Menunggu Tua untuk Berbuat Baik atau Menjadi Panutan

Kita tak harus berusia matang atau senja untuk meninggalkan jejak positif di dunia. Meski masih muda dan sehat, seyogyanya tak perlu gengsi untuk berbuat dan menjadi contoh yang baik. Kalau memang meninggal duluan, setidaknya ada catatan kebaikan yang bisa dikenang.

#8. Merasa Takut Akan Kematian adalah Hal Wajar

Satu per satu dari kita dipanggil pulang. Kita takut meninggal, kita juga takut ditinggalkan. Tak perlu mengelak dari rasa takut. Namun rasa ini memang bisa memberi efek berbeda. Karena takut, ada yang merasa stress dan terbebani. Ada juga yang belajar menerima ketentuan dan termotivasi untuk mengisi kehidupan agar berakhir dengan kebaikan.

Sesungguhnya kita semua adalah milik Allah Swt, dan hanya kepada-Nya juga kita semua akan kembali. Semoga Allah Swt mengampuni, memberi rahmat, memberi kesejahteraan, dan mengasihi saudara/i kita yang sudah tiada di dunia. Aamiin… 8 Pelajaran Berharga Dari Wafatnya Para Selebritis atau Orang Terkenal. #RD


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *