Pengaduan Speedy Indihome Telkom; Koneksi Labil Bikin Pusing

Posted on

Pengaduan Speedy Indihome Telkom; Koneksi Labil Bikin Pusing

speedy telkom, keluhan speedy telkom, keluhan pelayanan telkom speedy, keluhan terhadap telkom speedy, call center speedy dari hp, nomor telepon customer service telkom, pengaduan telkom selain 147, telkom care, twitter telkom care
Image: andesproperty.com

Apalah arti dari koneksi kencang, kalau hanya bersifat sementara? Gregetan…

~

Daku sudah menikmati layanan Telkom Indihome selama 2 tahunan. Selama itu juga, rumahku sudah cukup sering dikunjungi oleh para teknisi. Alasannya macam-macam, tetapi intinya sih tentang jaringan internetnya yang lelet.

Puncaknya terjadi pada Mei 2017 lalu…

Ceritanya daku pergi ke luar kota selama 2 mingguan. Pada 09 Mei 2017, adikku melaporkan kalau wifi di rumah gangguan. Karena jauh, daku tak bisa menyimpulkan apa yang salah. Daku hanya bisa memberi saran untuk memeriksa semua kabel, lalu melakukan off/on modem.

Singkatnya ketika daku pulang pada 22 Mei 2017, keadaan koneksi wifi memang jadi lain. Mau BBM-an saja, leletnya minta ampun! Pantas saja adikku lebih memilih mengaktifkan mobile data, ketimbang dengan wifi rumah.

Daku cek, statusnya memang connected, namun memang tak bisa dipakai internetan. Dalam Network and Sharing Center, angka di Activity Sent & Received-nya kecil. Daku coba cari kemungkinan penyebabnya via Troubleshooting, tapi tak ada. Lalu, daku juga mengotak-atik IP Address atau DNS-nya. Tetap saja, koneksi internetnya bikin diri ini jadi emosian.

Pengaduan Gangguan Speedy Online

screenshoot twitter, screenshoot gangguan speedy telkom, speedy telkom, keluhan speedy telkom, keluhan pelayanan telkom speedy, pengaduan telkom selain 147, twitter speedy telkom, twitter telkom care

Untuk mengadukan layanan internet, pihak Telkom menyediakan Call Center 147. Tetapi daku lebih memilih akun twitter mereka, @ TelkomCare, yang responsnya terbilang sangat sigap. Tinggal mention atau kirim DM, dan berbagai nama admin siap melayanimu.

Kecewa Pelayanan Teknisi Telkom

screenshoot twitter, customer service telkom, teknisi speedy telkom, screenshoot gangguan speedy telkom, speedy telkom, keluhan speedy telkom, keluhan pelayanan telkom speedy, pengaduan telkom selain 147, twitter speedy telkom, twitter telkom care

Yang menampung keluhan sudah oke, eh daku harus menelan kekecewaan karena teknisinya. Mereka ada dua orang. Yang satu lebih banyak diam/ tidak banyak komentar, kalau yang satunya lagi seperti menjadi juru bicaranya. Daku sempat mengerutkan dahi, sebab mereka bukan teknisi yang biasa datang ke rumah.

Mungkin mereka pegawai baru, atau memang baru ditugaskan di daerahku. Entahlah~

Sehari pasca curhat via Twitter, keren! teknisinya langsung datang (23 Mei 2017). Mereka nampak membenarkan kabel di atas/ genting. Daku tak tahu pasti, yang penting jaringannya normal kembali.

Mereka kemudian mengotak-atik komputer. Salah-satu diantaranya membuka situs Youtube dan memainkan sebuah video. Awalnya jalan, lalu sesuai dugaan, videonya stuck. Lalot aka lambat loading aka buffering. Bikin pusing.

Daku buka situs lain, tetapi responsnya tetap sama. Hal yang wajar kalau daku mempertanyakan hal itu, tetapi jawabannya lucu-lucu.

“Tab yang terbukanya banyak. Ibarat motor cc rendah, tapi dipaksa kerja berlebih,” begitu katanya.

Daku pun menutup tabs-nya, dan hanya menyediakan Youtube saja. Di satu sisi, daku sedih karena performanya sangat jelek. Tetapi di sisi lain, daku puas karena sudah membuktikan kalau inti permasalahannya bukan terletak pada jumlah tabs yang terbuka. -_-

“Kami hanya menyediakan koneksi, tetapi kecepatannya bisa jadi dipengaruhi situsnya juga. Bisa jadi video ini (Youtube) sedang banyak yang nonton, atau mungkin situs Twitter-nya sedang sibuk,” alibi mereka.

Waktu itu, daku telan saja omongan mereka, lalu mempersilakan mereka untuk menyantap kopi dan cemilan. Tetapi sambil santai, daku cek via HP juga. Koneksinya masih sama. Kalau kata anak muda zaman sekarang mah… zonk!

“Mungkin HP-nya aja kali, Teh,” timpal teknisinya.

Daku kemudian “menantang” HP kedua teknisi itu. Setelah daku beritahu nama wifi dan passwordnya, lagi-lagi bisa diduga, HP mereka juga sama lemotnya.

“Kalau gitu, ganti paket saja, Teh.”

“Saya bukan pelanggan baru, A. Biasanya enggak ada masalah. Tapi yang sekarang ini yang paling parah…”

Daku tahu mereka capek dan sudah berusaha. Jadi sebagai apresiasinya, daku kasih sedikit uang juga. Harapannya sih biar mereka memandang keluha ini sebagai masalah super serius, sebab tempo gangguannya sudah hampir 3 pekan.

Tetapi mereka seperti buru-buru ingin pulang. Daku sempat menahan dengan terus mengeluhkan keadaan jaringan yang gitu-gitu aja juga, mereka malah pamit dan segera mencomot helm masing-masing. So mean!

Pengaduan Gangguan Speedy Online Via DM Twitter

screenshoot twitter, screenshoot dm twitter, teknisi speedy telkom, kecewa pada pelayanan teknisi telkom speedy, pengaduan telkom selain 147, twitter speedy telkom, twitter telkom care

Daku sudah terlanjur sebal, sehingga mulai tergoda untuk marah-marah sambil ngemention akun Twitter Telkom Care. Kami pun mulai lanjut konsultasi direct message yang lebih privat. Apalagi daku diminta screenshoot titik koordinat lokasi.

Pada 25 Mei 2017, dua teknisi yang sama datang lagi. Jujur saja, kesan pertama mereka cukup buruk di mata. Jadinya daku cuma bisa pasrah, dan berharap kalau kinerjanya membuahkan hasil. Mereka nampak mengganti kabelnya dengan kabel fiber.

Daku baru tahu ketika mereka pulang, pemasangan kabelnya ternyata berantakan. Mohon maaf, daku sempat mengeluh juga soal hal ini, sebab kabelnya menjuntai seperti jemuran.

Lalu, mereka juga mengganti modemnya. Mereka sendiri yang mengatakan kalau modem itu memang modem bekas. Daku apresiasi kejujurannya, dan bilang kalau yang terpenting itu jaringannya bisa kembali normal.

“Kok masih belum bisa?”

“Sabar, Teh, prosesnya memang lama,” Sang teknisi menunjukkan modemnya, “Coba cek 12 jam-an lagi. Sekarang ‘kan baru 4 lampu indikator yang menyala (Power, PON,  LAN3, dan WLAN). Nanti kalau sudah kelimanya menyala (ditambah lampu Tel1), internetnya bisa langsung konek.”

Ok, fix!

6 x 12 jam kemudian…

screenshoot twitter telkom care, screenshoot dm twitter, teknisi speedy telkom, kecewa pada pelayanan teknisi telkom speedy, pengaduan telkom selain 147, twitter speedy telkom, twitter telkom care

12 jam apaan?

Status internet yang tadinya masih mending bisa “connected” (walau enggak konek), malah jadi “connecting” terus. Lampunya juga masih segitu-gitu saja.

Daku kembali “mengganggu” para admin Telkom Care. Lagi-lagi, mereka menyampaikan permohonan maaf dan kesediaan untuk terus membantu. Daku sangat mengapresiasi gesture ini. Terima kasih. Oh ya! Sekalian daku juga berpesan agar, mohon maaf, mereka tidak mengirimkan teknisi yang sama.

Lalu pada 28 Mei 2017 pagi, ada telepon dari Telkom. Mereka mengkonfirmasi nomor dan urusan biaya. Nah, di siang harinya, lampu indikator Telp 1 menyala. Daku coba sambungkan, akhirnya konek juga!

Kalau diperhitungkan, daku hanya menikmati kurang dari seminggu internetan. Tetapi bayarnya tetap dihitung satu bulan. Duh, kasihan kakakku yang bayar!

Seharusnya ada keringanan, ‘kan?

Sudah merasa kecewa karena tidak bisa mengakses internet dan kami harus bayar teknisi, eh iurannya mah tetap saja segitu. Poor us~

Berharap Jaringan yang Lebih Stabil

pelayanan telkom speedy, admin telkom care, screenshoot twitter telkom care, screenshoot dm twitter, teknisi speedy telkom, kecewa pada pelayanan teknisi telkom speedy, pengaduan telkom selain 147, twitter speedy telkom, twitter telkom care

All in all, daku sangat mengapresiasi upaya Telkom untuk melayani pengaduan pelanggan. Khususnya yang via Telkom Care, ya. Good job!

Tetapi daku sendiri masih was-was, sebab jaringan lancar itu bisa jadi masih gamang. Dan benar saja, di bulan Juni ini, koneksi sering mengalami gangguan yang tak terduga. Lebih lagi, frekuensi gangguannya juga cukup sering. Jadinya daku sebagai pelanggan, tentu sangat terganggu.

Please, yang stabil atuh…

Daku dan semua pelanggan Indihome tentu sangat berharap agar Telkom terus meningkatkan konsistensi kinerja dan performanya, ya. Pengaduan Speedy Indihome Telkom; Koneksi Labil Bikin Pusing. #RD


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *