Jangan Percaya Pada Pesona Pantai Sawarna!

Posted on

Jangan Percaya Pada Pesona Pantai Sawarna!

pantai sawarna, pantai sawarna sukabumi, pantai sawarna banten, lokasi pantai sawarna, harga penginapan pantai sawarna, tiket masuk pantai sawarna, rute pantai sawarna, cerita pantai sawarna
Via: marthasuherman.com

“Ayo ke Pantai Sawarna! Surga tersembunyi di Banten ini recommended banget!”

“Apa? Belum pernah ke Pantai Sawarna? Yakin enggak mau ngerasain pantai yang masih asri dan eksotis ini?”

“Aneh! Masa sih enggak ngiler ke Pantai Sawarna?”

~~~

Daku sudah cukup capek dengan semua rongrongan orang-orang tentang Pantai Sawarna. Kesannya itu kok mantap banget. Mereka bilang pantainya “masih perawan”, bersih, pernah dikunjungi tim My Trip My Adventure trans TV (02/10/2015), ranking 3 dalam daftar 7 Surga Tersembunyi Versi On The Spot Trans TV, dll.

Daku enggak mau percaya begitu saja. Makanya semua kesan positif tentang Pantai Sawarna kudu dibuktikan. Daku harus ke sana!

Dan syukurlah… pada awal Juli 2017 ini, daku bisa menginjakkan kaki langsung di Pantai Sawarna!

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sawarna

rute ke pantai sawarna, penginapan pantai sawarna banten, tiket masuk pantai sawarna banten, alamat pantai sawarna, rute pantai sawarna naik motor, rute pantai sawarna naik mobil, rute pantai sawarna dari bandung, rute pantai sawarna dari bogor, rute pantai sawarna dari jakarta
Via: kompaswisata.com

Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten. Tempat ini terbilang jauh dari tempat tinggalku. Tetapi rasa antusias menuju ke sana berhasil menjadi penyemangat juga.

Rute menuju ke sana tentu berbeda-beda, ya. Kebetulan daku berangkat dari arah Bandung Barat, lalu Sukabumi, lanjut Palabuhan Ratu, Cisolok, kemudian Pantai Sawarna. Orang-orang bilang, jalur yang daku lewati bernama Cikidang. PERINGATAN! Jalur ini sangat ekstrem. Sirkuitable.

Amat sangat seru, tapi harus sangat hati-hati. Usahakan kendaraan dan pengendaranya dalam keadaan prima, tidak dianjurkan untuk dilewati di malam hari, kalau bisa sih konvoi atau bergerombol (khususnya motor), dan pengemudinya harus lihai. Maklum, daerahnya rawan kecelakaan dan kemungkinan besar mengundang aksi kejahatan.

Yang dari Bogor bisa ke Palabuhan Ratu, Cisolok, lalu ke Pantai Sawarna. Atau dari Bogor bisa ke Rangkasbitung, Malingping, Bayah, dan Pantai Sawarna. Yang dari Jakarta bisa ke Sukabumi, Palabuhan Ratu, Bayah, lalu Pantai Sawarna. Atau dari Jakarta, ke Serang, Pandeglang, Saketi, Malingping, Bayah, dan tiba di Pantai Sawarna.

Oh ya, jalur yang daku lalui cukup ramai. Padat merayap.

Pemandangan dan Pesona Pantai Sawarna

pantai sawarna, pesona pantai sawarna, pemandangan pantai sawarna, view pantai sawarna, pantai sawarna banten
Dokumentasi Pribadi

Setelah datang langsung, akhirnya daku maklum dan paham, kenapa pantai ini begitu dielu-elukan. Bahkan salah-satu stasiun TV nasional juga sampai mengulasnya di program acara mereka. Oh ya! daku sendiri datangnya sekitar pukul 8 pagi. Waktu itu suasana pantainya sedang-sedang saja; tidak padat, tidak sepi juga.

Sementara pemandangannya… indah. Hamparan pasir putihnya sangat luas, auranya cocok buat refreshing, dan keadaannya terhitung bersih. Ketika di sana, kebetulan ada sekelompok orang atau aktivis yang terus menyerukan kesadaran akan sampah dan kebersihan. Target mereka adalah para pedagang, pengusaha, dan tukang ojek di sekitaran pantai. Pantesan kinclong!

pantai sawarna, review pantai sawarna, kebersihan pantai sawarna, pemandangan pantai sawarna, panorama pantai sawarna, view pantai sawarna
Dokumentasi Pribadi

Orang-orang yang ada di Pantai Sawarna memang beragam. Ada penduduk lokal yang mayoritas membuka usaha di sana atau memang sedang berwisata juga, orang-orang dari luar daerah (termasuk daku), turis mancanegara, dan beberapa dari suku dayak. Mereka tampak berkeliling menjual madu atau aksesoris khas suku dayak.

Seperti halnya pendatang pantai… ada yang mencoret-coret pasir, membentuk pasir, sekadar jalan-jalan, surfing atau berselancar, memburu hewan-hewan seperti kumang/ kelomang/ ketam pertapa/ kepiting pertapa atau apapun itu, atau bermain air. Entah karakter pantai ini atau apa, ombaknya agresif juga. Tak heran kalau penduduk setempat kerap memberikan alarm agar kita tetap waspada. Apalagi kalau bawa anak kecil. Sebaiknya jangan sampai lalai atau luput dari pengawasan.

Tiket Masuk dan Wisata Di Pantai Sawarna

tiket masuk pantai sawarna, penginapan pantai sawarna banten, rute pantai sawarna, perjalanan ke pantai sawarna banten, harga tiket pantai sawarna 2017, lokasi pantai sawarna
Dokumentasi Pribadi

Tiket masuknya sangat murah, cukup 5k per orang. Tetapi untuk mendapatkan akses langsung ke pantai, kita memerlukan jasa ojek. Pantas saja mobil yang daku tumpangi “tidak disarankan” untuk masuk. Katanya biar ada jatah buat para ojek, gitu. Tarifnya sendiri sesuai jarak tempuh, minimalnya 10k untuk sampai lokasi wisatanya.

Sawarna sendiri merupakan nama desa. Kata orang-orang, Sawarna disebut sebagai “desa bungsu Banten” yang sudah mampu memancarkan kecantikan luar biasa. Begitu berkunjung ke pantai andalan desa ini, kita juga bisa mampir ke spot-spot wisata lainnya. Sebut saja Pantai Ciantir, Pantai Teluk Legon Pari, Pantai Karang Taraje, jembatan gantung di atas Sungai Cisawarna, Bukit Cariang, Goa Lalay, atau juga Pantai Tanjung Layar.

tanjung layar, lokasi tanjung layar, tulisan tanjung layar, tanjung layar lebak banten, tanjung layar ujung kulon karang tanjung layar, tanjung layar trans tv, tanjung layar my trip my adventure, tanjung layar 7 surga tersembunyi di indonesia versi on the spot trans tv
Dokumentasi Pribadi
tanjung layar sawarna, tanjung layar, lokasi tanjung layar, tulisan tanjung layar, tanjung layar lebak banten, tanjung layar ujung kulon karang tanjung layar, tanjung layar trans tv, tanjung layar my trip my adventure, tanjung layar 7 surga tersembunyi di indonesia versi on the spot trans tv
Dokumentasi Pribadi

Ketika berkunjung, sayang sekali huruf “T” pada Tanjung Layar-nya copot. Haha… tapi tak apa. Yang jelas, pantai yang sempat diliput stasiun TV ini memang menghadirkan view atau panorama yang memesona. Memang sih sempat berjalan jauh dan keluar keringat menuju ke spot yang satu ini, tetapi rasa lelahnya terbayarkan oleh keindahannya.

Hanya saja… Daku termasuk “kurang beruntung”, sehingga harus “mencoba lagi”, sebab belum sempat menjelajahi semuanya. Jangan-jangan, ini alamat kalau daku musti ke sana lagi. Hehe… semoga!

Selanjutnya: Penginapan dan Harga Penginapan di Pantai Sawarna

One thought on “Jangan Percaya Pada Pesona Pantai Sawarna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − three =