6 Langkah Mudah Ketika Kartu ATM BRI Tertelan

Posted on

6 Langkah Mudah Ketika Kartu ATM BRI Tertelan

kartu atm tertelan, kartu atm tertelan mesin atm, kartu atm bri tertelan, atm tertelan saldo hilang, solusi kartu atm bri tertelan, cara mengatasi atm bca tertelan
Via: shutterstock.com

Tak hanya manusia, mesin ATM juga ada errornya…

Pada Sabtu (05 Agustus 2017), daku mengunjungi salah-satu mesin ATM di Kuningan. Letaknya cukup jauh dari kantor cabang bank, tempat di mana daku membuka rekening. Waktu itu, sekitar pukul 13.00-14.00 WIB, situasinya sepi. Tak perlu antri.

Daku langsung memasukkan kartu ke mesin, namun sudah terasa ada yang tidak beres. Mesinnya tidak merespons sebagaimana biasanya, padahal kartunya sudah masuk. Daku tekan cancel berulang-ulang, namun tak ada pengaruh apa-apa. Zonk.

Lalu daku baru menyadari pemberitahuan pada layarnya, bahwa mesin ATM tersebut sedang rusak. Padahal biasanya pemberitahuan itu ditulis atau ditempel secara manual juga. Tapi… ah, sudahlah.

“Gimana nih…” Daku langsung curhat ke seorang teman yang ada di sana.

Dia sama-sama menampakkan raut bingung, sebab tak ada satpam atau petugas bank yang bisa dimintai bantuan.

“Ke kantor cabang terdekat atuh,” sarannya, “Eh tapi libur, ya?” lanjutnya lagi.

Daku sempat melirik Call BRI pada layar mesin, 14017, dan sudah berpikir untuk mengadu. Dengan demikian, mereka akan segera memblokir kartu ATM-ku. Tetapi karena ragu, daku urungkan niat itu.

Daku tak banyak komentar ketika temanku itu keukeuh masuk dan mengotak-atik sang Automatic Teller Machine. Sesuai dugaan, mesinnya memang tidak merespons. Hasilnya pasti nihil. Setelah ngobrol sejenak, kami putuskan untuk menyerah. Namun pada Hari Senin (07 Agustus 2017), daku harus segera ke kantor cabang dan mengurus masalah ini.

Dari pengalaman ini, rupanya memang ada beberapa penyebab mesin ATM ‘makan’ kartu ATM. Bisa jadi mesinnya rusak (seperti kasus yang menimpaku), lampunya padam ketika kita menggunakan mesin ATM, tidak buru-buru mengambil kartu ketika uang yang kita inginkan sudah keluar, dan salah memasukkan pin sampai berulang-ulang.

Namun tak perlu panik, peristiwa tertelannya kartu ATM bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah. Ada beberapa langkah yang bisa kita ikuti. Jom!

#1. Catat atau ingat baik-baik kapan dan di mana kartu ATM kita tertelan.

#2. Bila perlu, segera hubungi nomor customer service untuk memohon pemblokiran atas kartu ATM kita. Kalau sudah begitu, kita jadi tak perlu khawatir bila ATM tersebut ditemukan orang-orang nakal. Kalau ingin melakukan step  ini, lebih baik kita sudah siap dengan segala data atau informasi yang pasti ditanyakan petugas. Misalnya nama sendiri, nama ibu kandung, alamat pada buku tabungan, no rekening, alasan kenapa kartu ATM-nya ingin diblokir, kapan terakhir kali bertransaksi, dan berapa sisa saldonya.

#3. Segera datangi kantor cabangnya. Ambil nomor antrian bagian customer service, lalu utarakan saja kalau kartu ATM-nya tertelan. Minta juga untuk segera memblokir kartu ATM kita. Ternyata mereka juga sudah familiar dengan pengaduan seperti ini, dan sudah ada prosedurnya.

Sama seperti langkah yang kedua, kita pun harus mempersiapkan segala data yang pasti akan diminta petugas. Daku kebetulan tidak diinterogasi seputar saldo dan kapan transaksi terakhirnya. Tetapi pastikan untuk membawa KTP dan buku tabungan. Wajib!

#4. Kita akan mengisi sebuah formulir. Data yang diminta seputar nama asli, tanggal lahir, alamat sesuai KTP, nomor KTP, nama ibu kandung, nomor ponsel, dan tanda tangan.

#5. Kita juga mengisi Surat Pernyataan Kartu ATM Tertelan, dan memakai materai. Mungkin ada nasabah bank lain yang harus mengganti uang materai 6000 tersebut. Tetapi daku kebetulan tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Dalam surat penyataan ini, kolom yang harus diisi meliputi nama asli, nomor KTP, tanggal lahir, no HP, nomor rekening, nama ibu kandung, lokasi ATM yang menelan kartu kita, tanggal dan waktu kartu tersebut tertelan.

#6. Kalau sudah, kita bisa memohon pembuatan kartu ATM baru. No pinnya mau yang baru atau lama pun silakan, sebab kartu yang lama sudah diblokir. Petugas akan membimbingnya. Kita pun bisa mencoba sendiri, apakah kartu ATM baru tersebut sudah bisa langsung digunakan atau tidak. Silakan saja.

Nah, langkahnya cukup mudah dan tidak njelimet. Bahkan tak harus meminta surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian. Intinya cukup menghubungi atau mendatangi pihak customer service untuk melakukan pemblokiran sekaligus permohonan kartu ATM baru. Tak lupa juga kita bawa syarat wajibnya, yakni berupa buku tabungan dan KTP asli. Meski demikian, pengalaman ini seakan menasehati untuk terus berhati-hati.

Dan, agar tidak terlalu sering berurusan dengan mesin ATM, kecuali kalau untuk penarikan tunai, kita juga bisa memanfaatkan fasilitas mobile banking atau e-banking. Demikian, 6 Langkah Mudah Ketika Kartu ATM BRI Tertelan. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − one =