7 Alasan Kenapa Harus Mencoba dan Melestarikan Tradisi Ngaliwet

Posted on

7 Alasan Kenapa Harus Mencoba dan Melestarikan Tradisi Ngaliwet

ngaliwet, ngaliwet adalah, ngaliwet bareng, lauk yang cocok untuk nasi liwet, ngaliwet sunda
Dokumentasi Pribadi (Cha)

Orang-orang non-Sunda pun tampaknya sudah familiar dengan tradisi yang satu ini. Secara bahasa, ngaliwet artinya masak nasi liwet beserta lauk-pauknya, lalu dimakan bersama-sama. Nasi liwet sendiri merupakan nasi yang dimasak dengan cara yang agak spesial.

Di tanah sunda, kami memasak nasi liwet dengan langkah-langkah yang sudah khas. Mulai dari membersihkan beras, menakar kadar airnya, mencampurkan rempah-rempah seperti serai dan daun salam, sebagian juga menaburkan garam atau santan kelapa sebagai perasanya, lalu menanaknya sampai masak.

Nasinya akan dihamparkan secara merata di atas daun pisang. Selain menjadi alas nasi, daun pisang ini juga menampung lauk-pauknya, termasuk sambal, lalapan, dan kerupuk. Lauk-pauknya bisa berupa ayam, ikan air tawar, ikan asin (biasanya peda), sayur kangkung, dll. Semuanya disajikan secara mendadak, dan langsung dilahap.

Kebiasaan ngaliwet sering dilakukan keluarga, kerabat, tetangga, atau teman-teman dekat. Termasuk daku dan kawan-kawan SMA, yang sengaja ketemuan untuk liliwetan atau ngaliwet. Dan dalam kesempatan ini, daku haturkan terima kasih banyak untuk Cha yang sudah menjadi fasilitator segala-galanya.

Senang dan seru rasanya bisa menjadi bagian dari acara ngaliwet kecil-kecilan bersama kawan. Daku rasa tradisi ini bisa jadi pilihan utama di tengah opsi untuk makan bersama di restoran atau warung lesehan. Kenapa? Jom!

ngaliwet bersama teman-teman, ngaliwet, ngaliwet adalah, liliwetan, ngaliwet bareng, lauk yang cocok untuk nasi liwet, ngaliwet sunda
Dokumentasi Pribadi (Rian)

1. Praktik Kerja-sama

Ngaliwet biasanya dihelat oleh sekelompok orang. Keterlaluan juga jika semuanya disiapkan hanya oleh satu orang saja. Pasti yang lain juga merasa terpanggil untuk ikut membantu.

Lagipula, banyak hal yang bisa kita lakukan. Entah itu mengupas dan mengiris bawang, menyiapkan ayam atau ikan, mencuci peralatan dapur, mengelap daun pisang, menjadi donatur terbesar, dll. Semuanya memiliki peran yang sama-sama pentingnya.

2. Belajar Memasak

Ketika ngaliwet, biasanya ada sosok yang dianggap mahir dan dipercaya bisa meracik bahan masakan menjadi sesuatu yang lezat dan layak makan. Sementara yang lainnya bisa menjadi asisten sekaligus belajar ini-itu. Dijamin asyik! Special thanks buat Itz Faridz.

3. Memunculkan Perdebatan yang Menyatukan

Saling silang pendapat ketika ngaliwet menjadi sesuatu yang tak terhindarkan. Ada saja yang diperdebatkan. Misalnya soal takaran airnya, soal campuran nasinya, soal tingkat kepedasan sambalnya, dll. Tetapi tentu saja isu tersebut tidak bersifat memecah-belah. Sebaliknya, malah fun dan menyatukan!

4. Mempererat Silaturahim dan Kekeluargaan

Tak peduli rumahnya semewah apa, smartphone-nya secanggih apa, atau tempat nongkrongnya se-hist apa, ngaliwet bisa meruntuhkan kesenjangan yang ada. Kita akan duduk bersama dan melahap makanan yang sama, dengan metode yang sama juga, yakni memakai jari-jemari. Benar-benar mendekatkan dan mengeratkan kebersamaan.

makan nasi liwet, masak nasi liwet, ngaliwet, ngaliwet adalah, liliwetan, ngaliwet bareng, lauk yang cocok untuk nasi liwet, ngaliwet sunda, alasan ngaliwet, kenapa ngaliwet
Dokumentasi Pribadi (Rendi)

5. Melancarkan Komunikasi dan Memperbaiki Hubungan

Diantara ‘peserta’ ngaliwet, mungkin ada yang belum terlalu akrab, atau justru ada yang sedang terlibat masalah dan perang dingin. Momen ini biasanya manjur mencairkan suasana. Apalagi kalau kita tidak tergoda untuk sibuk sendiri dengan smartphone, kecuali untuk menjepret momen kebersamaan.

Mau tak mau, kita akan terbawa suasana. Semuanya saling respect dan lumer dalam canda. Yang kurang kenal akan berubah akrab, dan yang sedang memanas akan berangsur-angsur hangat.

6. Bikin Kenyang

Makan nasi liwet dengan aneka lauk-pauknya, siapa yang tidak kenyang? Orang bilang, meski sederhana, namun rasa kebersamaan di dalamnya bisa menambah selera. Bisa dibayangkan… makanan enak, suasana hangat, dikolaborasikan dengan teman-teman dekat. Alhamdulillaaah, nikmat!

7. Mengundang Good Mood

Kita bisa menepikan sejenak masalah pekerjaan, utang-piutang, dan drama hidup lainnya. Ngaliwet bikin kita fokus pada suasana kebersamaan yang sangat berkesan. Tak ayal kalau mood kita dijamin bisa baikan.

Kapan-kapan ngeliwet lagi, kuy! 7 Alasan Kenapa Harus Mencoba dan Melestarikan Tradisi Ngaliwet . #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =