Alasan Kenapa Momen Agustusan Identik dengan Aneka Perlombaan, Apa Maknanya?

Posted on

Alasan Kenapa Momen Agustusan Identik dengan Aneka Perlombaan, Apa Maknanya?

lomba agustusan, lomba 17an kreatif, kenapa agustusan identik dengan lomba lomba, makna lomba panjat pinang, makna lomba tarik tambang, makna lomba balap bakiak, makna lomba makan kerupuk, makna lomba balap karung
Via: ripleys.com

Kenapa, ya? Apa hubungannya lomba tarik tambang, balap bakiak, panjat pinang, makan kerupuk, dll, sama kemerdekaan?

Rasanya ada sesuatu yang ‘tidak beres’ kalau sebuah desa, dusun, kampung, atau kompleks tertentu tidak mengadakan apa-apa di momen Agustusan. Sebab, perlombaan di momen kemerdekaan NKRI sudah turun-temurun. Sebagian dari kita pasti pernah menjadi peserta, panitia, dan juga penonton. Kalau tidak kegiatan apa-apa, terasa hampa, ‘kan?

Dilansir dari Travel.Kompas. (17/08/2016), sejarawan terkemuka JJ Rizal menyatakan kalau tanggal 17 Agustus itu sudah dianggap sebagai hari yang sangat istimewa di mata warga Indonesia. Tak heran kalau negara dan masyarakatnya memiliki inisiatif untuk merayakan hari spesial tersebut. Dia mengaku tak tahu pasti, siapa nama atau tokoh yang ada di balik perlombaan Agustusan. Entahlah siapa yang mengenalkan, mengawali, dan mempopulerkan tarik tambang cs.

Masih menurut sang sejarawan, rupanya ragam lomba HUT RI diadaptasi dari masa Belanda dan Jepang. Apalagi panjat pinang, lomba kuda-kuda, dan lomba tarik beban berat. Perlombaan tersebut menjadi perayaan hari kemerdekaan yang mengundang kegembiraan.

Banyak yang berusaha menggali makna, filosofi, atau tujuan di balik adanya berbagai perlombaan khas Agustusan. Jom!

Lomba Tarik Tambang

tarik tambang, lomba tarik tambang, tarik tambang agustusan
By: Riorr on Flickr

Lewat pesertanya, lomba ini mengajarkan kita tentang kekuatan, kerja keras, kegigihan, dan kerja sama dalam menggapai suatu tujuan. Semua itu harus dilakukan secara seimbang sekaligus ngotot. Jangan pernah menyerah tanpa memperjuangkannya dulu.

Lomba Panjat Pinang

panjat pinang, lomba panjat pinang, panjat pinang agustusan, poto panjat pinang
Via: lensa.fotokita.net

Perlombaan ini biasanya sukses menjadi magnet penonton. Seru juga ketika melihat orang-orang berusaha memanjat dan mendapatkan aneka hadiah. Ada baju, payung, handuk, sepeda, uang, dll. Tantangan mereka sangat sulit, sebab bambu yang tertancap cukup tinggi dan licin.

Karena itu, para peserta harus mengesampingkan ego mereka untuk memenangkan semua hadiahnya sendirian. Mereka saling membutuhkan. Mereka harus saling menginjak dan menopang. Bukan bermaksud untuk menginjak harga diri, sebab semua peserta diperlakukan sama. Mereka harus tetap mempertahankan nyala semangat.

Lomba Balap Bakiak/ Bakiak Race

lomba bakiak, lomba balap bakiak, lomba balap bakiak agustusan, bakiak race
By: JIBI Photo via: solopos.com

Satu bakiak dipakai oleh beberapa peserta. Tetapi langkah mereka harus sama, seirama, cepat, dan mencapai arah sama juga agar menjadi pemenangnya. Namun untuk mencapai garis finish tersebut, rupanya banyak tantangan yang dihadapi. Tantangannya bahkan berasal dari kekompakan kelompok itu sendiri. Semangat gotong royong!

Lomba Makan Kerupuk

makan kerupuk, lomba makan kerupuk, makan kerupuk agustusan, lomba makan kerupuk agustusan
Via: naningisme.wordpress.com

Harga satu kerupuk memang tak seberapa. Meski tak ikutan lomba dan mendapatkan kerupuk gratis, namun yang satu ini menyiratkan masa-masa sulit para pejuang dan rakyat Indonesia zaman dulu. Meski serba susah dan terbatas, mereka tetap gigih berjuang.

Lomba Balap Karung

balap karung, lomba balap karung, lomba balap karung agustusan
Via: hellodoctor.co.id

Sudah disuruh adu kecepatan, gerak kaki kita malah dibatasi karung. Kita jadi teringat akan perjuangan orang-orang terdahulu, yang pastinya tidak bebas dan leluasa. Namun keterbatasan itu tak lantas membuat langkah mereka terhenti. Mereka justeru semakin menerjang demi meraih tujuan.

Lomba-lomba lain tercipta. Ada lomba joget balon, memasukkan paku ke dalam botol, lomba dandan, lomba tinju air, dll.

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72. Merdeka! Alasan Kenapa Momen Agustusan Identik dengan Aneka Perlombaan, Apa Maknanya? #RD


2 thoughts on “Alasan Kenapa Momen Agustusan Identik dengan Aneka Perlombaan, Apa Maknanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =