Mendengarkan Musik Indie Indonesia, Apa Istimewanya?

Posted on

Mendengarkan Musik Indie Indonesia, Apa Istimewanya?

musik indie, musik indie adalah, musik indie adalah, pengertian genre indie, ciri khas musik indie, ciri ciri musik indie, contoh band indie, band indie adalah, efek rumah kaca 4 personil
Via: rollingstone.co.id

Lha, apanya yang tidak istimewa dari musik indie Indonesia?

Jujur saja, daku kurang tidak update soal musik Indonesia yang populer atau kekinian. Entah kenapa…

Beda dengan dulu. Tiap wiken, daku biasanya mantengin radio biar tahu lagu-lagu Indonesia apa yang baru rilis dan sedang ngehits. Karena Youtube belum ada, MTV pun jadi media yang bisa mempersembahkan aneka video klip favorit.

Ikut deg-degan juga kalau penyiarnya tengah mengumumkan music chart, berharap kalau lagu favorit bisa nangkring di urutan teratas. Terus, kita akan siap menunggu informasi yang disampaikan penyiar terkait penyanyi idola. Entah itu tentang karya terbaru mereka, info kolaborasi, gosip, dll. Semua itu begitu membantu.

Dulu itu ada Iwan Fals, Melly Goeslaw, Ari Lasso, Agnes Monica/ Agnez Mo, Sherina, Band Padi, Letto, Laluna, Peterpan/ Noah, Ungu, ADA Band, Band Cokelat, Flanela, D’Cinnamons, Ten 2 Five, Dygta, Numata, Vagetoz, Yovie & Nuno, J-Rocks, Naff, Radja, Ratu, Project Pop, Kla Project, SHE, Sheila on Seven, Tangga, Tipe X, dan oh sangat banyak yang belum daku sebut. Daku juga cenderung suka akan musisi-musisi lawas, khususnya para ladies rocker Indonesia. Sebut saja Nike Ardilla, Nicky Astria, Inka Christie, Mel Sandy, dll.

Tetapi kemudian…

Daku tak terlalu mengikuti perkembangannya lagi…

Tetap Menikmati Lagu-lagu (Indie) Indonesia

Sudah ketinggalan info soal lagu tanah air, bukan berarti daku sudah pensiun mendengarkan lagu-lagu Indonesia. Hanya saja, yang menarik perhatian justeru berasal dari musisi-musisi yang (sepertinya) kurang familiar. Daku tak ingat kapan pastinya mulai kesemsem musik indie Indonesia. Kalau tidak salah, semuanya berawal pasca mendengar lagunya Float yang berjudul “Pulang” (?).

Musik Indie itu Apa, Sih?

Secara bahasa, indie berasal dari kata independent, yang artinya mandiri. Yang daku paham, maksud mandiri di sini… musik indie tidak terikat pasar atau permintaan industri musik. Kalau mereka maunya keroncong pop, tetapi pasar maunya musik EDM, ya mereka tetap keroncong pop. Enggak peduli soal laris, soal terkenal, soal jadi viral, soal banyaknya views, soal dapat penghargaan, dll. Itu pun tanpa mengurangi kualitas dan totalitas dalam bermusik. Buktinya, mereka bisa beradu karya dan prestasi dengan yang lain.

Mereka juga biasanya membiayai karyanya sendiri. Mereka yang bertanggung jawab untuk budget produksi, pembuatan video klip (kalau ada), distribusi, promosi, dll. Maklum saja kalau segalanya serba ada, kecuali karyanya, ya. Tetap total, kok. Hanya saja, mereka tidak terikat dengan label-label besar yang biasanya berkiblat pada selera pasar. Tak heran kalau nama-nama mereka begitu asing di telinga publik. Karya mereka juga pasti bikin pendengar bertanya-tanya. Hanya fans, yang mungkin segelintir saja, yang tahu dan satu selera dengan mereka.

Musik Indie Mulai Populer

Di era internet ini, musisi indie berpeluang merangkul pasar yang lebih besar. Demikian juga dengan basis penggemar mereka, yang kemungkinan akan semakin bertambah dan bertambah. Apalagi kalau masyarakat kurang sreg dengan trend musik yang ada, dan ingin mendengar karya-karya lainnya.

Sepertinya daku termasuk fans musik indie yang terlambat. Daku juga tahunya dari Youtube, lalu kemudian kepo, dan merambat mencari tahu lagu-lagu indie lain. Ya, daku hanya tahu satu atau dua karya dari sebuah grup musik indie.

Lama-lama, daku pun melahap album-album mereka. Maksudnya Efek Rumah Kaca, Mocca, Banda Neira, Bara Suara, Payung teduh, dll. Bagi yang belum mencoba, silakan nikmati saja. Masing-masing memiliki ciri khas yang berbeda, tetapi rasanya begitu eksklusif dan antimainstream.

Apalagi daku mah tak apa-apa ngefans sama musisi yang jarang di TV atau jadi headline berita media ternama. Kalau sesuai selera, kenapa tidak? Hehe… Mendengarkan Musik Indie Indonesia. #RD


4 thoughts on “Mendengarkan Musik Indie Indonesia, Apa Istimewanya?

  1. sebelumnya mah Saya tahunya lagu Eta Terangkanlah, Min (hehehe). setelh baca artikel di atas baru tahu musik ndie ternyata musik yang mandiri (tidak ikut2an trend)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − eight =