Menebak Arti dan Keadaan Seseorang dari 12 Macam Senyuman

Posted on

Menebak Arti dan Keadaan Seseorang dari 12 Macam Senyuman

senyum, wajah dan arti sebuah senyuman, arti senyuman wanita, arti senyuman pria, keadaan berdasarkan senyuman, sifat berdasarkan senyuman, dibalik sebuah senyuman
Via: jzjdm.com

Seperti bahasa, senyuman pun memiliki makna. Senyuman juga kadang perlu diterjemahkan, sebab tak jarang, arti senyumnya begitu misterius. Kita tak tahu apakah senyumannya itu murni, palsu, menyembunyikan kebohongan, dsb.

Nah Erica Lamber dari RD menyebutkan, menurut para experts, kita bisa menginterpretasikan maksud atau sikap sesungguhnya dari senyuman seseorang. Setidaknya ada 13 macam senyuman yang bisa membocorkan arti di baliknya. Senyuman seperti apa dan bagaimana maknanya? Jom!

  1. Senyuman Kurang Jujur
Via: Tatiana Ayazo/rd.com

Seorang ahli bahasa tubuh asal Atlanta, Patti Wood, MA., menyatakan kalau ada senyuman yang dinamakan “Dupper’s Delight” atau “Duping Smile”. Senyuman kecil ini biasa muncul ketika seseorang berbuat curang, berbohong, menipu, atau mengelabui. Senyuman ini juga mungkin muncul karena kamu kurang suka atau kurang cocok dengan seseorang.

  1. Senyuman Riang Gembira
Via: Tatiana Ayazo/rd.com

Masih menurut Patti Wood, MA., senyuman ini tergambar dari terbukanya mulut sampai gigi bawahnya terlihat. Hal ini menandakan kalau kamu merasa nyaman, lepas, dan benar-benar gembira. Saking bahagianya, kadang-kadang kepalamu sampai ‘terlempar ke belakang’.

  1. Senyuman untuk Bersosialisasi
Via: Tatiana Ayazo/rd.com

Bersosialisasi menjadi salah-satu kebutuhan manusia. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk melancarkan komunikasi. Salah-satunya yakni dengan memanfaatkan senyuman. Tipe senyum yang satu ini menandakan kalau kamu ingin berbaur dan bergaul dengan yang lain. Diharapkan kalau senyumanmu bisa membuat orang lain tersenyum juga. Dengan demikian, kesan hangat dan akrab akan terpancar.

  1. Senyumanmu Menyembunyikan Sesuatu
Via: Tatiana Ayazo/rd.com

Senyuman tak selamanya bermakna bahagia. Maknanya kadang ambigu. Bahkan senyuman bisa dilakukan untuk menutupi emosi lain. Tetapi bagi yang jeli, senyuman bisa memberikan kode informasi sehalus mungkin. Biasanya senyum palsu itu tak tahan lama. Kamu senyum, tetapi senyumannya kilat, alias cepat berakhir.

  1. Senyuman Gugup/ Grogi
Via: Tatiana Ayazo/rd.com

Jonathan Gratch, Direktur Penelitian Virtual Human di Playa Vista (California) mengatakan kalau ekspresi senyuman bisa dikendalikan lantaran ada serangkaian otot wajah. Karena grogi, seseorang bisa tersenyum dengan cara menekan atau merapatkan bibir. Ada juga yang menarik sudut-sudut bibir.

  1. Senyuman di Bawah Tekanan
Via: Tatiana Ayazo/rd.com

Menurut seorang terapis Keluarga dan Pernikahan asal Philadelphia, Shadeen Francis, kamu sering bersikap yang kurang cocok dengan keadaan ketika berada di bawah tekanan.

Misalnya kamu tertegun atau diam saja ketika ada dalam situasi bahaya (padahal harusnya lari atau apa), kamu tertawa terbahak-bahak ketika menerima kabar buruk (padahal harusnya menangis), atau kamu malah bercanda ketika merasa kikuk atau tak nyaman. Saat itu, keadaan emosi mungkin tengah luar-biasa bergejolak.

Senyuman yang satu ini menjadi salah-satu tanda, kalau kamu memang dalam keadaan yang stress dan kurang menyenangkan, namun kamu enggan menunjukkan ke khalayak.

Selanjutnya: #7. Senyuman Cinta atau Nafsu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =