8 Cara Menabung yang Baik untuk Jangka Panjang atau Masa Depan

Posted on
menabung demi masa depan, cara menabung, cara menabung yang benar, menabung untuk masa depan,
Via: kiplinger.com

Masa depan itu kadang bikin excited, kadang juga bikin deg-degan. Saking misteriusnya!

Dan bicara tentang “menabung yang baik”, sebagian dari kita pasti langsung teringat akan bank. Tetapi sebuah artikel di Finansialku menyebutkan, kalau semakin lama kita nabung, simpanan otomatis akan bertambah banyak. Nominalnya memang bengkak. Tetapi nilainya sendiri siapa tahu malah menurun. Lo?!

Intinya, menabung di bank tak lagi menjadi cara yang sangat direkomendasikan. Lalu bagaimana tips atau triknya?

Seperti yang dirasakan, kita hidup dalam keadaan ekonomi yang serba tak pasti. Sementara mayoritas dari kita ingin mengamankan simpanan untuk jangka panjang, dengan tujuan agar bisa hidup lebih tenang di masa depan. Menanggapi konflik ini, seorang penulis masalah uang atau finanasial bernama Monica Iannacone mengutarakan 8 poin gagasan. Apa saja? Jom!

  1. Jauhi Utang
jauhi utang, hindari utang, jangan utang, godaan utang, menabung demi masa depan, cara menabung,
Via: merdeka.com

Kalau sedang tidak punya utang dan dalam keadaan tak terdesak kebutuhan, sebaiknya jangan kepikiran untuk mencoba-coba berutang. Sementara kalau sedang terbelit utang, usahakan untuk segera membayar lunas atau menyicilnya sampai seminim mungkin. Terus berdoa agar beban utangnya semakin ringan dan terbayar. Berdoa juga agar tak tergoda.

Bagaimana bisa kita tenang menabung jika hidupnya terus dipenuhi berbagai tagihan? Entah itu berasal dari utang pada perorangan, utang ke bank, tagihan kartu kredit, cicilan motor atau mobil, cicilan rumah, asuransi, dll.

  1. Jangan Biasakan Makan Di Luar
makan di luar, pemborosan makan di restoran, jangan biasakan makan di luar, makan hemat
Via: onegoodthingbyjillee.com

Orang yang hobi sarapan, makan siang, dan dinner di restoran memiliki potensi pengeluaran yang sangat besar. Padahal makan dan minum itu adalah kebutuhan sehari-hari yang menelan biaya besar. Seyogyanya kita mensiasati budget kebutuhan primer dengan cara memasak dan makan di rumah saja. Jangan sampai keseringan atau bahkan mengandalkan tempat makan saja. Kalau pun terpaksa, sebaiknya baca: 12 Cara atau Tips Hemat Ketika Makan di Luar. 

  1. Celengan
celengan, nabung dengan celengan, jangan sepelekan celengan, cara menabung dengan celengan, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit
Via: Ferryberbagi.blogspot.co.id

Langkah untuk menabung menggunakan celengan dan mengisinya dengan recehan mungkin dipandang rendahan. Kita menganggapnya sebagai cara anak kecil untuk menyisihkan uang jajan. Padahal recehan yang disimpan setiap hari akan berubah banyak sebulan, dua bulan, atau setahun kemudian.

Kita bisa merasakan efek hebatnya ketika celengan itu baru dibuka dalam jangka waktu yang cukup lama. Nominal tabungannya sendiri tak perlu besar. Cukup dari uang kembalian belanja yang biasa kita abaikan.

  1. Jangan Sia-Siakan Uang
jangan menyia-nyiakan uang, pandai mengelola uang, menabung demi masa depan, cara menabung, jangan boros,
Via: Wisebread.com

Tahan! Kendalikan diri agar tidak belanja secara membabi-buta. Jangan mentang-mentang “sedang kaya”.

Menyia-nyiakan rupiah berarti membelanjakannya pada barang atau jasa yang tidak begitu dibutuhkan. Misalnya dengan membeli smartphone baru padahal yang lama masih baik-baik saja, membeli kuota untuk games atau menonton video, memiliki tas branded demi kebutuhan fashion semata, membayar membership nge-gym padahal bisa olahraga jalan kaki atau lari secara gratis, dsb. Semakin minim pendapatan, alokasi uang seharusnya semakin ketat. Pangkas segala kebutuhan yang tidak begitu penting.

  1. Gunakan Uang Tunai Ketimbang Kartu Kredit
uang tunai, kartu kredit, uang tunai vs kartu kredit, uang tunai dan kartu kredit
Via: pilihkartu.com

Sekilas, kartu kredit memang memanjakan. Kita bahkan tak perlu memikirkan berapa rupiah yang harus dihabiskan. Namun keadaan ini justru menjadi ujian berat tersendiri. Sementara kalau tegas menggunakan uang cash, kita akan cenderung membeli apa yang sesuai budget atau dana yang ada saja.

  1. Siasati Belanja Kebutuhan Sehari-hari
belanja kebutuhan sehari hari, kebutuhan bulanan, belanja kebutuhan pokok, belanja kebutuhan primer
Via: mic.com

Belanja bahan makanan, bumbu, atau penunjang pangan lain sangat berperan besar dalam menyedot keuangan. Untuk itu, kita bisa menerapkan siasat jitu agar bisa menekan pengeluaran. Misalnya dengan berburu diskon grocery, belanja di tempat langganan yang terpercaya, dan harganya murah meriah.

  1. Sisihkan Pendapatan untuk Masa Pensiun
sisihkan uang untuk masa depan, menabung demi masa depan, cara menabung, jangan boros, cara menabung yang benar, menabung untuk masa depan, uang receh untuk masa depan
Via: alvexo.com

Kita tak selamanya muda, dan tak selamanya terus bekerja. Akan ada momen di mana kita menua dan butuh istirahat, atau mengurangi aktivitas yang sangat menguras fisik. Agar tak terlalu repot nantinya, kita bisa menyiapkan dana untuk hidup di usia lanjut.

Nominalnya sendiri tergantung kebutuhan. Misalnya sekitar 10-25% dari gaji atau penghasilan bulanan. Yang lebih kreatif tentu akan mengumpulkan uang tersebut, untuk kemudian dijadikan dana investasi. Entah itu pada emas, tanah, saham, dll. Bahkan ada yang sampai membuat rencana tertulis dan tersusun dengan baik.

  1. Selalu Berpikir Jangka Panjang
berpikir jangka panjang, menabung untuk jangka panjang, menabung untuk masa depan, jangka panjang
Via: ggindia.com

Sebagian besar dari kita justru berpikir sebaliknya, yakni mengedepankan keinginan yang bersifat jangka pendek. Kita ingin buru-buru membeli gadget ter-update, buru-buru kredit motor keluaran terbaru, atau buru-buru mengenakan outfit yang sedang ngehits. Padahal semestinya kita juga berpikir untuk jangka panjang. Misalnya untuk pernikahan, keluarga masa depan, rumah, calon anak-anak, atau dana di kala sudah tak bekerja.

Pemikiran ini akan memotivasi kita untuk terus bijak mengelola keuangan. Ada kesadaran untuk tidak luluh terhadap nafsu atau hasrat belanja. Kita juga akan tetap terjaga pada track yang seharusnya.

~

Uang, uang, dan uang. Hal yang satu ini selalu jadi bahan yang asyik, namun juga sangat sensitif. Karena vitalnya peranan uang, kita yang memiliki keyakinan, harus selalu memohon keberkahan dan perlindungan kepada Tuhan YME. Semoga niat dan usaha untuk mengelola keuangan bisa berbuah kebaikan. Demikian, 8 Cara Menabung yang Baik untuk Jangka Panjang atau Masa Depan. #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + seven =