Merasa Merinding Ketika Mendengar Suara atau Lagu Tertentu Ternyata Menjadi Kode Positif Dari Otak

Posted on
lagu bikin merinding, lagu indonesia yang bikin merinding, lagu barat yang bikin merinding, lagu indonesia yang membuat merinding, lagu barat yang membuat merinding, kenapa bulu kuduk berdiri ketika mendengar sebuah lagu
Via: learnedthis.com

Pernahkah merasakan sensasi chill seperti ini? Suara, lagu, atau musik seperti apa yang bikin kamu merinding?

Pertanyaan singkat ini pasti akan mengundang jawaban yang sangat beragam. Ada yang merasakan bulu roma langsung tegak mendengar adzan, solawatan, orang sedang mengaji, orang sedang menyenandungkan nyanyian gereja (bagi kristiani), dll. Ada juga yang merasakan sensasi demikian ketika mendengar lagu-lagu tertentu.

Well, rasa merinding ini timbul karena mendengar suara lagu atau musik studio, rekaman konser, atau pun yang live. Daku pribadi sempat mengalami peristiwa ini ketika menikmati beberapa lagu. Misalnya lagu Tuhan (Bimbo), Ibu (Iwan Fals), Yang Terlupakan (Iwan Fals), Bunda (Potret), Lilin-Lilin Kecil (Chrisye), Bianglala (Mel Shandy), Debu-Debu Berterbangan (Efek Rumah Kaca), Lagu Kesepian (Efek Rumah Kaca), Somewhere in My Dreamland (Mocca), Changing Fate (Mocca), Yang terdalam (Peterpan/ Noah), Tak Ada yang Abadi (Peterpan/ Noah), lagu kebangsaan Indonesia Raya, …

Atau lagu Echoes (Pink Floyd), The Great Gig in the Sky (Pink Floyd), Brain Damage (Pink Floyd), A Day in the Life (The Beatles), Eleanor Rigby (The Beatles), The Sound of Silence (Simon & Garfunkel), The Show Must Go On (Queen), Sunny Came Home (Shawn Colvin), Forgiven Not Forgotten (The Corrs), Harmony (The Corrs), Sancta Terra (Epica), Sleeping Sun (Nightwish),  dan masih sangat banyak lagi. Termasuk juga musik-musik instrumental, chorus lagu tertentu, atau juga bagian-bagian lagu tertentu.

Baca Juga: Menebak Kepribadian Berdasarkan 11 Tipe Musik Favorit

mendengarkan lagu, menyimak lagu, lagu bikin merinding, lagu indonesia yang bikin merinding, lagu barat yang bikin merinding, mendengarkan lagu dan pengaruhnya bagi otak, kenapa merinding ketika mendengar lagu tertentu
By: Digital Vision via mirror.co.uk

Merinding atau berdiri bulu roma biasanya dikaitkan dengan suasana yang menggigil, menyeramkan, angker, atau menegangkan. Tetapi sensasi ini juga bisa timbul karena nada-nada yang sangat kita sukai atau kagumi. Tetapi adakah yang justeru tidak pernah merasakannya?

Kalau kita menjadi bagian yang merasakan fenomena ini, tak perlu takut atau merasa tak normal. Sebab, sebuah studi di Akademi Oxford sudah menelitinya. Sensasi ini ternyata sangat erat kaitannya dengan struktur otak kita.

Kalau ada nada atau suara yang membuat kita merinding, itu artinya bagian korteks auditori/ pendengaran serta pusat pemrosesan emosi di otak memiliki fiber yang lebih banyak. Beda dengan orang yang tidak pernah merasakan sensasi gemetar atau merinding sama-sekali. Dengan kata lain, otak kita cenderung mampu menghasilkan berbagai emosi yang sangat luas dan intens (mendalam).

Salah-satu author-nya, Pak Matthew Sachs, menyatakan kalau hasil studi ini bisa memberi dampak baik pada penanganan kasus depresi. Maksudnya, suara atau musik bisa dimanfaatkan untuk menangani gangguan depresi. Setidaknya orang yang tadinya bad mood jadi good mood, atau yang tadinya diliputi aura negatif jadi merasakan sesuatu yang positif. Pokoknya vibes-nya itu baik. Bebas stress.

Nah, kita sendiri sering merasakan ‘kan bagaimana musik tertentu bisa bikin suasana hati jadi baikan? Demikian, Merinding atau Merasa Bulu Kuduk Berdiri Ketika Mendengar Lagu Tertentu Ternyata Baik Bagi Otak. #RD

 

Referensi: neurosciencenews.com, consequenceofsound.net, lifehack.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 1 =