Resensi Buku “The Book of SEO” Rianto Astono

Posted on

Resensi Buku The Book of SEO Rianto Astono, buku SEO terbaik, rekomendasi buku SEO, buku tentang belajar SEO, buku rianto astono terbaru tentang SEO, resensi buku SEO, review buku the book of seo rianto astono

Bicara tentang SEO, bicara tentang sesuatu yang hanya Tuhan dan Google yang tahu…

 

Judul Buku: The Book of SEO

Penulis: Rianto Astono

Penerbit: Penerbit Gaptex Indo Media

Cetakan: Pertama, Agustus 2017

ISBN: 978-602-74481-2-4

 

Dapat kiriman berupa buku The Book of SEO dari abang sekaligus mentorku memang jadi hal yang sangat berkesan! Daku menerima a very nice surprise gift ini pada 12 Agustus 2017. Begitu melihat judulnya, seketika saja daku robek plastiknya dan melahap isinya.

Tetapi tunggu dulu, buku ini sangat padat. Baru beberapa halaman saja, pikiranku jadi “cepat kenyang”. Maklum, isinya bukan karya fiksi yang membuai dan mengundang imajinasi. Bukan, bukan karena kemasan kata-katanya yang ilmiah dan njelimet. Justru kebalikannya, penggunaan kata dan gaya berbahasa dalam buku yang technical ini sangat santai. Sesekali daku bahkan tertawa, sebab Pak Rianto Astono kerap bercanda atau memberikan analogi yang menggelikan.

Baca Juga: Resensi Buku Non Fiksi; “Everyone Can Be A (Role) Model”

Dengar-dengar, jika seseorang sudah bisa menyederhanakan sesuatu yang rumit (contohnya SEO), maka bisa jadi dia adalah sosok yang jenius. Hal ini membuatku penasaran akan sosok penulis. Rupanya beliau sudah menjadi netpreneur total sejak tahun 2004. Beliau juga menjadi founder sekaligus CEO Gaptex.com, PT. Gaptex Indo Media, dan PT Astonomedia Solution. Di halaman awal saja, beliau sudah mengklaim kalau SEO itu adalah “dunianya”.

Tetapi bagaimana pun, buku ini mengangkat topik sekelas SEO, yang bagiku pribadi sebagai seorang pemula sangatlah berat. Kalau gaya menulisnya tidak sepadat daging, tidak selembut sutra, dan tidak serenyah kripik, mungkin daku tak kuat membacanya sampai tuntas. Beruntung, pembahasan tentang SEO disajikan dengan sangat runut, pelan-pelan, dilengkapi contoh, didukung aneka data, disisipi quotes atau kutipan menarik, dihias oleh gambar ilustrasi, disegarkan dengan humor, atau tadi, dengan perumpamaan yang lucu-lucu.

buku the book of seo, ulasan buku the book of seo, cover buku hitam putih, cover buku the book of seo, Resensi Buku The Book of SEO Rianto Astono, buku SEO terbaik, rekomendasi buku SEO, buku tentang belajar SEO,
Via: thebookofseo.id

Kenapa Harus SEO, sih?

SEO dikenal sebagai sumber traffic, atau strategi marketing online paling awet yang ada di jagat raya (halaman 1). Selama Google masih hidup, selama itu juga SEO berdenyut. Gegabah juga kalau ada yang bilang, SEO sudah bau tanah dan harus segera ditinggalkan.

SEO menyajikan “kue yang besar”. Sebagaimana kita tahu, Google masih menjadi  mesin pencari nomor satu yang digunakan orang-orang. Demand akan konten yang relevan, berkualitas, dan kekinian belum sepenuhnya terpenuhi. Menurut Pak Rianto, ceruk ini bisa menjadi kue amat besar bagi kita (halaman 26). Lalu, SEO memiliki nyawa berupa content marketing. Konten tersebut meliputi teks, gambar, atau multimedia seperti audio dan video (halaman 28). Lanjut, SEO baik untuk brand. Kepiawaian untuk menerapkan SEO sampai mampu bertengger di urutan perdana Google tidak mungkin tidak memberikan dampak bagi sebuah brand (halaman 30). Kemudian SEO itu ideal. Tempat kerja, kostum, waktu, dll, begitu fleksibel, bahkan bisa ditinggal-tinggal. Belum lagi traffic dari SEO juga bisa dimonetisasi dengan beragam opsi sesuai keyword, niche, atau angle yang dipilih (halaman 31). Terus, SEO itu terbilang murah. Ya, SEO tidak gratis, tetapi juga tidak mematok harga selangit untuk dijadikan pondasi berbisnis online. Modalnya relatif kecil (halaman 31). Dan, SEO itu untuk jangka panjang. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selama ada Google, selama itu pula SEO dapat dilakukan (halaman 32).

Pak Rianto sendiri mengakui kalau alasan terakhir yang menjadikan SEO sebagai pilihan karena kita termasuk orang yang sabar dan yakin. Pada prinsipnya, menjalankan SEO  harus tekun. Namun sang penulis menghibur, kalau SEO tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tetapi SEO hanyalah bukan strategi yang kilat sehingga membutuhkan sedikit kesabaran (halaman 33).

4 Hal Utama yang Dibahas Dalam Buku The Book of SEO

Para pembelajar SEO mungkin sempat memeroleh ilmu ini secara acak dari berbagai sumber. Namun Pak Rianto sudah menyusunnya dengan empat segmen utama. Pertama-tama, kita akan menelusuri insight SEO, lalu materi onpage, dilanjut ke offpage SEO, sampai kemudian dibuat komplit dengan informasi penting seputar SEO. Bahkan di bagian akhir buku ini sudah disediakan tabel worksheet berisi langkah-langkah, project, waktu, dan catatan-catatan super penting yang harus dicamkan dari buku ini.

Tertarik untuk pesan dan menimba ilmu berharga tentang SEO juga? Klik dan cek di sini saja, ya.

All in all, untuk buku yang mengupas SEO, kita tak perlu khawatir akan mengerutkan kening secara berlebihan. Penyajian yang keren, recommended! Resensi Buku The Book of SEO Rianto Astono. #RD

4 thoughts on “Resensi Buku “The Book of SEO” Rianto Astono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 19 =