Review dan Makna Lagu “Look What You Made Me Do” Taylor Swift

Posted on
review lagu LWYMMD, makna lagu LWYMMD, cerita LWYMMD, teori lagu LWYMMD taylor swift, I'm sorry but the old taylor can't come to the phone right now why cuz she's dead
Cr: Channel Youtube TaylorSwiftVEVO
review lagu look what you made me do taylor swift
Cr: Channel Youtube TaylorSwiftVEVO

Ada yang menonton music video atau lyrics video LWYMMD sampai beberapa kali?

Daku sudah membahas lirik dan terjemahan Look What You Made Me Do di postingan terpisah. Biasanya daku langsung menjelaskan interpretasi lagu yang dibahas. Tetapi untuk karya Taylor Swift yang satu ini, daku dan para pendengar lain pasti dibikin berpikir keras dulu.

Video klipnya memang satire, gelap, misterius, fantastis, sensasional, menimbulkan banyak pertanyaan, dan membutuhkan penelusuran lebih mendalam.

Liriknya juga tak kalah satire, sinis, dan perlu digali lebih dalam lagi.

Namanya juga Taylor Swift. Dia sudah biasa merilis single andalan berdasarkan masalah pribadinya sendiri. Entah itu tentang orang-orang yang sudah mengisi hatinya, tentang haters, tentang seleb lain yang dianggap memusuhinya, dll.

Mau tidak mau, lagu ini membuat kita menyeret nama-nama yang (sepertinya) disinggung keras oleh Taylor Swift, khususnya Kanye West, Kim kardashian, Katy Perry, serta (bisa jadi) Calvin Harris.

Teori atau Makna Lagu “Look What You Made Me Do” Taylor Swift

I don’t like your little games

Don’t like your tilted stage

The role you made me play

Of the fool, no, I don’t like you

….

Di verse 1 saja, TS sudah mendeklarasikan rasa tidak sukanya terhadap “permainan kecil dan panggung berayun kamu”. Siapa itu ‘kamu’? Banyak pihak menduga ‘kamu’ di sini adalah Kanye West dan Katy Perry. KW memang menggunakan panggung berayun ketika tur Saint Pablo. KP juga memanfaatkan panggung berayun ketika tampil dalam Grammy dan Super Bowl.

Via: images.genius.com
Via: images.genius.com

Untuk “permainan kecil” yang TS maksud, dia tampaknya menyinggung perseteruan terkait lirik lagu “Famous” KW. Ada bagian kontroversial yang berbunyi “I made that b*tch famous”. Menurut pihak KW, dia sudah minta izin ke TS. Namun TS sendiri tidak merasa sudah memberi persetujuan, apalagi ada sebutan “b*tch”-nya itu. Menurutnya, mereka sudah membuat kebohongan.

Baginya, skenario yang sudah dilancarkan KW membuat nama dan reputasinya di publik jadi semakin buruk. Sampai-sampai ada yang menjulukinya sebagai “snake” atau ular”. Kenapa ular? karena hewan ini menjadi potret makhluk yang licik, berbisa, dan tidak dapat dipercaya.

Cr: Channel Youtube TaylorSwiftVEVO via marieclaire.com

But I got smarter, I got harder in the nick of time

Honey, I rose up from the dead, I do it all the time

Karier TS di industri musik dunia tentu tak mudah. Masih ingat ‘kan bagaimana polos dan tak berdayanya TS ketika pidato kemenangannya dipotong KW? Namun semakin lama, ia semakin membuktikan eksistensi dan jiwa “strong”-nya, sekalipun dia “diserang” dari sana-sini. Dia melawan balik dengan karyanya.

Dan di awal video klip, dia juga memerankan dirinya sendiri yang bangkit dari kematian.

TS menggunakan “ouroboros”, itu tuh… simbol Mesir Kuno berupa ular yang melingkar dan memakan ekornya sendiri. Sebutan ouroboros diambil dari Bahasa Yunani yang artinya pemakan ekor. Simbol ini menggambarkan keabadian, siklus yang terus-menerus, dan siklus hidup serta mati yang tiada batasnya.

Kuat dugaan kalau TS juga memberi tanggapan atas lagu “Swish Swish” miliknya Katy Perry. Secara tidak langsung, lirik lagu itu menyebut kalau TS tak bisa menjangkau kesuksesan dirinya dan TS bisa jadi akan mati berkarya. Bagian ini pun menjadi penegasan, kalau kariernya di dunia musik tak akan pernah berakhir.

lagu terbaru taylor swift, album terbaru taylor swift, makna lagu look what you made me do, teori lagu look what you made me do taylor swift, cerita dibalik lagu look what you made me do, arti lagu look what you made me do, review lagu look what you made me do
Cr: Channel Youtube TaylorSwiftVEVO via thesun.co.uk

Ooh, look what you made me do

Look what you made me do

Look what you just made me do

Look what you just made me—

Setelah single LWYMMD rilis, TS kedapatan memberi tanda like pada postingan seorang fans via Tumblr. Dari sini, kita bisa menyimpulkan kalau tulisan fans tersebut memang sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan TS lewat lagu terbarunya. Kalau diterjemahkan, kurang-lebih artinya,

Orang-orang enggak akan pernah berhenti melakukan ini (menebak-nebak), tapi daku berharap mereka akan berhenti untuk menduga-duga tentang siapa yang diceritakan dalam lagu LWYMMD, sebab sangat jelas kalau lagu tersebut tentang orang-orang yang telah menyalakan (kebencian) terhadap diri Taylor Swift selama hal tersebut wajar adanya,

dan betapa TS selalu menjadi sosok yang terbuka dan menunjukkan siapa dia yang sebenarnya, tetapi yang terjadi malah dia selalu terputarbalikkan, sehingga dia pun sampai menyatakan “look what you made me do”. Maksudnya, TS harus memerankan diri sebagai karakter yang dibentuk oleh musuh-musuhnya. Dengan demikian, tak ada lagi yang memusuhinya.”

Bisa diperhatikan ‘kan orang-orang menyudutkannya sebagai sosok “ular”, “fake” atau palsu, ratu drama, dll. Lalu di lagu, unggahan instagram, dan video musiknya, TS mengolok dirinya sendiri dengan simbol-simbol khas yang selalu ditujukan pada dirinya, termasuk ular. Jika sudah demikian, apakah publik akan tetap menghinanya?

Cr: Channel Youtube TaylorSwiftVEVO via Pizzabottle.com

I don’t like your kingdom keys

They once belonged to me

Entahlah apa makna pasti di balik kata kingdom atau “kerajaan” dalam lirik bagian verse 2 ini. Namun ada yang berpendapat kalau kata tersebut merujuk pada kesuksesan di dunia musik. Entah itu chart atau tangga lagu, jumlah penjualan, rekor, popularitas, dsb.

Sebagaimana yang kita tahu, karya TS memang selalu sukses menyapu rekor, menduduki rangking teratas, dan laris-manis di pasaran. Namun ia sempat hiatus bermusik. Dia bisa memanfaatkan waktu senggangnya untuk berbagai hal, termasuk beristirahat atau juga membuat karya baru dan merencanakan agenda comeback-nya.

Selama itu juga, kebetulan Katy Perry merilis album dan menghelat tur. Lagunya juga tak lepas dari bayang-bayang TS. Karyanya sukses, nangkring di tangga lagu teratas, dimainkan banyak orang, dan mengundang pundi-pundi yang melimpah.

Aksi saling sindir atau hujat terus berlangsung lewat lagu-lagu mereka. Drama demi drama meluncur. Tetapi TS memang percaya akan kedatangan karma. Dia rasa karma akan berlaku pada dirinya, atau pun pada orang-orang yang sudah memusuhinya.

taylor swift twitter, bio taylor swift twitter
Via: @taylorswift13

“I’m sorry, the old Taylor can’t come to the phone right now

“Why? Oh, ’cause she’s dead!” (Oh)

Bagian interlude ini memang sangat menyita perhatian. TS benar-benar berani bermain-main dengan kata seseram mati atau kematian. Sepertinya dia ingin menunjukkan kalau sosok TS yang dulu sudah tiada. Tak ada TS yang berkepribadian lembut, polos, senyum-senyum ramah, dan tak banyak tingkah layaknya seorang junior. Good girl gone bad, gitulah.

Pada 18 Agustus 2017, publik dikejutkan dengan menghilangnya semua konten di medsos serta situs resmi TS. Lalu beberapa hari kemudian, tim TS mengumumkan kedatangan album ke-6 bertajuk Reputation. Di saat itu juga, status TS berubah menjadi “the old Taylor can’t come to the phone right now”.

taylor swift instagram, bio taylor swift
Via: @taylorswift

Dia sudah bertransformasi. Dia menunjukkannya dalam video klip, mulai dari TS di masa debut sampai TS di masa sekarang. Para Swifties tentu tahu kalau TS menggunakan oufit khas di masa-masa berkariernya. Ada TS di era Circa (2009), Red Tour (2013), Shake it Off (2014), Out of the Woods (2015), dll.

Sampai kemudian TS di era Reputation “membunuh” atau membinasakan sebagian besar dari TS di era-era terdahulu. Hmm… apakah dia akan tampil dengan citera atau imej yang baru? Entahlah… lagu ini menjadi semacam anthem bagi revolusi dan reputasi dirinya kini.

Review Positif Negatif Lagu “Look What You Made Me Do” Taylor Swift

Daku bukan ahli musik, jadi tidak bisa menulis lebih tentang teknis dan semacamnya. Tetapi kita memang patut mengapresiasi karya terbaru Taylor Swift yang satu ini.

Namanya juga karya seni. Pro kontra pasti selalu ada. Yang memuji TS banyak. Yang mengkritisnya juga tak kalah banyak.

Para pengkritik menilai kalau TS ini tak ubahnya sebagai karya yang penuh kebencian, kepicikan, dan dendam yang sangat tajam. Sementara pihak yang memberi respons positif pada karya TS ini tak perlu bicara banyak. Sensasi LWYMMD yang menggila sudah jadi jawabannya.

Well, menurutmu bagaimana? Review dan Makna Lagu “Look What You Made Me Do” Taylor Swift. #RD


One thought on “Review dan Makna Lagu “Look What You Made Me Do” Taylor Swift

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + fifteen =