13 Jenis Bau yang Bisa Menjadi Mood Booster, Bikin Rileks, dan Mendatangkan Rasa Bahagia

Posted on
wangi kopi, aroma bahagia, harum bahagia, bau bahagia, bau kopi, harum kopi bikin bahagia, bau kopi jadi mood booster
Via: Cilantrocooks.com

Pantas saja orang-orang bilang, ‘bahagia itu sederhana’. Saking sederhananya, sumber kebahagiaan itu bahkan bisa ada di depan hidung sendiri!

~

Nah, apakah kamu memiliki bebauan khusus yang sangat disukai?

Selain selera rasa, kita memang memiliki kecenderungan berbeda juga terhadap bau. Ada yang normal-normal saja dengan menyukai wangi parfum, bunga, atau makanan. Ada juga yang membuat kita mengernyit lantaran orang itu menyukai bau bensin, keringat orang-orang tertentu, atau juga bau gosong sesuatu.

Uniknya, berdasarkan artikel menarik via Reader’s Digest dan Scientisttoday, memang ada bebauan khusus yang dinilai secara ilmiah bisa memicu kebahagiaan. Klaim itu bahkan berdasarkan studi khusus, lo. Nah, aroma apa saja yang dimaksud? Jom!

  1. Pohon Pinus
aroma hutan pinus, aroma pinus, harum pinus, forest bathing adalah, shinrin yoku jepang adalah, aroma bahagia, harum bahagia, bau bahagia,
Via: walkinginfrance.info

Universitas Kyoto menganalisis kebiasaan ‘shinrin-yoku’ di Jepang. Secara bahasa, shinrin-yoku artinya ‘mandi hutan’. Partisipannya sendiri sekadar berjalan melewati area yang dipenuhi oleh pinus. Mereka jalan-jalan dengan suasana yang tenang.

Hasilnya, mereka menyimpulkan kalau rasa cemas, stress, dan depresi jadi berkurang. Mereka jadi begitu rileks. Bau pinus begitu menyegarkan, dan mengingatkan mereka akan liburan musim dingin. Benar-benar menjadi obat natural yang sangat mujarab.

  1. Wangi Tanah Setelah Hujan
aroma setelah hujan, petrichor, petrikor, aroma hujan, wangi tanah setelah hujan, aroma bahagia, harum bahagia, bau bahagia,
Via: voiceofdil.com

Pernah mendengar kata ‘petrichor’ atau petrikor? Kata yang berasal dari Bahasa Yunani ini berarti bau atau aroma yang dihasilkan saat hujan turun di tanah kering. Aromanya sendiri bisa muncul dari minyak yang dihasilkan oleh tumbuhan tertentu, yang kemudian terserap oleh tanah serta bebatuan.

Ketika hujan datang, aroma itu menguar. Sweet! Orang yang menciumnya pun kerap seperti terbawa ke masa-masa tertentu, yang biasanya menjadi momen tak terlupakan. Kita seperti dibelai dan terbuai.

  1. Kopi yang Baru Digiling
mencium aroma kopi, mencium harum kopi, aroma bahagia, harum bahagia, bau bahagia, bau kopi, harum kopi bikin bahagia, bau kopi jadi mood booster
Via: comunicaffe.com

Aroma kopi memang begitu khas. Apalagi kalau biji kopinya memang berkualitas. Harumnya tentu begitu semerbak. Indera penciuman kita pun pasti langsung siaga. Ya, sensasi aroma kopi membuat kita lebih terjaga, tetapi juga menenangkan.

  1. Sitrus/ Jeruk
aroma sitrus, aroma jeruk, harum lemon, aroma segar, aroma bahagia, harum bahagia, bau bahagia,
Via: popsugar.com

Pernah mencoba mengendus jeruk dan lebih peka lagi terhadap pengaruhnya? Aromanya ternyata bisa menjadi energy-booster, positive vibes, dan meningkatkan kewaspadaan. Kesan ini pun sudah dibuktikan oleh penelitian.

Tak heran kalau banyak produk pembersih yang sangat mengunggulkan aroma sitrus. Bagaimana pun, aroma ini kerap dihubungkan dengan sesuatu yang bersih dan mengundang aroma senang. Bawaannya happy, gitu.

  1. Bedak Bayi
aroma bedak bayi, baby powder adalah, harum baby powder, aroma bedak bayi, harum bedak bayi, aroma segar, aroma bahagia, harum bahagia, bau bahagia,, bau masa lalu, aroma masa lalu
Via: babycenter.com

Baby powder atau bedak bayi bisa menguarkan aroma harum sekaligus memori masa kanak-kanak. Serasa bernostalgia, gitu. Kita jadi ingat masa-masa yang sangat hangat, aman, nyaman, dan tanpa beban ketika kecil. Semua rasa itu menjalar dan mengundang sensasi bahagia tersendiri.

  1. Roti Panggang Segar
aroma roti panggang, harum roti panggang, aroma segar, aroma bahagia, harum bahagia, bau bahagia, aroma penambah nafsu selera makan
Via: shubz.in

Bagaimana perasaan orang yang kurang suka roti ketika mencium aroma roti panggang yang masih panas dan segar? Maoritas pasti akan merasa tergugah, entah nafsu makannya, entah juga suasana hatinya.

Selanjutnya: Rumput Segar, Bunga, Rosmarin, Dll.

2 thoughts on “13 Jenis Bau yang Bisa Menjadi Mood Booster, Bikin Rileks, dan Mendatangkan Rasa Bahagia

  1. kalo aku paling suka sama aroma bayi gak tau kenapa apalagi kalo udah dimandiin dikasi bedak terus minyak telon rasanya pengen nyium terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 4 =